Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» 'Game Mode' di Windows 10 Bisa Bikin PC Ngebut
Mon Jan 16, 2017 1:24 pm by via

» 10 Rumus Kehidupan Ini Akan Buatmu Lebih Bijaksana dan Bahagia
Mon Jan 16, 2017 1:18 pm by via

» Korowai Tribe
Tue Jan 10, 2017 1:25 pm by via

» Cinta "Terlarang" Bung Karno dan Penari Istana
Tue Jan 10, 2017 1:02 pm by via

» 7 Rahasia Wanita yang Tidak Akan Diceritakan ke Pasangannya
Tue Jan 10, 2017 12:44 pm by via

» Ini Shampo Untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal
Tue Jan 10, 2017 12:30 pm by lanang

» Sejarah Koteka
Tue Jan 10, 2017 12:23 pm by lanang

» Saat Fantastic Beasts Bertemu Harry Potter di Dunia Anime
Tue Jan 10, 2017 12:15 pm by lanang

» Modifikasi Knalpot Motor Untuk Performa Terbaik
Tue Jan 10, 2017 12:01 pm by flade

IKLAN ANDA


    Kenapa Payudara Membengkak Jelang Menstruasi?

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Kenapa Payudara Membengkak Jelang Menstruasi?

    Post  clara on Tue Feb 08, 2011 7:29 am

    Kenapa Payudara Membengkak Jelang Menstruasi?


    Beberapa keluhan kadang muncul menjelang menstruasi datang, salah satunya adalah payudara yang terasa membesar. Kenapa payudara membengkak saat PMS (Pre Menstrual Syndrome)?

    Selama fase sebelum menstruasi (PMS) seorang perempuan memiliki tingkat hormon progesteron dan prolaktin yang lebih tinggi dari biasanya. Kedua hormon ini bisa menyebabkan jaringan payudara membengkak dan kelenjar susu akan meningkatkan ukurannya.

    Peningkatan ukuran payudara ini juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang menahan air selama periode premenstruasi. Gabungan kedua kondisi inilah yang membuat payudara seseorang sedikit membesar saat menjelang menstruasi, seperti dikutip dari CNN.

    Perubahan dalam ukuran payudara bervariasi dari satu perempuan dengan yang lain, dan kadang ukurannya juga tidak selalu sama setiap bulannya. Beberapa perempuan mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan dalam ukuran payudaranya, sementara yang lain terlihat jelas perbedaan ukurannya setiap bulan.

    Seminggu atau lebih sebelum seseorang mendapatkan menstruasi tubuh sudah mulai memproduksi banyak estrogen dan progesteron serta mempertahankan air. Umumnya tidak hanya payudara yang terasa membesar, sepatu, cincin atau celana ketat mungkin juga terasa sempit akibat pembengkakan yang terjadi di tubuh.

    Semua cairan memaksa jaringan termasuk yang ada di payudara untuk memperluas dan meregangkan saraf, kondisi ini pula yang membuat payudara terasa nyeri atau sakit saat menjelang menstruasi.

    Meskipun kondisi ini tidak bisa dihentikan karena bersifat hormonal, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar payudara tidak terlalu menonjol atau membesar yaitu dengan membatasi asupan garam atau makanan yang asin seperti makanan cepat saji serta menggunakan bra pendukung seperti bra olahraga.

    Jika perubahan terjadi secara drastis yang membuat seseorang menjadi stres atau malu untuk keluar rumah, maka bicaralah dengan dokter untuk membantu mengatur fluktuasi hormonal.


      Waktu sekarang Thu Jan 19, 2017 7:56 pm