Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Yesterday at 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Search Engine : Mesin Pencari

    Share

    chaniago

    147
    07.06.10

    Search Engine : Mesin Pencari

    Post  chaniago on Fri Jun 25, 2010 10:34 am

    Mesin Pencari, Mesin Bantuan Yang Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Maya

    [/center

    Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

    [center]

    Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

    Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.


    Cara kerja mesin pencari

    Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

    Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.

    Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase⁠. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.

    Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil “terbaik” lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.

    Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.


    Beberapa Tips Mencari dengan Menggunakan Mesin Pencari
    filetype:


    Option ini digunakan untuk mencari tipe file tertentu. Contoh: filetype:xls -> untuk mencari file MS Excel filetype:doc -> untuk mencari file MS Word
    inurl: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang “masuk” sebagai url. Dengan option ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu (jika dikombinasikan dengan option “index of”). Contoh: inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata “admin”
    site: Option ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu. Contoh: site:torry.net “xp style” –> mencari dengan keyword “xp style” pada situs www.torry.net
    intitle: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
    link: Option ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu. Contoh: link:delphi3000.com –> mencari situs yang mempunyai link ke www.delphi3000.com
    Anda dapat mengkombinasikan berbagai option di atas untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Contoh: pdf “rapidshare.de/files” site:rapidshare.de –> untuk mencari buku atau file pdf di rapidshare.de
    +inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de –> untuk mencari program, aplikasi di rapidshare.de
    Anda dapat mengganti site:rapidshare.de menjadi site:megaupload.com untuk mencari file di MegaUpload
    Sejarah

    Mesin pencari pertama adalah “Wandex”, yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.

    Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.

    Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.

    Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.

    Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light⁠ yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.

    Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol.

    Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.

    Mesin-mesin pencari lainnya mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

    Google

    Sekitar tahun 2001, mesin pencari Google berkembang lebih besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terkoneksi daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.

    chaniago

    147
    07.06.10

    Re: Search Engine : Mesin Pencari

    Post  chaniago on Fri Jun 25, 2010 10:37 am

    Daftar mesin-mesin pencari



    Mesin pencari global

    Alexa Internet
    Ask.com (sebelumnya Ask Jeeves)
    Exalead
    Gigablast
    Google
    Live Search (sebelumnya MSN Search)
    MozDex
    Yahoo! Search
    Bing

    Mesin pencari berbasis Google
    AOL Search
    CompuServe Search
    Mahalo.com
    MySpace Search
    Netscape
    Ripple

    Mesin pencari berbasis Yahoo!
    AltaVista
    AlltheWeb
    GoodSearch
    Rectifi

    Mesin pencari berbasis Windows Live
    A9.com
    Ms. Dewey
    Tafiti

    Mesin pencari berbasis Ask.com

    iWon
    Lycos

    Mesin pencari open source
    DataparkSearch
    Egothor
    Gonzui
    Grub
    Ht://dig
    Lucene
    Lemur Toolkit & Indri Search Engine
    mnoGoSearch
    Namazu
    Nutch
    OpenFTS

    Sciencenet untuk pengetahuan sains yang berdasarkan pada teknologi yacy

    Sphinx
    SWISH-E
    Terrier Search Engine
    Search Wikia
    Xapian
    YaCy
    Zettair

    Mesin pencari meta

    Bioinformatic Harvester
    Brainboost
    Clusty
    Dogpile
    Excite
    HotBot
    Info.com
    Ixquick
    Mamma
    Metacrawler
    MetaLib
    Myriad Search
    PolyMeta
    SideStep

    Mesin pencari lokal

    Accoona, Cina/AS
    Alleba, Filipina
    Ansearch, Australia/AS/UK/NZ
    Baidu, Cina
    Daum, Korea
    Guruji.com, India
    Araby, Timur Tengah
    Miner.hu, Hungaria
    Nadji.si, Slovenia
    Naver, Korea
    Rambler, Rusia
    Rediff, India
    SAPO, Portugal
    Search.ch, Swiss
    Walla!, Israel

