Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Share

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sun Mar 08, 2009 11:32 pm

    NPWP Karyawan Tak Valid

    WRITTEN BY REDAKSI WEB Harian Global
    wednesday, 07 january 2009 02:52

    Sejak 1 Januari 2009, pemerintah membebaskan wajib pajak yang memiliki Nomor Pokok
    Wajib Pajak (NPWP) dari kewajiban membayar fiskal. Namun itu hanya untuk NPWP pribadi.
    NPWP yang diberikan perusahaan untuk karyawannya tetap diwajibkan membayar fiskal. Kebijakan ini menuai komplain dari sejumlah penumpang yang hendak bepergian ke luar negeri.

    Seperti yang dialami salah seorang karyawan swasta di Medan bernama Hendri (38th) saat ditemui di Bandara Polonia Medan, Selasa kemarin.Hendri sebelumnya yakin, NPWP yang dimilikinya dapat digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Namun hasil pemeriksaan petugas di bandara NPWP miliknya dinyatakan tidak valid, dan dia tetap diwajibkan membayar fiskal.

    "Saya kaget NPWP yang diberikan perusahaan dinyatakan tidak berlaku dan tetap diminta Rp 2,5 juta," ungkap Hendri.
    Menurutnya, jika tidak mau membayar fiskal sebesar Rp 2,5 juta, ia harus membuat surat pengajuan pembuatan NPWP pribadi kembali.

    "Saya sebenarnya masih heran, kenapa NPWP dari perusahaan saya tidak bisa digunakan. Padahal kan sama saja. Toh saya bayar pajak juga. Kalau pun tetap dikenakan fiskal, harusnya dari awal disosialisasi, jadi tidak membingungkan," ujar Hendri.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Penyidikan (Kabid P2) Humas Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumut I, Jahotman Saragih membenarkan NPWP karyawan tidak valid untuk mendapatkan bebas fiskal. hal ini.
    Menurutnya, NPWP yang diuruskan sebuah perusahaan untuk pegawainya hanya berlaku untuk pajak penghasilan (Pph) dari hasil gaji yang diterima oleh pegawai tersebut. "Kebijakan ini sebenarnya diterapkan untuk mendesak masyarakat untuk perduli membayar pajak. Toh,
    pajak ini juga merupakan elemen pembangunan juga. Saya harap semua elemen masyarakat memperhatikan peraturan NPWP ini," jelasnya Selasa kemarin.

    Menurut Jahotman, antusiasme masyarakat Sumut untuk mengurus NPWP dan membayar pajak tahunannya demikian tinggi. Dia yakin, mulai Februari 2009 separuh dari masyarakat Sumut sudah mempunyai NPWP karena kebijakan pemerintah yang mewajibkan warganya memiliki NPWP akan berdampak positif bagi negara.

    "Coba lihat, hampir di setiap kantor pajak di Kota Medan selalu penuh oleh masyarakat. Mulai
    dari yang mengambil SPT ( Surat Pajak Tahunan) ataupun yang ingin mengurus NPWP,"
    ujarnya.
    Kewajiban membayar fiskal ke luar negeri bagi yang tidak memiliki NPWP mulai berlaku 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010. Untuk mendapatkan bebas fiskal, wajib pajak diwajibkan menyerahkan fotokopi kartu NPWP/surat keterangan terdaftar (SKT)/surat
    keterangan terdaftar sementara (SKTS),fotokopi paspor, serta boarding pass ke petugas unit pelaksana fiskal luar negeri.

    Jika kartu NPWP dimiliki oleh Kepala Keluarga, maka anggota keluarga yang akan berangkat ke luar negeri harus menyertakan fotokopi kartu keluarga.

    Berdasarkan data-data tersebut,
    aplikasi yang tersedia. Bila NPWP dinyatakan valid, maka petugas akan menempelkan stiker
    Bebas Fiskal pada bagian belakang boarding pass yang ditujukan untuk penumpang.
    Penumpang juga tetap diwajibkan membayar fiskal jika tidak dapat menyerahkan fotokopi
    kartu NPWP/SKT/SKTS. Bagi anggota keluarga juga bisa dikenakan kewajiban serupa jika tidak
    bisa melampirkan kartu keluarga atau tetap menampilkan kartu keluarga, tetapi nama
    penumpang tidak tercantum dalam susunan kartu tersebut.
    Yang bebas otomatis adalah wajib pajak yang berusia kurang dari 21 tahun, orang asing yang
    berada di Indonesia kurang dari 183 hari dalam 12 bulan, pejabat perwakilan diplomatik,
    pejabat perwakilan organisasi internasional, WNI yang memiliki dokumen penduduk negara
    lain (termasuk pelajar/mahasiswa yang belajar di LN dengan menunjukkan identitas seperti
    kartu pelajar), jemaah haji, pelintas batas jalan darat, dan TKI dengan kartu tenaga kerja luar
    negeri (KTKLN).
    Sementara yang bebas dengan fiskal adalah mahasiswa dengan rekomendasi perguruan
    tinggi, orang asing yang melakukan penelitian, TKA di 3 Pulau (Batam, Bintan, Karimun),
    penyandang cacat atau orang sakit yang akan berobat keluar negeri atas biaya orsos termasuk seorang pendamping, anggota misi kesenian (budaya, olahraga, agama), program
    pertukaran mahasiswa/pelajar, dan TKI selain dengan KTKLN.
    REZA | GLOBAL | MEDAN
    -------------------------------------------------------

    Ada yang udh pernah coba belum, mohon info-nya Smile

    nindy

    275
    Age : 36
    Lokasi : Grage
    02.03.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  nindy on Mon Mar 09, 2009 5:27 am

    Mbak veve mangnya mau jalan2 keluar negri yah?

