Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Time Management - Mengelola Waktu

    Share

    pravda

    260
    07.06.10

    Time Management - Mengelola Waktu

    Post  pravda on Mon Jun 21, 2010 9:19 am

    Time Management - Mengelola Waktu

    "Segala sesuatu indah pada waktunya ..."

    Kita semua memiliki aset yang berbeda dan beragam. Ada yang bersifat material seperti properti, perusahaan, saham, dan perhiasan. Atau yang bersifat keahlian seperti ilmu pengetahuan, atau kepiawaian dalam seni dan keterampilan. Bahkan aset fisik misalnya di bidang olahraga atau keindahan secara lahiriah.

    Namun, ada aset yang dimiliki tiap orang secara sama dan merata, yaitu waktu. Kita diberi waktu secara gratis dan bebas untuk mengelolanya. Tapi mungkin karena gratis, maka tanpa sadar kita sering mengabaikan betapa berharganya ia. Waktu adalah aset yang paling sering disia-siakan dan dikorbankan. Padahal waktu berlalu dan takkan pernah kembali. Waktu tak dapat dihentikan dan tidak bisa diulangi.

    Kita diberi kesempatan sekali saja dalam hidup. Kita sangat dibatasi oleh waktu. Namun tanpa sadar, banyak hal tak berguna telah menyita waktu kita yang sangat berharga. Akibatnya, kita sering hidup dalam tekanan. Dikejar-kejar target pekerjaan, tidak cukup waktu yang berkualitas bagi keluarga, atau kesehatan yang terganggu.

    Pencuri dan Penghalang Waktu

    Betapa sering kita mengeluh tidak punya waktu, sehingga banyak hal penting yang terabaikan. Namun jika dicermati, ternyata masalahnya bukan soal kekurangan waktu, tapi seberapa efektif kita memanfaatkan waktu itu.

    Tanpa disadari, banyak aktivitas tidak penting yang sudah mencuri waktu kita. Biasanya kita bahkan punya berbagai alasan. Padahal, sikap atau kebiasaan buruk yang menghalangi kita menggunakan waktu secara efektif.

    * Rasa malas
    Perasaan malas adalah hal yang wajar. Kita semua pernah mengalaminya. Namun, sangat keliru jika kita memupuk rasa malas itu. Karena akhirnya menjadi sikap buruk yang melekat dan sulit dihilangkan. Kemalasan membunuh produktivitas waktu.

    * Suka menunda
    Banyak hal yang membuat kita suka menunda. Tapi yang paling sering karena sikap perfeksionis. Keinginan serba sempurna membuat kita sulit untuk memutuskan atau bertindak segera. Akhirnya kita kehilangan banyak waktu yang berharga.

    * Lamban
    Kelambanan berarti pemborosan waktu. Waktu yang dipakai jauh lebih panjang dari yang seharusnya. Akhirnya pekerjaan menjadi tidak efisien, biaya menjadi mahal, dan kita tidak mampu bersaing.

    * Kehilangan prioritas
    Kita mudah kehilangan prioritas jika tidak fokus. Prioritas berarti mampu membedakan mana penting dan mendesak. Kehilangan prioritas membuat kita gagal melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

    * Tidak ada perencanaan
    Ada yang berpendapat bahwa hidup itu sebaiknya mengalir seperti air. Perencanaan itu kaku, membuat kita sulit bertindak fleksibel. Tentu saja ini adalah mitos yang keliru. Karena justru melalui perencanaan kita bisa membuat prediksi yang lebih matang dengan efisiensi waktu yang baik.

    Mengelola Waktu Secara Bijaksana

    Penundaan ataupun kelambanan selalu merugikan, bukan hanya diri sendiri tapi juga orang lain. Sikap menunda bagai musuh dalam selimut. Sepertinya menyenangkan namun sebenarnya sangat merugikan. Penundaan menghasilkan keterlambatan, dan keterlambatan tidak pernah memenangkan kompetisi.

    Tips dalam mengelola waktu:

    1. Buatlah jadwal perencanaan dan kembangkan kebiasaan merencanakan.
    2. Tentukan prioritas kegiatan yang mendesak dan penting.
    3. Perhitungkan antara kualitas pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan.
    4. Aturlah keseimbangan waktu dalam hidup.
    5. Tetaplah fokus.

    Sikap efektif terhadap waktu pada prinsipnya didasari dua aspek penting yaitu: bagaimana menghargai waktu dan menghargai orang lain. Karena keputusan dan tindakan kita tidak hanya memengaruhi diri pribadi, tapi juga orang lain. Untuk memotivasi diri, marilah kita berpikir untuk mengelola waktu dan membuat perencanaan seakan-akan hidup masih lama. Namun, kita harus siap sedia dan tidak menunda pekerjaan seolah-olah hidup akan berakhir besok.

      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 6:34 pm