Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Istana Bawah laut Bunaken

    Share

    daun.kuning

    268
    17.11.09

    Istana Bawah laut Bunaken

    Post  daun.kuning on Thu Jun 17, 2010 1:10 pm

    Mengenal Istana Bawah laut Bunaken

    Bunaken salah satu kekayaan wisata bawah laut di gugusan kepulauan Indonesia, Bunaken berada pada wilayah paling utara Pulau Sulawesi. Lima pulau (Nain, Mantehage, Manado Tua, Siladen, Bunaken) membentuk Taman Nasional Bunaken, seluas 75.256 hektar. Pesona Natural Alam Bawah Laut Bunaken telah banyak diminati wisatawan manca negara untuk kembali datng dan menikmati keindahannya, yang patut disayangkan adalah kurangnya promosi dan sosialisasi tentang keberadaannya sehingga belum banyak menghasilkan dan berkontribusi menghasilkan cadangan devisa bagi negara kita.


    Bunaken yang berada di Sulawesi Utara dengan Ibukota Manado tidak sebesar kota-kota di pulau Jawa, seperti Jakarta, namun begitu menginjakkan kaki di Bunaken, kesemrawutan seolah lenyap tak berbekas. Itulah kelebihan pesona panorama laut Bunaken, tanpa disadari berhasil membasuh letih wisatawan yang datang ke daerah ini.

    Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Konon kawasan terumbu karang dan alam bawah lautnya yang terindah di dunia.

    Pada bagian Utara terdiri dari pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, pulau Nain, pulau Nain Kecil, dan sebagian wilayah pesisir Tanjung Pisok. Sedangkan pada bagian Selatan meliputi sebagian pesisir Tanjung Kelapa. Potensi daratan pulau-pulau taman nasional ini kaya dengan jenis palem, sagu, woka, silar dan kelapa.

    Jenis satwa yang ada di daratan dan pesisir antara lain kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Jenis tumbuhan di hutan bakau Taman Nasional Bunaken yaitu Rhizophora sp., Sonneratia sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. Hutan ini kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, dan cangak laut.

    Penyuka wisata laut atau diving, pasti terpuaskan di Bunaken yang sedikitnya memiliki 40 lokasi penyelaman yang menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang. Salah satunya jenis karang hidup, berupa terumbu karang tepi dan penghalang. Paling menarik perhatian adalah terumbu tebung karang vertikal yang membentang sepanjang 50 meter.

    Jenis ikan besar seperti marlin, tuna, pari, layar, cakalang, barakuda, hiu kepala palu kadang menyinggahi perairan ini. Maklum, kerusakan Taman Nasional Bunaken relative lebih rendah dibanding taman laut lain yang tersebar di Indonesia. Ini yang membuat Bunaken lebih unik dibanding tempat wisata lain.

    Bagi yang tidak suka menyelam pun sudah tersedia boat dengan dasar kaca (katamaran) untuk melihat keindahan dasar laut. Musim kunjungan terbaik ke Bunaken berkisar Mei hingga Agustus. Ini saat paling pas menikmati keindahan Bunaken, saat musim penghujan belum datang.

    Segitiga Terumbu Karang

    Bunaken memiliki keragaman kehidupan bawah laut yang sangat beragam, karena daerah taman laut Bunaken terletak di segitiga terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, phillipine, Papuanugini, Timur Lesta, dan Kepulauan Solomon. Anda bisa melihat 70% dari jenis ikan di dunia di dalam taman laut Bunaken, dan angka ini tidak termasuk ikan-ikan laut dalam.

    Jika anda beruntung anda dapat melihat whale shark, mola-mola, manta ray, dugong dan nautilus di sekitar laut bunaken. Jika anda tidak begitu beruntung, anda masih dapat melihat terumbu karang yang indah dan banyak sekali mahluk-mahluk kecil yang sangat berwarna-warni.

    Keberagaman kehidupan di taman laut Bunaken di karenakan taman laut ini merupakan tempat dimana plankton, yang hidup di 300 meter di bawah permukaan laut, naik ke permukaan air sehingga dapat menunjang kehidupan dengan menjadi makanan bagi ikan-ikan kecil. Ditambah dengan bantuan penduduk lokal yang menjaga keindahan taman laut ini, maka taman laut ini menjadi tempat yang aman untuk ikan-ikan sehingga mereka dapat berkembang biak dengan aman.

    Bunaken ibarat surga kehidupan bawah laut namun keindahan dan kelestariannya tergantung kehidupan diatasnya. Siapa yang bisa menjaga keindahan Bunaken, selain kita. Untuk itu inisiatif pemerintah dalam menyelenggarakan Coral Trianggle Initiative (CTI) Summit harus didukung semua unsur masyarakat karena CTI adalah upaya bersama dalam menyelamatkan surga bawah laut dari kerusakan.

    anak_dumai
    Super Mod

    205
    Age : 32
    Lokasi : Bandung
    21.12.09

    Re: Istana Bawah laut Bunaken

    Post  anak_dumai on Thu Jun 17, 2010 1:18 pm

    waw indah sekali..ingin rasanya kesana biar bisa menikmati lebih lama pemandangan alam di sana..

      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 2:49 pm