Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ukur Risiko Kanker Prostat Lewat Jari Manis

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Ukur Risiko Kanker Prostat Lewat Jari Manis

    Post  via on Fri Dec 03, 2010 6:05 am

    Ukur Risiko Kanker Prostat Lewat Jari Manis


    Benarkah memiliki jari manis lebih panjang daripada telunjuk, risikonya lebih tinggi?

    Kanker prostat merupakan penyakit menakutkan bagi kaum pria. Untuk itu, perlu deteksi dini sebelum kanker ini menyebar ke seluruh tubuh.

    Untuk mengetahui seberapa besar risiko pria terkena kanker ini, ternyata bisa dilihat melalui ukuran jari manis. Dari penelitian yang dilakukan pada pasien rumah sakit, diketahui kalau pria yang memiliki jari manis lebih panjang daripada telunjuk di tangan kanan, risikonya lebih tinggi terkena kanker prostat. Hal itu jika dibandingkan dengan pria yang memiliki panjang jari manis dan telunjuknya tidak terlalu jauh berbeda.

    Jari manis yang panjang diperkirakan sebagai tanda dari kadar hormon testosteron tinggi saat pria masih dalam kandungan. Penelitian sebelumnya telah menemukan kalau jari manis panjang berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesuburan.

    Lebih dari 30 ribu pria terdiagnosis kanker prostat setiap tahunnya. Hal ini bisa digambarkan dengan setiap satu jam, lebih dari satu orang pria terkena kanker prostat. Penelitian terbaru yang dilakukan di Gachon University Gil Hospital, Incheon, Korea Selatan, mencoba melihat 366 pria berusia lebih dari 40 tahun yang memeriksakan diri ke rumah sakit dengan masalah buang air kecil.

    Dari tes darah diketahui, pria yang jari manisnya lebih panjang dari jari telunjuk, memiliki dua kali kadar normal antigen spesifik prostat, yaitu zat kimia alami yang terkadang ditemukan pada level darah saat sel kanker muncul. Tetapi, menurut Ed Yong, kepala pusat informasi kesehatan, Cancer Research Inggris, bahwa hasil penelitian harus digunakan dengan hati-hati.

    “Rasio panjang jari telah dikaitkan dengan banyak hal. Jika keterkaitan itu disertai hanya dengan sedikit bukti, maka sebenarnya tidak berguna. Sebagai contoh, studi ini sangat kecil menemukan hubungan antara rasio panjang jari dan risiko kanker prostat, tetapi tidak memberitahu apa-apa tentang apakah rasio dapat digunakan untuk memprediksi risiko dengan tepat," kata Ed seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

    Namun, seberapapun panjang ukuran jari manis pria, tetap disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, yang salah satunya untuk mendeteksi kanker prostat. Lebih baik mencegah, daripada mengobati, bukan?



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 9:41 pm