Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Merasa Lebih Nyaman Hadapi Hari

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Merasa Lebih Nyaman Hadapi Hari

    Post  via on Wed Jun 23, 2010 10:39 am

    Merasa Lebih Nyaman Hadapi Hari

    Tak ada yang bisa menjaga dirinya riang gembira setiap hari. Pasti akan ada hari-hari seseorang merasa "down" atau tidak bersemangat. Umumnya stres dan kecemasan adalah hal yang paling sering dipersalahkan untuk mood yang berantakan. Ariel Gore, penulis Bluebird: Women and the New Psychology of Happiness, menemukan bahwa kecemasan merupakan penghambat utama seseorang mendapatkan kebahagiaan.

    Menurut Gore sebenarnya kebahagiaan dan kesedihan bisa berdampingan dengan nyaman. Kecemasan akan bertahan hidup, kecemasan akan uang, dan kecemasan sosial adalah penyebab utamanya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan ketegangan sehari-hari:

    1. Mendengarkan musik.

    Musik yang membuat tenang bisa menurunkan tingkat kortisol (hormon stres), mengurangi kecemasan, bahkan bisa meningkatkan memori. Musik apa pun yang bisa membuat Anda merasa nyaman akan membantu. Satu riset mengatakan, bahwa musik pengiring tidur dan suara alam bisa membantu ibu hamil untuk merasa lebih relaks.


    2. Pemanasan.

    Rasa hangat dan nyaman adalah penghilang stres. Cuaca belakangan ini seringkali tak menentu. Kadang hujan, kadang panas. Perubahannya pun cukup ekstrem. Cobalah untuk memanfaatkan cuaca dingin saat hujan, misalnya mandi air hangat lalu menyelimuti diri dengan selimut empuk dan hangat. Minum segelas teh hijau hangat atau pergi ke tempat pijat yang menggunakan metode hot stone.


    3. Selai kacang.

    Protein dalam selai kacang bisa mendorong level serotonin, hormon yang meregulasi mood, rasa kantuk, dan sikap. Pilih yang terbuat dari bahan natural. Oleskan di atas roti whole-grain.


    4. Berkumpul bersama sahabat.

    Sebuah studi yang dilangsungkan oleh University of Illinois menemukan bahwa mereka yang bahagia adalah orang-orang yang memiliki hubungan erat dengan teman dan keluarga. Kebanyakan dari kita tak memandang bahwa bersenang-senang dengan teman-teman secara rutin adalah hal yang penting. Mulailah buat jadwal bersama sahabat-sahabat Anda untuk bertemu setiap seminggu sekali, atau lebih sering jika memungkinkan.


    5. Lebih mencintai alam.

    Berhubungan dengan alam bisa membantu seseorang untuk meredakan stres. Tak perlu taman yang rimbun dengan tumbuhan dan pepohonan. Anda bisa berusaha memperhatikan satu pohon rindang yang Anda lewati setiap hari. Perhatikan bentuk dan pertumbuhan kuncup bunganya yang kian hari kian mekar.


    6. Menulis. Dalam bukunya,

    Gore mengajak para wanita untuk memiliki sebuah buku harian untuk diisi dengan momen-momen paling menyenangkan dalam keseharian seseorang. Hal ini akan melatih kebiasaan Anda untuk menyadari waktu-waktu paling bahagia saat hal itu terjadi dalam hidup Anda. "Fokuslah pada momen yang berjalan dan kebahagiaan dalam hidup sehari-hari ketimbang berfokus pada apa yang salah. Kita menyadari kebahagiaan alami lebih baik, kita mengingatkan diri, dan kadang mulai untuk kembali belajar, apa yang ingin kita lakukan untuk mengisi waktu kita," terang Gore. Belilah buku catatan dan simpan di sisi tempat tidur Anda agar bisa diisi sebelum beranjak tidur. Tak perlu cerita panjang. Dalam bentuk poin-poin saja pun sudah cukup.


    7. Keluar dari rutinitas.

    Kebanyakan wanita yang ditemui Gore saat menyusun bukunya, menemukan, bahwa mereka merasa lebih bahagia saat melakukan suatu hal di luar rutinitas. Misal, mengerjakan kegiatan kreatif, pergi mendaki bukit, bermain bersama anak-anak saat mereka sedang tak terburu-buru untuk berangkat ke sekolah. Atau ubah jadwal keseharian, misal, tak lagi bersantap siang di meja kantor, tapi pergi ke luar kantor sambil menikmati pemandangan dengan berjalan kaki. Jika biasanya sebelum tidur Anda menonton televisi, cobalah untuk mematikan televisi lalu mengisi buku harian, membaca buku, atau melukis.

    Pendek kata, jangan menunggu rasa bahagia mendatangi Anda. Carilah dan rengkuhlah!

      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 1:39 am