Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Latihan Kardio Mempermudah Tidur

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Latihan Kardio Mempermudah Tidur

    Post  via on Thu Oct 07, 2010 9:40 am

    Latihan Kardio Mempermudah Tidur



    Sebuah penelitian terbaru di Northwestern University, Chicago meneliti 23 orang yang mengalami insomnia. Kebanyakan dari mereka adalah wanita berusia 55 tahun ke atas.

    Para objek penelitian ini diminta untuk melakukan program latihan aerobik selama 16 minggu. Program ini juga memasukkan latihan kardio di atas treadmill atau stationery bicycle. Hasilnya, kualitas tidur mereka meningkat, seperti dikutip dari reuters.

    "Sebagian besar yang sulit tidur mengalami tidur yang lebih baik," ujar dr. Phyllis Zee kepala penelitian studi yang dibiayai oleh National Institute on Aging.

    Sebelumnya Zee juga sudah melakukan penelitian untuk mengatasi insomnia, yakni dengan latihan Tai Chi, namun hasilnya kurang memuaskan. Saat itu, objek penelitian diminta untuk melakukan aktivitas non-fisik seperti memasak atau mengunjungi museum.

    "Ini adalah pertama kalinya saya sadar di mana kita telah melihat manfaat olahraga aerobik sebagai modalitas pengobatan pada populasi dengan insomnia," tambah Zee.

    Menurutnya, ada banyak orang yang mengalami insomnia. Sekitar 25 persen populasi di dunia mengalami ini dan akan meningkat hingga 40 persen ketika orang-orang tersebut menua.

    Jika Anda termasuk salah satu dari mereka yang mengalami insomnia, Anda bisa mendengarkan pendapat dr. Shawn D. Youngstedt, seorang ahli olahraga dan tidur di University of South Carolina, Amerika Serikat. Menurutnya, satu jam olahraga jauh lebih baik dari pada tidur lebih lama.

    "Tidak ada bukti ilmiah bahwa orang butuh (tidur) delapan jam, tujuh (jam) cukup," jelas Shawn.

    "Sangat jelas bahwa olahraga memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini lebih baik daripada obat-obatan untuk diabetes, kesehatan mental, pencegahan kanker," tambah Shawn seraya mendeskripsikan pentingnya olahraga.

    Meskipun olahraga baik untuk mempermudah tidur Anda, namun Dr. William Roberts, American College of Sports Medicine, memperingatkan sebaiknya jangan berolahraga satu jam sebelum tidur. Menurutnya hal ini tidak baik untuk kesehatan seseorang.

    Ia menyarankan untuk berolahraga selama setengah jam hingga satu jam di siang hari dan tidur sesuai jadwal. Jika Anda hanya bisa berlatih di malam hari, maka usahakan untuk tidak tidur selama satu jam setelah olahraga, tujuannya untuk menenangkan diri sejenak.

    Selama menunggu jam tidur, Robert menyarankan untuk tidak bermain video game. Lakukan kegiatan lain yang bisa membuat Anda mengantuk.

    "Membaca buku di luar tempat tidur lalu pergi tidur. Hindari kafein dan stimulasi lain sebelum mengantuk," jelas Robert.

    Studi yang dilakukan Zee ternyata tidak hanya mempermudah seseorang untuk tidur. Sebagai bonus, mood Anda akan meningkat disertai dengan menurunnya gejala depresi dan meningkatkan vitalitas sehingga tidak mudah lelah.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 7:06 pm