Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Cara Berhenti Merokok Stop Kebiasaan Buruk Sebagai Perokok Aktif

    Share

    y3hoo

    486
    16.01.09

    Cara Berhenti Merokok Stop Kebiasaan Buruk Sebagai Perokok Aktif

    Post  y3hoo on Sat Jun 05, 2010 7:04 pm

    Semua orang waras tahu kalau rokok itu dapat menyebabkan kecanduan parah dan merusak kesehatan walaupun perlahan tapi pasti. Celakanya para perokok biasanya senang mengajak orang lain yang belum merokok jadi perokok aktif dan senang merokok di tempat umum tanpa merasa berdosa ketika asap rokok menyebar dan masuk ke dalam paru-paru bayi, anak-anak, wanita hamil, lansia, abg, orang sakit, dan lain sebagainya.

    Merokok itu jelas 100% kebiasaan buruk manusia karena hanya sedikit sekali manfaat yang diberikan dibandingkan banyaknya dampak negatif merokok. Coba cari saja artikel mengenai rokok di situs web organisasi.org ini anda bisa temkukan berbagai efek buruk rokok bagi manusia. Bahayanya adalah rokok merupakan candu yang membuat penggunanya ketagihan sehingga kita harus mencari cara untuk menghentikannya sebelum terlambat sekarang juga.

    Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok yang mungkin bisa anda coba yang mudah-mudahan berhasil :

    1. Kuatkan Tekad Dengan Mempelajari Dampak Rokok

    Cari informasi sebanyak mungkin mengenai dampak buruk rokok bagi kesehatan manusia. Lihat gambar paru-paru orang yang kena kanker paru-paru serta perbandingan antara paru-paru perokok dan bukan perokok. Lakukan perhitungan biaya rumah sakit dan obat yang harus anda bayar jika anda kena kanker paru-paru, impotensi, jantung koroner, dan lain-lain. Sebenarnya rokok itu hanya menguntungkan pengusaha rokok saja, di mana negara, pengguna, orang di sekitar dirugikan para pengusaha. Dengan begitu anda mungkin jadi takut untuk merokok.

    2. Merokok Itu Dosa dan Rokok itu Haram

    Segala sesuatu yang dapat merusak kesehatan diri kita sendiri adalah haram. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit bagi para perokok maupun orang-orang yang tidak sengaja menghirup asap rokok secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

    3. Kurangi Sedikit Demi Sedikit

    Semua hal yang memicu ketagihan atau ketergantungan, untuk menghilangkan ketagihannya harus diadakan pengurangan dosis sedikit demi sedikit hingga akhirnya berhenti memakai. Yang tadinya menghisap sebungkus rokok sehari, kurangilah jadi setengah bungkus perhari, lalu dua batang perhari, hingga berhenti penuh tidak merokok.

    4. Dekati Orang Yang Ingin Berhenti Merokok & Beritahu Perokok

    Hindarilah berkumpul bersama para perokok yang bisa membuat anda kembali banyak merokok. Untuk sementara bertemanlah dengan orang-orang yang tidak merokok atau sedang program berhenti merokok. Beritahu teman-teman perokok dan minta dukungan serta kerjasama mereka agar mereka membantu anda dalam berhenti merokok.

    5. Tabung Semua Uang Anda Dan Anggarkan Sedikit Buat Rokok

    Mulai sekarang jangan beli rokok secara eceran sedikit demi sedikit, tetapi belilah langsung sekaligus untuk kebutuhan merokok satu bulan. Hitung jumlah rokok yang anda boleh pakai setiap hari. Dalam satu hari tidak boleh merokok lebih dari batas jumlah yang telah ditentukan, yang makin lama makin berkurang jumlah yang boleh dikonsumsi perharinya.

    6. Perbanyak Puasa & Cari Kesibukan

    Teknik puasa merupakan cara yang cukup ampuh dalam menghilangkan kebiasaan merokok. Anda sebaiknya puasa setiap hari selama anda kuat dengan niat puasa sunah karena Allah SWT. Dengan puasa maka anda biasanya akan otomatis tidak merokok. Merokoklah sedikit saja saat buka puasa dan sahur untuk menghilangkan sakaw rokok anda. Lama-lama stop merokok saat jam buka puasa dan sahur dengan mengisi waktu dengan hal lain yang lebih bermanfaat.

    7. Minta Dukungan Dan Doa Restu Anggota Keluarga

    Jangan sia-siakan bantuan dari anak-anak dan isteri/suami anda di rumah dalam mensukseskan program berhenti merokok anda. Ajak mereka untuk mengawasi anda selama menjalani program karena merekalah yang paling dekat dengan kita serta memiliki kontak batin yang kuat. Jangan kecewakan keluarga anda dengan menggagalkan program anda sndiri.

    8. Alihkan Konsentrasi Rasa Ingin Merokok

    Mungkin rasanya tidak enak sekali saat ingin merokok tetapi tidak diperbolehkan. Mulai sekarang carilah makanan atau minunan yang kira-kira bisa meredakan rasa ketagihan akan rokok. Dengan begitu mungkin rasa ingin merokok jadi berkurang atau bahkan hilang.

    9. Jangan Merokok Sambil Bicara atau Beraktivitas

    Terkadang pada saat kita ngobrol kita tidak sadar bahwa telah menghasilkan banyak puntung rokok saking asyik ngobrol. Sebaiknya merokoklah pada kita saat tidak bekerja, beraktivitas, berkendara, dan lain sebagainya agar kita bisa lebih menikmati rokok, terhindar dari merokok berlebih melebihi dosis yang telah direncanakan.

    10. Jangan Pernah Merokok Lagi

    Setelah anda berhasil menjalani program berhenti merokok, maka saatnya anda berubah dengan konsisten. Jangan pernah sentuh lagi rokok walaupun anda stress berat atau butuh rokok untuk membantu untuk meredakannya. Beritahu teman yang masih merokok dan ajak mereka untuk tidak merokok demi kebahagiaan mereka. Hukumlah diri anda sendiri dengan hukuman yang mendidik tetapi bisa membuat kita membenci rokok.

    Selamat mencoba semoga berhasil.

      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 9:13 pm