Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Share


    01.01.70

    Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post   on Sun Feb 15, 2009 3:16 pm

    Seseorang yang ‘hebat’ secara akademis, pada umumnya sangat kuat dalam logika, kata, daftar, angka, linieritas, analisis, dan sejenisnya. Menurut Tony Buzan (Use Your Head: 1993): hasil aktivitas otak kiri manusia.

    Adapun otak kanan lebih berkaitan menangani irama, imajinasi, warna, angan-angan, kesadaran ruang, gambaran menyeluruh dan dimensi. Belakangan berkumandang anjuran, jangan hanya memanfaatkan otak kiri, otak kanan juga dong.

    Konon, para ilmuwan hebat memanfaatkan otak kiri. Para seniman kuat di otak kanan. Mana tahu, Sampeyan hebat memanfaatkan otak kiri, canggih membedayakan otak kiri. Piawai menghitung fulus fasih berimajinasi. Mana tahu lho.

    Setiap manusia memiliki kecenderungannya masing2 dalam penggunaan otak kanan atau otak kiri, baik sadar ataupun dibawah sadarnya. Hal ini bergantung pada banyak faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan. Kecenderungan berpikir dengan otak kanan ataupun kiri merupakan hasil dari suatu proses yang sangat panjang dan yang tak boleh kita lupakan adalah kecenderungan ini adalah suatu berkah ciptaan Allah, Sang Maha Pencipta.

    Dikarenakan kedua kecenderungan berpikir ini, baik dengan otak kanan maupun dengan otak kiri merupakan ciptaan Allah, maka ada baiknya kita masing2 membuka diri untuk menyelami dan menghayati keperbedaan ini, dengan sikap yang positif.

    Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:
    Otak kanan -- KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal

    Otak kiri – ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

    Dari penjabaran diatas, kita dapat simpulkan betapa perbedaan “bahasa” diantara kedua sisi otak kita adalah tidak sama. Seorang yang memilih jurusan, profesi atau pekerjaan berdasarkan kemampuan otaknya dalam mencerna “bahasa” pikiran, tentunya telah terbiasa menggunakan bagian otaknya (kanan atau kiri) sehingga bagian tersebut lebih banyak berperan dalam kehidupannya sehari-hari. Sehingga adalah kurang tepat, bila serta merta seorang seniman musik dipaksakan bekerja untuk menghitung angka2, rumus2 dan analisa. Demikian juga sebaliknya, adalah kurang tepat bila serta merta seorang financial analisis dipaksakan bekerja untuk hal2 yang bebahasa symbol, imajinasi dan gambar abstrak.
    Selayaknya kita menganggap kecenderungan ini bukan sebagai suatu kelemahan, tapi justru menjadi suatu kelebihan pada tiap individu. Kelebihan yang bila diolah dengan baik akan menghasilkan KEKUATAN dalam diri individu itu sendiri. .

    Bayangkan bila kedua kekuatan ini dapat digunakan secara adil, seimbang dan harmonis dalam suatu frame kehidupan atau kemitraan, akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, karena tentunya bisa saling mengisi dan saling melengkapi. Penyeimbangan antar kedua fungsi otak kanan dan kiri inilah yang akan memberikan kontribusi pemikiran yang lebih baik daripada pemikiran yang hanya condong pada satu sisi otak saja. Namun sebagai individu yang berbeda, tentunya kendala2 pemahaman “bahasa otak” akan sedikit mengalami adaptasi, dan hal ini dapat diatasi bila kedua pihak saling bertoleransi dan berpikiran positif.

    Berikut ini tip atau cara mengetahui apakah anda cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan.

    Rentangkan dua tangan anda keatas seperti ini :


    Kemudian lakukan suatu gerakan hingga kedua tangan seperti dibawah ini:

    Coba anda perhatikan jempol tangan kiri dan tangan anda berada dimanakah?

    Jika “jempol tangan kiri” anda berada paling atas (dipuncak) maka selamat anda telah bertipe “otak kanan”

    Sebaliknya jika “jempol tangan kanan” anda berada diatas (dipuncak) maka maka selamat anda telah bertipe “otak kiri”


    01.01.70

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post   on Sun Feb 15, 2009 3:17 pm

    Hahah gw otak kanan

    keyla
    Special Guest

    1076
    Age : 37
    Lokasi : Ujung Dunia
    30.01.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  keyla on Sun Feb 15, 2009 3:26 pm

    sama dunk mbak aku juga kanan tuh udah kebiasaan begitu.. giliran di pindah jempol kanan di atas keknya nggak nyaman hahaha

    mamacute
    Temporary Non Active

    745
    Age : 38
    Lokasi : Cirebon
    14.02.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  mamacute on Sun Feb 15, 2009 4:15 pm

    Hmmm....
    Aku tipe otak kiri dong.
    Tapi aku suka juga menghayal n senik kok .

    lovie

    101
    Age : 31
    Lokasi : Paradise Island
    02.03.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  lovie on Tue Apr 07, 2009 11:16 am

    shinra postingan yg bgs tp itu bukan merupakan patokan...

    mgk ada org yg dianugerahkan otak kanannya yg lbh berkembang yg lbh memiliki bakat diseni & lain2 bkn berarti ia tdk bisa mengembangkan ketrampilan di bidang yang lain...

    ia bisa mengasah otak kirinya dengan ketekunan & latihan..trus latihan..
    yang pada situasi kesulitan tk tertentu otaknya kan beradaptasi menyesuaikan dg bidang yg ia pelajari...!!!!

    much better otak kiri & kanan balance...

    TORPEDO
    Moderator Entertainment

    1831
    Age : 42
    Lokasi : Bekasi
    20.01.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  TORPEDO on Tue Apr 07, 2009 11:31 am

    kalo otak mesum adanya kanan ato kiri? heheheh...

    yukari-san

    102
    Age : 20
    Lokasi : Jakaruta ni, sundeimasu!!
    20.01.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  yukari-san on Tue Apr 07, 2009 12:08 pm

    Otak kiri.. hho..

    ranie
    Cute Guest

    78
    Age : 22
    Lokasi : tarakan city
    01.05.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  ranie on Sat May 09, 2009 2:47 pm

    wah rani termasuk otak kanan,,,,
    q suka mengkhayal n ciptain puisi.... :yuka7:

    dewiQ

    163
    Age : 36
    05.02.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  dewiQ on Sat May 09, 2009 3:05 pm

    ranie wrote:wah rani termasuk otak kanan,,,,
    q suka mengkhayal n ciptain puisi.... :yuka7:
    Nah bikin dong puisi dong Ranie di thread puisi yang mana aja aku ingin lihat hasil karyamu... 56439

    CinQy
    Wedding Plan

    197
    Lokasi : Jakarta
    18.01.09

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  CinQy on Wed May 27, 2009 4:10 pm

    TORPEDO wrote:kalo otak mesum adanya kanan ato kiri? heheheh...

    Kalo otak mesum...kayaknya otaknya kayak punya udang deh...dah kecampur ma...??? jadi kotor otak nya...

    Sponsored content

    Re: Anda tipe otak kiri atau kanan?

    Post  Sponsored content Today at 3:27 am


      Waktu sekarang Fri Sep 30, 2016 3:27 am