Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Mengenal Narsisme

    Share

    flade

    935
    23.09.09

    Mengenal Narsisme

    Post  flade on Wed Aug 18, 2010 1:11 am

    NARSISME

    Ada yang tahu nggak arti kata narsis dan asal-usulnya?
    Narsisme atau Narsis artinya adalah perilaku memperhatikan diri sendiri secara berlebihan.

    Konon dalam dongeng masyarakat Yunanni kuno, hiduplah seorang pemuda yang bernama Narsis. Narsis adalah putra dari Dewa dan Bidadari. Orangnya tampan, namun kaku, cuek, dan angkuh. Yap kalau kita searching-searching, dongengn yang mengisahkan tentang narsis ini tidak hanya dalam 1 versi, tapi coba aku sharingkan yang berikut ini ya


    Pada suatu kesempatan Narsis berjalan-jalan di tengah hutan. Ditempat itu dia merasakan rindu dengan pemuda yang selalu dilihatnya didalam kolam. Sampailah dia ditepi kolam yang airnya tenang. Disekelilingnya dikelilingi banyak pohon cemara. Begitu memandang ke kolam kembali dia tertegun. Ditatapnya wajah yang begitu tampan didalam kolam itu. Narsis berlutut dan ingin menyentuh wajah itu. Namun ketika wajah itu disentuh, berubahlah wajah itu menjadi riak-riak kecil air. Ditunggulah beberapa saat sampai air itu kembali tenang. Disentuhlah lagi wajah itu, dan kembali pula berubah menjadi riak air.

    Narsis terus menunggu ditepi kolam itu. Dia terus merindukan pemuda dalam kolam itu. Perasaan itu begitu menyiksa. Bertanyalah ia kepada pohon cemara, “Pohon Cemara, apakah engkau pernah merasakan kerinduan seperti ini?. Narsis terus memandangi wajah itu.

    Beberapa hari berlalu Narsis akhirnya sadar bahwa wajah itu adalah wajahnya. Apa yang dia inginkan sudah ia punyai. Apa yang dia rindukan sudah didapatkan. Dia menyadari dan mulai belajar mencintai orang lain. tiba-tiba Narsis merasakan seluruh tubuhnya terasa hangat. Kulitnya memancarkan cahaya yang lembut. Api cinta telah menyala dalam diri Narsis. Api itu telah membakar dan meluluhkan hati Narsis yang selama ini membeku. Hati itu telah mencair.

    Sekian lama Narsis tidak muncul, teman-teman Narsis mencari ditepi kolam itu. Tetapi mereka tidak menemukannya. Mereka hanya melihat sekuntum bunga. Bagian tengahnya berwarna kuning, bentuknya seperti terompet. Kelopak bunga dibagian pingirnya berwarna putih lembut. Teman-temannya yakin itu adalah Narsis, yang tubuhnya telah menjadi bunga. Bunga itu namanya adalah bunga Narsis.

    nah, yuk dari cerita di atas coba kita jabarkan, bagaimanakah kategori orang yang narsis itu, and beberapa di antaranya adalah:
    1. Mencintai diri sendiri secara berlebihan dan sulit mencintai dan menerima cinta orang lain.
    2. Hanya mendengar pendapatnnya sendiri, sulit mendengar pendapat orang lain.
    3. Tidak bisa merasakan perasaan orang lain.
    4. Melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya sendiri, bukan sudut pandang orang lain.
    5. sulit mempercayai orang lain.

    wow benarkah seperti itu?
    Lalu, tipikal orang seperti itu apakah bisa berubah?
    Eh, sebentar..kalau ada pertanyaan bisa berubah atau tidak, berarti bisakah narsis dikategorikan pada tingkah laku yang negatif??



    Seperti yang tercantum dalam The Columbia Encyclopedia, Sixth Edition Copyright© 2004, Columbia University Press. Licensed from Lernout & Hauspie Speech Products N.V. All rights reserved,
    Individu yang mengalami gangguan kepribadian narcisisme cenderung merasa menganggap dirinya unik, menarik, hebat, penting secara berlebihan. Ia sering sibuk dengan fantasi tentang attribut dirinya dan biasanya mengharapkan orang lain untuk memujinya dan mengakui citra dirinya. Seorang yang narcissis cenderung sulit untuk mempertahankan hubungan interpersonal, berpangkal pada kurangnya empati dan kecenderungan mengambil manfaat dari orang lain dengan tujuan untuk mendominasi. Narcisisme sering ditemukan juga pada penderita gangguan kepribadian antisocial (antisocial personality disorder)

    Tetapi orang Narsis, bisa berubah. Ketika dia bisa menyadari bahwa dirinya adalah obyek dan juga subyek, dan menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari orang lain, maka sifat narsis itu bisa hilang. Jika sifat narsis itu hilang, maka orang itupun seperti Narsis, berubah menjadi indah dan harum laksana bunga Narsis.

      Waktu sekarang Fri Sep 30, 2016 3:24 pm