Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    10 Macam Tipe Blog

    Share

    daun.kuning

    268
    17.11.09

    10 Macam Tipe Blog

    Post  daun.kuning on Wed Jun 02, 2010 10:13 am

    Ketika mendiskusikan mengenai blog, kebanyakan orang belum mengerti mengenai berbagai variasi blog. Hanya karena interface blog terlihat sama semua, bukan berarti content di dalamnya juga sama. Berikut ini merupakan beberapa variasi blog.

    Blog Politik (PoliticalBlogs). Blog politik memiliki beberapa bentuk. Bentuk yang paling sering dipakai adalah seorang blogger akan melakukan link ke artikel dari berita suatu website dan kemudian mem-posting komentar mereka. Sedangkan yang lainnya, lebih berfokus pada esai mengenai topic politik. Faktanya, trend blog politik digunakan untuk melakukan kampanye politik, dalam rangka mencoba memasukkan blog ke dunia politik, seperti yang terjadi pada pemilihan presiden Amerika baru-baru ini.

    Blog Personal (PersonalBlogs). Blog ini pada umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah diary atau jurnal online, seperti Xanga. Format weblog diary online ini memberikan kemudahan bagi user, tanpa perlu memiliki pengalaman dalam membuat, memformta, dan mem-posting masukan ke blog. User dapat menulis kejadian sehari-hari, komplain, puisi, prosa, ide pikiran, dan masih banyak lagi, juga memperbolehkan user lain untuk ikut berkontribusi didalamnya.

    Blog Bisnis (BussinessBlogs). Sebuah blog yang digunakan oleh pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Seringkali blog bisnis berlaku sebagai aksi promosi pengusaha untuk menyediakan gambaran aktivitas di belakang bisnis mereka, seperti pada blog personal. Dalam beberapa kasus blog bisnis juga dilengkapi dengan iklan, penjualan produk, atau informasi.

    Blog Topik (TopicalBlogs). Blog topic lebih berfokus pada hal-hal yang khusus. Sebagai contoh, seperti blog Google, atau blog prajurit atau blog militer (milblog). Banyak blog memperbolehkan banyak kategori, di mana sebauh blog umum dapat diganti menjadi blog topic sesuai keinginan user.

    Blog Kesehatan (HealthBlogs). Blog ini ditulis sebagai account personal dari isu-isu kesehatan, berbagai informasi dengan user lain mengenai kesehatan. Kategori blog dalam blog kesehatan ini seperti blog medis, yang juga terbagi dalam dua kategori. Tipe pertama adalah blog yang ditulis oleh professional kesehatan mengenai pekerjaannya, berita kesehatan atau ide user lain. Kemudian tipe berikutnya berupa kasus pasien, yang memperbolehkan dokter untuk memasukkan kasus pasien ke website. Dokter juga dapat memberikan komentar atau ikut memecahkan kasus tersebut.

    Blog Kesusasteraan (litblog). Blog ini merupakan blog yang berfokus kepada topic suatu literature. Terdapat komunitas litblog dalam blogosphere di mana pengarang dapat memasukkan berbagai subtopic yang berkaitan dengan literature atau sastra. Litblogger dapat menulis mengenai industri percetakan, artikel, fiksi, puisi, jurnal literature, diary pembaca, kritikan, jenis literature seperti fiksi dan misteri.

    Blog Perjalanan (TravelBlogs). Banyak pengembara yang menulis perjalanan mereka ke dalam paper. Dengan blog ini, mereka dapat menuangkan idenya, atau berbagai foto dan cerita, bahkan ketika mereka sedang traveling ke seluruh dunia.

    Blog Penelitian (ResearchBlogs). Blog ini mengkombinasikan catatan sekolah dan blog siswa ke notebook pribadi dengan faslitas diskusi public. Blog ini menangani lebih ke arah yang berkaitan dengan akademis.

    Blog Hukum (LegalBlogs). Blog ini merupakan blog pengacara atau mahasiswa hokum, yang didalamnya terdapat hasil diskusi mengenai hukum, sehingga sering disebut ‘blawgs’. Para blawgger dapat mem-posting komentar legal dan analisis kasus yang ada di blog mereka.

    Blog Pendidikan (EducationalBlogs). Pengguna blog ini adalah para siswa, yang belajar mengenai materi pelajaran tertentu di blog, ketika guru mereka telah mencatatkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa menggunakan blog. Sebagai contoh, kursus online dan pemberian pekerjaan rumah dari guru untuk siswa. Keuntungan penggunaan blog ini adalah siswa dapat belajar dengan cepat jika mereka ketinggalan kelas. Selain itu, guru juga dapat merencanakan, materi dengan mudah, dan blog ini dapat membantu guru membuat kesimpulan hasil belajar siswa yang akurat.

    pravda

    260
    07.06.10

    Re: 10 Macam Tipe Blog

    Post  pravda on Tue Jun 08, 2010 7:36 am

    nice nice smile6

      Waktu sekarang Wed Dec 07, 2016 9:21 pm