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Mon Mar 09, 2009 8:34 am

    nindy wrote:Mbak veve mangnya mau jalan2 keluar negri yah?

    belum ada rencana nin... (pdhl udh bikin pasport sblm merit... spy bisa honeymoon, tp belum terwujud Sad

    Memang sih setiap warga negara berhak dan wajib mempunyai NPWP (NPWP = identitas diri). Biasanya masyarakat kita mesti diiming2i sesuatu dulu baru bisa bergerak (hehehe termasuk aku). Dengan keuntungan bebas fiskal bagi yg ingin bepergian ke luar negeri dan %tase PPh 21 yg lebih rendah daripada yg tidak memiliki NPWP, maka masyarakat berbondong2 mendaftarkan diri untuk membuat NPWP.

    Nah ada yg udh ngalamin belum, bepergian ke LN tanpa bayar fiskal ? Mohon informasinya.

    hercules
    Admiral

    667
    Age : 45
    Lokasi : Palembang
    23.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  hercules on Mon Mar 09, 2009 4:06 pm

    veve wrote:
    nindy wrote:Mbak veve mangnya mau jalan2 keluar negri yah?

    belum ada rencana nin... (pdhl udh bikin pasport sblm merit... spy bisa honeymoon, tp belum terwujud Sad

    Memang sih setiap warga negara berhak dan wajib

    Klien ku p mempunyai NPWP (NPWP = identitas diri). Biasanya masyarakat kita mesti diiming2i sesuatu dulu baru bisa bergerak (hehehe termasuk aku). Dengan keuntungan bebas fiskal bagi yg ingin bepergian ke luar negeri dan %tase PPh 21 yg lebih rendah daripada yg tidak memiliki NPWP, maka masyarakat berbondong2 mendaftarkan diri untuk membuat NPWP.

    Nah ada yg udh ngalamin belum, bepergian ke LN tanpa bayar fiskal ? Mohon informasinya.

    Klienku pernah nganter anaknya brangkat ke australi pake kartu pajak toko & pribadi,memang hanya menunjukkan kartu tsb gratis fiskal.
    aku sih ga pernah kemana - mana,si adik ku yg sewot melulu,tiap nelp ngajak ke malay melulu karena sayang ama sunset policy & karena sering dpt harga murah pesawat Airasia.
    Aku sih ogah2an,
    I dont like travelling
    I Luv money
    karena aku msh belum cukup.

    smile
    Skin Care Club

    264
    Age : 36
    Lokasi : Jawa Barat
    18.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  smile on Sat Mar 28, 2009 8:41 am

    NPWP????
    bebas fiskal?????
    :sleep:

    TORPEDO
    Moderator Entertainment

    1831
    Age : 42
    Lokasi : Bekasi
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  TORPEDO on Sat Mar 28, 2009 11:17 am

    wah... kalo kayak gini pemerintah gak fair nih...

    mamacute
    Temporary Non Active

    745
    Age : 39
    Lokasi : Cirebon
    14.02.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  mamacute on Sat Mar 28, 2009 11:25 am

    Kalo gak punya NPWP kaya aku gimana?

    Kalo mau bikin paspor biayanya kira2 berapa yah?

    Trus berapa hari jadinya?

    Susah gak?

    Syaratnya apa aja yah?

    Thank b4..
    Soale hubby suruh mama buat dari dulu tapi males mulu Sad

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sat Mar 28, 2009 12:08 pm


    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sat Mar 28, 2009 12:12 pm

    Ya...sayang kepotong deh...

    oh ya itu aku dapet dari forum sebelah.

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sat Mar 28, 2009 12:22 pm

    mamacute wrote:Kalo gak punya NPWP kaya aku gimana?

    Kalo mau bikin paspor biayanya kira2 berapa yah?

    Trus berapa hari jadinya?

    Susah gak?

    Syaratnya apa aja yah?

    Thank b4..
    Soale hubby suruh mama buat dari dulu tapi males mulu Sad

    Kayaknya sis gak perlu buat NPWP deh.. tinggal tunjukin NPWP suami.

    Dulu aku bikin pasport suruh calo abiz 750 - 1jt deh kalo gak salah, tapi itu berdua sama misua... tinggal dateng buat "jepret" foto doang dan di inteview (formalitas aja). Tapi kalo yg pribumi biasanya lebih murah. Paling lama juga 1 minggu.

