Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    persiapan pernikahan

    Share

    mata_dewa

    125
    01.04.10

    persiapan pernikahan

    Post  mata_dewa on Sat Apr 03, 2010 7:01 am

    Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud mensahkan suatu ikatan.

    Upacara ini memiliki banyak ragam dan variasi antar bangsa, suku satu dan yang lain pada satu bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.

    Pengesahan secara hukum suatu pernikahan biasanya terjadi pada saat dokumen tertulis ditanda-tangani. Upacara ini biasanya dilangsungkan berdasarkan adat-istiadat yang berlaku, dan kesempatan untuk merayakannya bersama teman dan keluarga.

    Wanita dan pria yang sedang melangsungkan resepsi ini dinamakan pengantin, dan setelah selesai mereka dinamakan suami dan istri.

    Siapapun pastinya mengharapkan berlangsungnya sebuah pernikahan dalam hidupnya. Acara ini tidak harus dilangsungkan dengan mewah, meski demikian alangkah baiknya jika Anda mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

    Jangan sampai Anda menyesal dengan momen penting yang Anda harapkan terjadi sekali dalam hidup Anda, sehingga bisa menyisakan kenangan indah dalam hidup Anda.

    Diantara persiapan pernikahan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

    1. Persiapan mental

    2. Persiapan keilmuan

    3. Persiapan fisik

    4. Persiapan finansial

    Keempat hal tersebut penting Anda persiapkan sebelum memasuki jenjang pernikahan, dan tidak bisa dianggap remeh. Anda harus mempersiapkan mental atau psikologis Anda secara matang. Ingat, pasangan Anda akan memiliki berbagai karakter yang berbeda dengan diri Anda.

    Karenanya, Anda harus siap menerima 'perbedaan' pasangan Anda. Tidak ada salahnya Anda membaca buku-buku psikologi, untuk memahamii perbedaan sifat laki-laki dan perempuan. Anda juga bisa melakukan diskusi dengan saudara atau teman yang sudah terlebih dahulu menjalani mahligai rumah tangga. Mintalah saran kepada mereka, terkait dengan masalah ini.

    Keilmuan juga tidak kalah penting. Anda perlu banyak membaca buku seputar kehidupan rumah tangga, bagaimana mengatur masalah keuangan, bagaimana pola hidup sehat, bagaimana merawat rumah dan bayi, apa saja kewajiban suami istri, dan sebagainya.

    Anda tidak bisa mengandalkan belajar sambil berjalan, tanpa membekali diri sama sekali. Khawatirnya, hal remeh yang seharusnya bisa Anda selesaikan sendiri, akan semakin rumit dengan selalu meminta tolong pihak ketiga dalam menyelesaikan problem pernikahan Anda kelak.

    Masalah fisik juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Meski ada yang mengatakan bahwa setiap lelaki dan perempuan dewasa pasti sudah siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga. Nyatanya tidak demikian.

    Kesehatan fisik sangat penting, utamanya bagi perempuan. Kecukupan gizi untuk kehamilan, hendaknya diperhatikan dan dijaga jauh sebelum melangsungkan pernikahan. Dengan demikian, akan terlahir bayi yang sehat dari rahimnya.

    Terakhir adalah masalah finansial. Kita tidak mungkin mengandalkan orang lain untuk menutupi biaya pernikahan, maupun kehidupan Anda dan pasangan selanjutnya. Karenanya, Anda harus realistis dalam mempersiapkan pesta yang akan Anda buat. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

    Anda tidak perlu berhutang sana-sini hanya untuk memenuhi ego Anda. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan anggaran pesta pora meriah, untuk modal usaha yang menjamin keberlangsungan rumah tangga Anda kedepan.

    Nah, sebenarnya masih ada beberapa faktor yang perlu Ada persiapkan sebelum melangkahkan kaki ke jenjang pernikahan. Namun, setidaknya keempat faktor itu usahakan Anda siapkan dengan baik, sebelum Anda menyesal di kemudian hari.

      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 4:57 pm