Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Manfaat Sentuhan

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Manfaat Sentuhan

    Post  clara on Tue Nov 09, 2010 1:13 pm

    Sejuta Manfaat Sentuhan



    Sentuhan memiliki kekuatan menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres.

    Sentuhan adalah aktivitas intim yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Tanpa sentuhan, seseorang akan jauh lebih rentan terhadap depresi, stres, mudah gelisah, kehilangan kepercayaan diri dan kehilangan motivasi.

    Sentuhan memiliki banyak makna. Bisa berarti sesuatu yang dapat memberikan rasa nyaman, terhibur, atau bahagia. Saling menyentuh secara rutin membuat endorfin mengalir, yang menciptakan kenikmatan dan ketenangan untuk membantu meredakan stres.
    Kenali lebih jauh manfaat sentuhan, seperti dikutip dari laman Modernmom.

    Perkembangan fisik yang baik
    Bayi yang baru lahir secara naluriah mendambakan sentuhan ibunya. Bayi memperoleh ketenangan saat kulitnya bertemu dengan kulit sang ibu. Sentuhan memiliki efek baik untuk bayi. Fisik bayi prematur akan berkembang lebih baik jika sering mendapatkan sentuhan.
    Menurut Alice Sterling Honig, PhD, pakar perkembangan anak di Syracuse University, mengatakan, bayi yang jarang mendapat sentuhan memiliki otak 20 persen lebih kecil dibanding bayi yang sering mendapatkan sentuhan orangtua.
    Selain itu, anak yang mendapatkan sentuhan kasih sayang sejak bayi akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri.

    Kenyamanan
    Ketika anak menginjak usia balita, mereka juga merespon sentuhan manusia dengan baik. Pijatan juga mampu membuat anak hiperaktif menjadi merasa lebih tenang. Kegelisahan mereka menjadi jauh lebih rendah. Sentuhan juga memiliki dampak positif pada anak yang mempunyai gangguan perilaku.

    Usir stres
    Sentuhan memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres. Aktivitas ini juga meningkatkan kadar oxytocin, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan efek menenangkan.

    Redam emosi
    Sentuhan manusia, terutama dari jenis non-seksual, memiliki efek menghibur dan menenteramkan serta membantu mengelola kecemasan. Itulah sebabnya mengapa perasaan menjadi lebih baik, ketika memeluk atau memegang tangan seseorang yang Anda sayangi.

    Jenis sentuhan non-seksual juga memainkan peranan penting dalam mempertahankan dan memperkuat ikatan dengan pasangan. Sentuhan non-seksual antara pasangan juga sering mencerminkan kenyamanan.

    Namun, bukan hanya menyentuh orang lain yang memiliki efek positif pada emosi seseorang. Efek sentuhan bahkan juga mampu mengekang kecanduan, seperti merokok atau konsumsi alkohol.

    Penyembuhan dan pemulihan
    Menurut American Hospital Association, sekitar 37 persen rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menawarkan pengobatan alternatif lewat terapi sentuhan. Terapi sentuhan dengan cara pijatan ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada wanita yang menderita kanker payudara. Sentuhan tidak hanya membantu menenangkan mereka, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan.


      Waktu sekarang Mon Sep 26, 2016 5:35 am