    Syaratnya :
    KTP
    Akte Kelahiran
    Ijazah terakhir
    K1 & SKBRI(bagi penduduk Jakarta yg WNI Keturunan China)
    Kartu Keluarga

    Banyak kok sis calo2 utk buat pasport gitu..
    Mahal dikit tapi gak repot.. :fann2:

    Belldandy
    Moderator Umum

    1395
    Age : 33
    Lokasi : Pontianak
    19.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  Belldandy on Sat Mar 28, 2009 1:30 pm

    Pengacara (pengangguran ngak ada acara) sejati kaya kita2 ini yg IRT perlu ngak sih bikin NPWP???
    bingun jg nih... iparku desak aku bikin NPWP terus.. pdhl kan ngak ada pemasukan...
    Katanya bisa lapor nihil.. dan ngak bayar... iya ngak sih?

    TORPEDO
    Moderator Entertainment

    1831
    Age : 42
    Lokasi : Bekasi
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  TORPEDO on Sat Mar 28, 2009 1:49 pm

    Belldandy wrote:Pengacara (pengangguran ngak ada acara) sejati kaya kita2 ini yg IRT perlu ngak sih bikin NPWP???
    bingun jg nih... iparku desak aku bikin NPWP terus.. pdhl kan ngak ada pemasukan...
    Katanya bisa lapor nihil.. dan ngak bayar... iya ngak sih?
    ibu RT gak perlu bikin kok bell... kan udah otomatis ngikut suami.
    kecuali ibu2 pekerja, itupun harta dan hutang dipisahkan dari suami.

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sat Mar 28, 2009 2:14 pm

    TORPEDO wrote:
    Belldandy wrote:Pengacara (pengangguran ngak ada acara) sejati kaya kita2 ini yg IRT perlu ngak sih bikin NPWP???
    bingun jg nih... iparku desak aku bikin NPWP terus.. pdhl kan ngak ada pemasukan...
    Katanya bisa lapor nihil.. dan ngak bayar... iya ngak sih?
    ibu RT gak perlu bikin kok bell... kan udah otomatis ngikut suami.
    kecuali ibu2 pekerja, itupun harta dan hutang dipisahkan dari suami.

    NPWP adalah nomor yang diberikan kpd WP sbg sarana dlm administrasi perpajakan yang dipergunakan sbg tanda pengenal diri atau identitas WP dlm melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

    Salah satu syarat penghapusan dan pencabutan NPWP:

    - Wanita kawin tidak dengan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan disyaratkan adanya surat nikah/akte perkawinan dari catatan sipil;

    Jadi Bell... selama kamu tidak mempunyai penghasilan sendiri selain dari penghasilan suami, ya tidak perlu buat NPWP.

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sat Mar 28, 2009 2:19 pm

    Belldandy wrote: bingun jg nih... iparku desak aku bikin NPWP terus.. pdhl kan ngak ada pemasukan...
    Katanya bisa lapor nihil.. dan ngak bayar... iya ngak sih?

    Kalo mau bikin juga gpp kok sis... ada gunanya juga bila suatu saat sis mau buka usaha sendiri. Emang sih agak "sedikit repot"nantinya karena sis harus lapor setiap tahun meskipun nihil penghasilan.

    Dan bila sis mau beli rumah/mobil secara tunai atas nama sis pribadi... kayaknya sis mesti punya NPWP.

    Oh ya... kalo kita sudah punya NPWP, kita harus melaporkan harta kekayaan kita, seperti mobil, rumah...

    hercules
    Admiral

    667
    Age : 45
    Lokasi : Palembang
    23.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  hercules on Sun Mar 29, 2009 1:10 am

    veve wrote:
    Belldandy wrote: bingun jg nih... iparku desak aku bikin NPWP terus.. pdhl kan ngak ada pemasukan...
    Katanya bisa lapor nihil.. dan ngak bayar... iya ngak sih?

    Kalo mau bikin juga gpp kok sis... ada gunanya juga bila suatu saat sis mau buka usaha sendiri. Emang sih agak "sedikit repot"nantinya karena sis harus lapor setiap tahun meskipun nihil penghasilan.

    Dan bila sis mau beli rumah/mobil secara tunai atas nama sis pribadi... kayaknya sis mesti punya NPWP.

    Oh ya... kalo kita sudah punya NPWP, kita harus melaporkan harta kekayaan kita, seperti mobil, rumah...

    Oh gitu
    Ga lapor langgar hukum ga ya ??
    Limit waktunya khan telah habis sekarang,jadi gimana tuh ??

    veve
    Admiral

    581
    Age : 42
    Lokasi : Jakarta
    20.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  veve on Sun Mar 29, 2009 2:37 am

    hercules wrote:Oh gitu
    Ga lapor langgar hukum ga ya ??
    Limit waktunya khan telah habis sekarang,jadi gimana tuh ??

    gak lapor apa nih maksute ? gak lapor pajak atau kekayaannya?

    hercules
    Admiral

    667
    Age : 45
    Lokasi : Palembang
    23.01.09

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  hercules on Sun Mar 29, 2009 10:20 am

    Dua2nya

    Sponsored content

    Re: NPWP Karyawan Tidak Berlaku Bebas Fiskal

    Post  Sponsored content Today at 12:57 am


      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 12:57 am