Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Trik Melamar Kerja Via Email

    Share

    jakarta

    514
    23.04.10

    Trik Melamar Kerja Via Email

    Post  jakarta on Sat Oct 23, 2010 11:56 am

    Bagaimana Cara Melamar Online Via Email

    Melamar secara online tentu saja sedikit berbeda dengan melamar secara normal. ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata cara yang efektif melamar via email.

    1. Dalam mengirim lamaran via email, gunakan email pribadi anda, jangan menggunakan email kawan anda dalam melamar. Dimana Nama anda jelas tersebutkan disana lengkap dengan Gelarnya misal nama anda: ANDI GAYA, SE

    2. Subject atau Judul email, harus Jelas, misalkan lamaran yang anda tuju adalah posisi "Administrasi" maka cukup tulis judul emailnya "Administrasi" (sesuai dengan Posisi yang anda inginkan)

    3. Isi Lamaran, isi dari email anda cukup menjelaskan hal2 pokok dari lamaran anda misalkan:

    - Sumber berita lamaran
    - Nama anda
    - Umur
    - Jenis Kelamin
    - Pendidikan terakhir
    - Pengalaman kerja anda
    - Posisi yang anda lamar
    - Nomor telepon yang bisa dihubungi

    Jangan terlalu panjang dalam menulis lamaran anda, gunkaan kata2 yang sopan, yang penting jelas dan efektif, lamaran yang isinya panjang membuat bosan sang pembaca, dan menganggap anda sangat bertele-tele. Dan jika persyaratan posisi tersebut harus bisa bahasa Inggris walaupun pasif, Gunakan isi lamaran anda dalam bahasa Inggris juga. Ini akan memberi kesan bahwa anda tidak katrok-katrok amat.

    4. Jangan sampai anda men cc lamaran anda ke kawan2 anda yang lain atau cc ke email milis: tidak sopan

    5. Attachment: maksimal attachment anda usahakan ukuranya dibawah 100Kb sd 200Kb, saya pernah menerima email lamaran dengan attachment sampai dengan 12 Mb, attachment yang terlalu gemuk membuat pembaca malas membukanya. Kumpulkan semua file anda misal: Surat Lamaran, CV, Foto, Sertifikat dll, dalam 1 file dan usahakan formatnya adalah .doc (Gunakan Versi Ms Office yang umum dipakai saja misal versi 2003, pemakaian versi Ms Office 2007 mengakibtakan file anda tidak bisa dibuka oleh Versi yang lebih rendah)

    6. Jika anda melamar, Jangan sekali-kali membuat kontak dengan sang pembaca, baik melewati Yahoo Messenger ataupun mengemail dengan menayakan perkembangan Lamaran anda. Biarkan Pembaca email anda yang memutuskan, Kontak langsung dengan Pembaca akan menimbulkan persepsi bahwa anda orang yang tidak sabar.

    7. Ketika email sudah anda kirimkan, tunggulah dan pastikan hp dan telp anda aktif, ketika berdering cepatlah diangkat, jika terdapat miscall coba call balik, biasanya pemberi kerja ingin melihat keseriusan anda dalam berkerja, jika anda mengabaikan miscall berarti jangan harap anda akan di call kembali.

    8. Ketika anda dipanggil untuk interview, usahakan datang sebelum waktu yang di tetapkan, dan bawalah semua berkas lamaran anda seperti halnya anda melamar seperti normalnya.

    SEMOGA BERHASIL


    Trick Menulis dan Mengirim Surat Lamaran Kerja via EMAIL

    Saat ini sudah banyak perusahaan yang mengijinkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar.

    Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mengirimkan balasan surat lamaran berbentuk email tersebut ke para pelamarnya.

    Bagi calon karyawan, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah anda dapat mengkopi email lamaran anda sebelumnya dan menyesuaikannya.

    Isi surat lamaran di email, sama dengan isi surat lamaran biasa. Perbedaaannya hanya pada cara pengirimannya saja. Sehingga semua tips & trick menulis surat lamaran kerja (silakan klik) tetap perlu anda ikuti.

    Berikut ini tips dan trick menulis dan mengirimkan surat lamaran di email.

    1. Judul Email
    Judul email anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, anda dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".
    Catatan : Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

    2. Dimana Surat Lamaran Ditulis
    Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinational. Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

    3. Bagaimana dengan Resume
    Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

    4. Jenis File Attach yang Dikirim
    Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

    5. Ukuran/Bobot (Size) Email
    Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach (dilampirkan). Karena itu periksa besar file yang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar. Perkecil size-nya (bobot filenya) dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor

    6. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP
    Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

    7. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan
    Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB.
    Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda.
    Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

    8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email
    Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju
    Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan.

    Uji coba pengiriman email ini SANGAT DIPERLUKAN. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari Yahoo ke Gmail, atau sebaliknya.Jika anda hanya mempunyai satu alamat email, anda bisa membuat alamat email baru di Yahoo, Gmail, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.



      Waktu sekarang Thu Sep 29, 2016 3:28 pm