Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Penyebab Minyak Berlebih di Rambut

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Penyebab Minyak Berlebih di Rambut

    Post  flade on Fri Mar 04, 2011 10:08 am

    Penyebab Minyak Berlebih di Rambut


    Beberapa orang memiliki jenis rambut yang sangat berminyak sehingga membuat rambutnya tampak lepek atau tidak bersinar. Sebenarnya apa penyebab minyak berlebih di rambut?

    Rambut berminyak akan terlihat seperti menggumpal dan kotor, bahkan ketika seseorang baru saja dikeramas. Selain itu rambut berminyak juga kadang ditemui ketika seseorang tidak mencuci rambutnya dalam jangka waktu lama atau lebih dari 3 hari.

    Sebenarnya di dalam folikel (kantung) rambut terdapat akar dan juga kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum (minyak yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan berkilap). Tapi pada beberapa orang tertentu kadar minyaknya lebih tinggi atau berlebihan dibanding orang lain.

    Rambut berminyak tidak hanya membuat penampilan tak sedap dipandang, tapi juga mengakibatkan masalah lain seperti ketombe, jerawat di kulit kepala serta rambut rontok. Jika memiliki poni, maka bisa menyebabkan atau memperburuk jerawat yang ada di dahi

    Seperti dikutip dari Livestrong, penyebab rambut berminyak adalah akibat kelenjar sebaceous yang terlalu aktif sehingga membuat kadar minyak di rambut menjadi berlebihan.

    Beberapa hal diketahui bisa mempengaruhi keaktifan kelenjar ini dalam mengeluarkan sebum, yaitu:

    Perubahan hormon
    Perubahan hormon yang terjadi ketika seseorang mengalami pubertas, menopause, stres atau mengonsumsi obat hormon (misalnya kontrasepsi oral) akan membuat rambut menjadi lebih berminyak. Selama pubertas, hormon di dalam tubuh bergejolak termasuk androgen, hormon ini berfungsi mengendalikan kelenjar sebaceous yang membuat rambut seseorang lebih berminyak. Rambut berminyak akibat perubahan hormon biasanya hanya bersifat sementara.

    Genetik
    Beberapa orang cenderung memiliki rambut dan kulit yang berminyak secara genetiknya. Kondisi ini akan membuat seseorang memiliki rambut yang lebih berminyak dibanding orang lain sepanjang hidupnya.

    Lingkungan
    Faktor lingkungan seperti udara panas atau kelembaban akan membuat rambut lebih berminyak. Selain itu faktor luar lain seperti keringat, asap dan bahkan make up yang berlebihan akan membuat rambut berminyak tampak lebih berminyak. Serta penggunaan produk yang tidak dirancang untuk jenis rambut berminyak cenderung akan menambah masalah.

    Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut agar tidak berminyak, yaitu:

    • Pilihlah shampo yang cocok dan memang dirancang untuk rambut berminyak, serta keramaslah setiap hari. Shampo yang mengandung deterjen akan membantu mengendalikan kulit kepala yang berminyak. Saat keramas pijatlah kulit kepala secara lembut dan biarkan shampo selama beberapa menit sebelum dibilas, lalu mengulanginya lagi.

    • Jika ingin menggunakan kondisioner, pilihlah yang bebas minyak dan cukup digunakan di ujung rambut tanpa menyentuh kulit kepala.

    • Usahakan untuk tidak terlalu sering menyisir dan cobalah untuk tidak menyisir hingga ke kulit kepala sehingga tidak merangsang produksi minyak berlebih.

    • Setelah mencuci rambut, bilas sekali dengan menggunakan campuran asam yang dibuat dari segelas air yang ditambahkan satu sendok cuka atau jus lemon.

    • Jika usaha ini tidak juga berhasil, konsultasikan dengan dokter kulit untuk membantu mengatasi minyak berlebih sehingga bisa membuat rambut berkilau.



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 9:39 pm