Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Yesterday at 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Awas, Stres Bisa Bikin Orang Lupa

    Share

    flade

    935
    23.09.09

    Awas, Stres Bisa Bikin Orang Lupa

    Post  flade on Sat Dec 04, 2010 7:46 am

    Stres Bisa Bikin Orang Lupa


    Ketika seseorang sedang sangat sibuk atau stres akibat kerjaan yang menumpuk, terkadang ia menjadi lupa hal-hal tertentu atau tidak bisa menjawab pertanyaan orang lain. Kenapa stres bisa membuat seseorang menjadi pelupa?

    Salah satu fakta yang ada adalah stres bisa menghambat kemampuan otak untuk belajar sesuatu hal yang baru atau mengingat hal-hal yang lama.

    Ketika seseorang berusaha keras untuk mengingatnya, maka ia akan semakin tidak bisa mengingat. Jadi kalau seseorang kadang merasa 'blank' saat sedang stres itu adalah sesuatu yang normal.

    Hal lain yang sering terjadi adalah jika seseorang sudah menyerah untuk memikirkannya atau kondisinya kembali rileks, maka hal yang ingin diingat itu bisa tiba-tiba muncul di dalam pikiran.

    Seperti dikutip dari Health.com, Kamis (2/12/2010) ketika seseorang sedang sibuk atau stres, maka otak berusaha keras untuk fokus melakukan hal-hal tersebut. Kondisi ini membuat akses ke memori lainnya menjadi terhambat, sehingga seseorang menjadi lupa.

    Selama seseorang stres, maka tubuh akan merespons dengan melepaskan hormon yang dapat memicu perubahan fisik serta otot jantung yang berdetak lebih kencang dan tegang. Jika sangat tertekan seseorang kadang bisa menjadi berkeringat, meskipun suhu disekitarnya tidak panas.

    Hormon yang dilepaskan ke dalam aliran darah selama stres juga mempengaruhi otak dan kemampuan seseorang untuk berpikir atau mengingat sesuatu. Kondisi ini membuat seseorang lupa mengingat hal-hal yang rinci atau hal-hal sederhana sekalipun, seperti nama teman disampingnya atau apa yang akan dilakukannya.

    Paparan stres yang terus menerus bisa menyebabkan kerusakan di daerah otak hippocampus, padahal hippocampus adalah struktur otak penting yang berhubungan dengan memori deklaratif dan juga fakta.

    Untuk itu jika sudah merasa stres, cobalah sedikit rileks dengan melakukan peregangan, berjalan-jalan sebentar, minum air putih atau melakukan teknik relaksasi seperti memejamkan mata, teknik bernapas dan juga duduk santai sambil bersandar.

    Jangan juga sering-sering stres karena akan makin besar pelupanya.

      Waktu sekarang Wed Sep 28, 2016 10:29 am