Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Share

    via

    851
    04.03.09

    6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  via on Wed Oct 06, 2010 7:22 am

    6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat


    Kesadaran akan berbatik yang semakin berkembang di masyarakat, membuat batik tak hanya sekedar dijadikan sebagai pakaian formal saja. Saat ini masyarakat Indonsesia lebih sadar dan bangga untuk mengenakan batik di momen-momen santai.

    Oleh sebab itu perawatan batik yang tepat juga wajib untuk diketahui. Hal ini untuk menjadikan batik tetap memancarkan warna aslinya.

    Edward Hutabarat, desainer yang cinta akan batik ini, menjelaskan beberapa tips tentang perawatan batik, saat ditemui di Museum Nasional, pekan lalu.

    1. Mencuci batik lebih baik menggunakan air hangat.

    2. Gunakan deterjen khusus untuk mencuci batik.

    3. Siapkan empat ember. Setelah dimasukkan dalam ember pertama yang berisi
    deterjen, kemudian celupkan batik ke ember ke dua, lalu ember ke tiga dan ember ke empat. Hal ini dimaksudkan agar sisa deterjen tidak menempel pada batik.

    4. Hindari untuk memeras batik. Sebaiknya keringkan batik dengan cara menepuk-nepuk
    batik dengan handuk.

    5. Gunakan pipa paralon saat menggantung batik ketika dijemur. Hal ini untuk menghindari batik tertekuk atau adanya bekas lipatan yang biasanya sering terjadi bila menjemur menggunakan pipa kecil atau tali.

    6. Sebaiknya jangan jemur batik di bawah sinar matahari karena dapat mengubah
    warna batik.


    lovie

    101
    Age : 31
    Lokasi : Paradise Island
    02.03.09

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  lovie on Wed Oct 06, 2010 11:18 am

    makasih ya infonya..
    duh batikku srg tak kucek2...ngga boleh ya...hehe..
    makanya srg bladus ma luntur...


    anak_dumai
    Super Mod

    205
    Age : 32
    Lokasi : Bandung
    21.12.09

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  anak_dumai on Sat Oct 16, 2010 11:28 am

    deterjen nya mahal ngk ya????

    cantingjogja

    3
    17.01.11

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  cantingjogja on Mon Jan 17, 2011 1:44 pm

    anak_dumai wrote:deterjen nya mahal ngk ya????

    Sabun khusus batik adalah sabun yang terbuat dari buah lerak.
    harga buah lerak per kg sekitar 20rb an. (dapet banyak banget)
    harga lerak yang sudah jadi sabun sekitar 16.000/30ml
    cara2nya sudah dikemukakan di atas, intinya jangan diperas dan jangan dijemur di matahari.
    INGAT! prosedur ini hanya untuk Batik Asli (yg dibuat pake lilin)
    kalau batik aspal alias sablonan, pake ri*so / sokl*n aja gpp, mau dikelantang di matahari jg gapapa.

    Semoga membantu



    http://www.batikmlati.com
    http://prosesbatik.blogspot.com

    mikelia

    96
    11.11.09

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  mikelia on Mon Jan 17, 2011 10:08 pm

    [quote="cantingjogja"]
    anak_dumai wrote:deterjen nya mahal ngk ya????

    Sabun khusus batik adalah sabun yang terbuat dari buah lerak.
    harga buah lerak per kg sekitar 20rb an. (dapet banyak banget)
    harga lerak yang sudah jadi sabun sekitar 16.000/30ml
    cara2nya sudah dikemukakan di atas, intinya jangan diperas dan jangan dijemur di matahari.
    INGAT! prosedur ini hanya untuk Batik Asli (yg dibuat pake lilin)
    kalau batik aspal alias sablonan, pake ri*so / sokl*n aja gpp, mau dikelantang di matahari jg gapapa.

    Semoga membantu

    nice info..aku pernah lihat di toko sabun lerak tapi mahal 30.000/30ml.tyt cuma 16.000 ya..jd aku gunakan shampo aja buat cuci batik.



    cantingjogja

    3
    17.01.11

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  cantingjogja on Fri Jan 21, 2011 2:06 pm

    [quote="mikelia"]
    cantingjogja wrote:
    anak_dumai wrote:deterjen nya mahal ngk ya????

    Sabun khusus batik adalah sabun yang terbuat dari buah lerak.
    harga buah lerak per kg sekitar 20rb an. (dapet banyak banget)
    harga lerak yang sudah jadi sabun sekitar 16.000/30ml
    cara2nya sudah dikemukakan di atas, intinya jangan diperas dan jangan dijemur di matahari.
    INGAT! prosedur ini hanya untuk Batik Asli (yg dibuat pake lilin)
    kalau batik aspal alias sablonan, pake ri*so / sokl*n aja gpp, mau dikelantang di matahari jg gapapa.

    Semoga membantu

    nice info..aku pernah lihat di toko sabun lerak tapi mahal 30.000/30ml.tyt cuma 16.000 ya..jd aku gunakan shampo aja buat cuci batik.



    sori ralat, 16ribu itu / 300ml .
    tergantung merek, kalo yang curah, di pasar cuma 16/500ml
    tapi kalo kepepet, pake sampo itu langkah yg paling tepat, kalo kata orang, batik itu pakaian orang kaya,belinya mahal, ngerawatnya mahal. hahahaha
    tapi emang kalo liat batik asli itu rasanya beda ama liat/pake tekstil2 biasa

    clara

    945
    23.01.09

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  clara on Fri Jan 21, 2011 11:48 pm

    nice info

    Sponsored content

    Re: 6 Cara Mencuci Batik Ala Edward Hutabarat

    Post  Sponsored content Today at 2:51 pm


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 2:51 pm