Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Yesterday at 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA

Paid2YouTube.com

    Masak Semur Lezat, Ini Rahasianya

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Masak Semur Lezat, Ini Rahasianya

    Post  via on Fri Mar 04, 2011 11:51 am

    Masak Semur Lezat, Ini Rahasianya


    Semur. Siapa yang tak mengenalnya? Makanan khas Indonesia ini hampir dapat ditemukan di seluruh pelosok Tanah Air, walau masing-masing daerah punya ciri khas.

    Masakan ini terinspirasi dari cara memasak orang Eropa, tepatnya orang Belanda. Mereka masak dengan memakai banyak bawang dan tomat. Dan memasaknya butuh waktu yang relatif lama. Itu dimaksudkan supaya dagingnya lebih lembut saat dinikmati di meja makan.

    Dan jangan salah, semur bukanlah daging yang diberi kuah kecap, melainkan sebuah sebutan untuk kuah hasil endapan memasak. Sedangkan untuk bahan-bahannya dapat digunakan daging, ikan, telur, ayam, bahkan sayur-sayuran.

    Nah, untuk mendapatkan cita rasa masakan semur yang sesuai selera dan nikmat, ada beberapa teknik yang harus dilakukan, kata Chef Ragil Imam Wibowo, saat menghadiri diskusi bertajuk Semur, Turun Temurun Menghangatkan Hati Keluarga Indonesia, di Warung Daun, Jakarta.

    Bagaimana cara memasak semur yang benar?

    Untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai gunakanlah selalu bahan-bahan yang segar. Tidak hanya memengaruhi rasa, kesegaran bahan-bahan makanan akan sangat memengaruhi tampilan pada masakan dan bahkan kesehatan Anda.

    Pastikan keseimbangan komposisi bahan-bahan yang digunakan. Jika Anda menggunakan bawang merah lima siung, gunakanlah bawang putih tiga siung. Harus ada perbedaan antara penggunaan kedua bawang tersebut agar tidak memunculkan bau tidak sedap pada masakan.

    Semur selalu identik dengan penggunaan kecap manis. Karena itulah, jangan lupa menggunakan kecap manis dengan rasa yang kuat, namun ketika dimasak rasanya dapat mudah menyatu dengan bahan-bahan yang lainnya.

    Jika Anda berencana membuat semur, Anda pun tidak akan pernah terlepas dari penggunaan bawang merah, bawang putih, kecap, pala, dan cengkeh.

    Bahan-bahan tersebut merupakan bahan-bahan yang wajib digunakan untuk memasak semur.

    Sebagai bahan penyegar rasa, gunakanlah acid agent seperti tomat, cuka, atau belimbing buluh. Penggunaan bahan-bahan yang bersifat asam ini dapat disesuaikan dengan selera. Biasanya jika menggunakan bahan utama seafood, Anda akan menginginkan cita rasa semur yang lebih segar sehingga dapat digunakan belimbing buluh sebagai acid agent.

    Perhatikan pula durasi memasak sesuai dengan bahan utama yang digunakan. Jika Anda menggunakan daging yang berasal dari paha, masaklah selama 4 jam. Jika menggunakan daging khas dalam atau luar, Anda dapat memasaknya selama satu jam karena daging khas lebih cepat empuk dibanding daging bagian lainnya. Karena jenis daging ini lebih mudah empuk, Anda harus memasak kuahnya terlebih dahulu kemudian memasukkan daging tersebut. Jika Anda menggunakan bahan-bahan yang lebih cepat empuk, jangan memasaknya terlalu lama.

    Menurut Chef Ragil, cita rasa semur akan lebih enak jika Anda mengendapkannya selama satu hari. Hal ini dikarenakan endapannya yang lebih kental akan membuat rasa bahan-bahan yang digunakan lebih menyatu dan lebih nikmat.

    Chef Ragil pun membocorkan satu resep semur yang sering ia buat untuk keluarganya. "Coba memasak semur pakai daging iga atau daging buntut sapi. Teksturnya yang berbaur dengan lemak dekat tulang, waktu dimakan akan lumer di mulut," ujarnya.


      Waktu sekarang Sun Sep 25, 2016 10:45 am