Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Jarak = Pengganti BBM

    Share

    flade

    935
    23.09.09

    Jarak = Pengganti BBM

    Post  flade on Tue Aug 24, 2010 9:19 am

    Jarak = Pengganti BBM


    Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi serta Nahdatul Ulama (NU) siap mengembangkan tanaman jarak sebagai bahan baku pembuatan minyak bakar.

    Ketua HKTI, Prabowo Subianto di Bandung, Jawa Barat Selasa menyatakan, minyak bakar berbahan baku biji jarak sangat potensial dikembangkan sebagai alternatif bahan bakar murah menggantikan bahan bakar minyak (BBM) hasil pertambangan.

    “Oleh karena itu kita akan mendorong petani mengembagkan tanaman jarak,” katanya pada acara penandatanganan naskah kerjasama antara HKTI dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan NU.
    Dalam kerjasama tersebut nantinya HKTI dan NU akan mendorong petani untuk melakukan pembudidayaan tanaman jarak sementara ITB dengan IPB mengembangkan pengolahan biji tumbuhan yang banyak terdapat di daerah tropis itu.
    Nantinya pembudiyaan tanaman jarak tersebut akan dipusatkan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat serta beberapa daerah di Pulau Jawa.

    Menurut Prabowo yang juga mantan Panglima Kostrad itu sudah saatnya Indonesia mengembangkan minyak jarak sebagai bahan bakar alternatif apalagi sejumlah negara seperti Thailand juga telah melakukan hal serupa.
    Dikatakannya, minyak bakar berbahan baku tanaman jarak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar bagi mesin-mesin penggilingan beras, di mana potensi permintaannya sangat besar di Indonesia.
    “Saat ini jika jumlah mesin penggilingan beras di tanah air diperkirakan 130 ribu unit maka permintaan minyak jarak begitu besar,” katanya.
    Sementara itu peneliti dari fakultas teknik Kimia ITB, Robert Manurung mengungkapkan pengembangan tanaman jarak sebagai bahan baku pembuatan minyak selain mampu sebagai penyedia energi alternatif juga peningkatan pendapatan petani dan menambah lapangan kerja.

    Ia mencontohkan jika petani pembudidaya mengembangkan tanaman jarak seluas tiga hektar dengan produksi 10 ton per tahun maka jika satu kilogramnya seharga Rp500 maka mereka mendapatkan pendapatan sekitar Rp15 juta atau Rp1,25 juta per bulan.

    Ia mengatakan, tanaman jarak memiliki produktivitas antara 5-25 ton per ha yang dapat dipanen mulai berumur lima bulan dan produktivitasnya stabil setelah berumur satu tahun.

    flade

    935
    23.09.09

    Re: Jarak = Pengganti BBM

    Post  flade on Tue Aug 24, 2010 9:29 am

    Khasiat Buah Jarak


    Tanaman Jarak ( Ricinus Communis linn.)
    ( Berkhasiat Mengobati : Sulit Buang Air Besar, kanker mulut rahim dan kulit, sulit melahirkan dan retensi placenta/ari-ari, reumatik, tetanus, epilepsy, bronchitis anak, TBC Kelenjar, Schizophrenia )

    Uraian Tanaman :

    Tanaman Jarak tumbuh liar dihutan, di tanah-tanah kosong, di sepanjang pantai, dan banyak ditanam sebagai komoditi perkebunan. Bisa tumbuh diareal yang kurang subur sekalipun, asal PH tanahnya 6 – 7 dan drainase airnya baik, karena tanaman jarak akarnya tidak tahan terhadap genangan air. Tanaman jarak merupakan perdu tegak yang tingginya bisa mencapai 2 – 3 meter, tumbuhan jenis menahun dengan batang yang licin dan bulat, berongga, dan berbuku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Tanaman Jarak daunnya tunggal, letaknya berseling, dan bercabang menjari 7 – 9, ujung daunnya runcing dengan tepi bergerigi, dan diameter daun sekitar 10 – 40 cm. Tangkai daun panjang berwarna merah tengguli. Bunganya majemuk berwarna kuning oranye dan berkelamin satu. Buah Jarak berbentuk bulat berkumpul dalam satu tandan dengan 3 ruangan yang disetiap ruang berisi 1 biji. Buah jarak berduri lunak dan berwarna hijau muda dengan rambut merah.

    Khasiat Tanaman Jarak untuk Farmasi :

    1. Biji Tanaman Jarak : Banyak dipergunakan untuk mengobati sulit buang air besar ( Constipation ), mengobati Kanker mulut rahim dan kulit ( Carsinova of Cervix and Skin ), Visceroptosis, Gastroptosis, sulit melahirkan dan retensi placenta/ari-ari ( Difficult Labor and Recention of Placenta ), Kelumpuhan pada otot muka ( Facial Nerve Paralysis ), TBC kelenjar, Bisul, Koreng, Scabies, Infeksi Jamur dan bengkak ( Edema). Biji Jarak sangat beracun, dan racunnya hanya akan hilang dengan cara merebusnya selama 2 jam pada suhu 100 derajat celsius, selama 20 menit.

    2. Daun Tanaman Jarak : Bisa untuk mengobati penyakit Koreng, Eksim, Gatal-gatal, Batuk, Sesak Napas / Asma dan Hernia.

    3. Akar Tanaman Jarak : Dipergunakan untuk mengobati penyakit Rheumatik, Tetanus, Epilepsi, Bronchitis Anak, TBC Kelenjar, Schizoprenia.

    4. Minyak Tanaman Jarak : Dipergunakan untuk mengobati Constipasi, Koreng dan Luka Bakar. Minyak tanaman jarak juga sekarang bisa diolah dan dipergunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan menyalakan api / Lampu.
    Demikian berbagai khasiat yang bisa diperoleh dari tanaman jarak, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Amin.

      Waktu sekarang Sun Oct 02, 2016 1:58 am