Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tentang Perawatan Kulit

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Tentang Perawatan Kulit

    Post  via on Mon Sep 13, 2010 12:06 am

    Kulit merupakan bagian paling luar dari tubuh kita sehingga sekecil apapun perubahan kita akan segera tahu. Kulit juga bisa memebrikan gambaran akan kelainan atau penyakit yang mungkin ada dalam tubuh kita. Contohnya jika kita sakit lever, kulit kita akan berubah kuning. Bila kita alergi, kulit timbul bentol-bentol merah dan sebagainya.
    Pada jaman ini dimana orang mulai memperhatikan kebutuhan sekunder seperti penampilan, keadaan kulit merupakan factor yang sangat penting. Kadang manusia tidak terlalu memperhatikan perawatan kulit pada saat kulit masih bagus, tetapi kita akan segera panic begitu memperhatikan bahwa kulit mulai menua, kendor, kusam, bernoda, berjerawat, ada kantung mata, dll. Padahal dengan perawatan yang tidak rumit sejak awal, akan didapatkan kulit yang relative baik dan bertahan lama.

    Prinsip perawatan kulit

    Perawatan kulit yang biasanya dilakukan adalah
    1.Pembersihan ( cleansing )
    2.Pelembaban ( moisturizing )
    3.Proteksi ( protection ) dan
    4.Pengikisan ( rejuvenation )

    1. Pembersihan

    pastikan bahwa kulit anda selalu bersih. Jadi setiap pulang dari bepergian dan sebelum tidur atau sebelum menggunakan krim malam bersihkan selalu dengan pmbersih ( cleanser ). Jenis pembersih yang bisa digunakan tergantung kondisi dan jenis kulit.
    a.pada wajah yang berjerawat atau beminyak jenis pembersih yang digunakan adalah jenis cair, yang biasanya mengandung alcohol atau aseton dan berfungsi menghilangkan minyak yang berlebihan. Tuangkn sedikit pada selembar kapas kemudian oleskan pada wajah. Jangan digosok terlalu keras karena akan menyebabakn kulit pedih dan bisa menimbulkan iritasi. Bisa juga ditambahkan sabun muka yang sesuai PH kulit.
    b.Pada kulit normal atau kering, bisa digunakan cleansing cream/lotion/milk dan dilanjutkan dengan toner atau penyegar yang berfungsi menutup kembali pori agar kulit nampak halus. Sabun muka bisa juga digunakan.

    2. Pengikisan / Rejuvenation

    Pengikisan terutama digunakan untuk mereka yang berumur di atas 30 tahun, karena pada umur ini pengelupasan kulit sudah berkurang sehingga wajah tampak kusam, warna tidak merata. Distribusi pigmen kulit juga mulai tidak rata. Pengikisan yang bisa dilakukan sehari hari adalah dengan scrub kulit. Ini adalah pengikisan mekanis, dimana ada butiran halus seperti pasir yang di massage kan ke kulit dan 1-2 lapis kulit akan mengelupas. Pengikisan yang dilakukan oleh dokter adalah jenis kimiawi, dimana wajah diolesi krim atau lotion yang secara kimiawi akan melepaskan ikatan sel kulit sehingga kulit akan mengelupas saat kita mencuci muka, mandi, membersihkan kulit, dll. Untuk remaja yang jarang membersihkan kulit, perlu dilakukan peeling 1-3 bulan sekali.

    3. Proteksi /Tabir surya

    Proteksi yang dimaksud disini adalah proteksi terhadap sinar matahari. Sinar matahari terutama di daerah tropisdseperti indonesia walaupun tidak sedikit manfaatnya, seperti membunuh bakteri dan merangsang kulit memebentuk vitamin D, tetapi efek kumulatif justru menyebabkan kulit cepat tua, keriput, tumbuh kanker kulit, timbul flek, dll. Sinar matahari sebaiknya dihindari antara jam 09.00-15.00. Bila memang terpaksa harus keluar pada jam tersebut sebaiknya menggunakan topi, paying atau penutup lain. Gunakan krim pagi berisi tabir surya. Meskipun tidak keluar rumah tetapi tetap harus dipakai karena pantulan dari matahari di luar tetap bisa masuk rumah. Krim tabir surya biasanya hanya bertahan 3-5 jam, sehinga apabila berada di bawah matahari lebih dari waktu tersebut, perlu diulang lagi. Bila berenang sebaiknya tabir surya dipakai berulang-ulang. Kekuatan tabir surya dihitung berdasarkan SPF nya (Sun Protecting Factor). Untuk Indonesia yang berada di daerah tropis, minimal digunakan SPF 15.

    4. Pelembaban

    Bila kulit berminyak, maka anda sudah mempunyai pelembab alami, sehingga tidak perlu repot-repot memberi pelembab. Tetapi bila anda berkulit normal-kering, penggunaan pelembab merupakan kewajiban karena kulit yang kering akan cepat keriput, mudah gatal-gatal dan nampak kusam. Pelembab jaman sekarang sudah dibuat dengan tekstur yang halus tetapi mempunyai bahan yang dapat mengikat air dari udara. Gunakan pada saat sore atau malam. Tabir surya biasanya sudah mengandung pelembab, tetapi apabila kulit masih terasa kering sebelum menggunakan tabir surya dapat ditambahkan pelembab.

    Dokterku.com

      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 11:00 pm