    Yandex, Rusia

    Mesin pencari orang

    Ex.plode.us
    InfoSpace
    Spock
    Yellowpages.com
    Zabasearch.com
    ZoomInfo

    Mesin pencari berbasis email

    TEK

    Mesin pencari visual
    Grokker
    Kartoo
    Quintura

    Mesin pencari berbasis jawaban

    Answers.com
    AskMeNow
    BrainBoost
    eHow
    Lexxe
    Lycos iQ
    Windows Live QnA
    Yahoo! Answers

    Mesin pencari pekerjaan

    Bixee.com (India)
    CareerBuilder.com (AS)
    Craiglist (menurut kota)
    Eluta.ca (Kanada)
    Hotjobs.com (AS)
    Indeed.com (AS)
    Monster.com (AS)
    Naukri.com (India)
    Recruit.net (Internasional)
    SimplyHired.com (AS)

    Mesin pencari forum

    Omgili

    Mesin pencari blog

    Amatomu
    Bloglines
    BlogScope
    IceRocket
    Sphere
    Technorati

    Mesin pencari berita

    Google News
    MagPortal
    Newslookup
    Nexis (Lexis Nexis)
    Topix.net
    Yahoo! News

    Mesin pencari multimedia

    blinkx
    FindSounds
    Picsearch
    Podscope

    Mesin pencari kode

    Google Code Search
    JExamples
    Koders
    Krugle

    Mesin pencari BitTorrent

    Mesin pencari berikut bekerja di sepanjang protokol BitTorrent
    Btjunkie
    Demonod
    FlixFlux
    Isohunt
    Mininova
    The Pirate Bay
    TorrentSpy

    Mesin pencari akuntansi

    IFACnet

    Mesin pencari kesehatan

    Bioinformatic Harvester
    Entrez (termasuk Pubmed)
    EB-eye EBi’s Search Engine EMBL-EBI’s Search Engine
    GoPubMed (berbasiskan: GO – GeneOntology)
    Healia
    KMLE Medical Dictionary
    MeshPubMed (berbasiskan: MeSH – Medical Subject Headings)
    Searchmedica
    WebMD

    Mesin pencari properti

    Home.co.uk
    Rightmove
    Zillow.com
    Mesin pencari bisnis
    Thomasnet (Amerika Serikat)
    Business.com
    Nexis (Lexis Nexis)
    Look4match.com (Indonesia)
    Mesin pencari harga barang
    Addall [www.addall.com Pencari harga buku]
    Google Product Search (sebelumnya Froogle)
    Kelkoo
    MSN Shopping
    MySimon
    NexTag
    PriceRunner
    Shopping.com
    Shopzilla (juga mengoperasikan Bizrate)
    TheFind.com
    TolMol.com (India)
    Amgem.us

    Mesin pencari geografi

    Géoportail
    Google Maps
    MapQuest
    Windows Live Maps
    Yahoo! Maps

    Mesin pencari sosial

    Google Co-op
    Rollyo
    Wink
    Trexy

    Mesin pencari untuk anak

    Yahoo! Kids
    Quintura Kids
    Kigose

    Mesin pencari desktop

    Autonomy
    Beagle
    Copemic Desktop Search
    Docco
    Filehawk
    Gaviri PocketSearch
    Google Desktop
    imgSeek
    ISYS Search Software
    Likasoft Archivarius 3000
    Meta Tracker
    Spotlight
    Terrier Search Engine
    Tropes Zoom
    Windows Desktop Search

    X1 Professional Client

    Legal
    WestLaw


    Usenet
    Google Groups (sebelumnya Deja News)

    Yahoo Groups

    Mesin pencari tidak berfungsi

    Google Answers
    Infoseek
    Inktomi
    Northern Light

    Overture.com (sebelumnya GoTo.com)

    PubSub
    Singingfish
    Teoma
    World Wide Web Worm
    WiseNut


      Waktu sekarang Sun Sep 25, 2016 9:00 pm