Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Khasiat Sereh Wangi
Today at 5:37 pm by flade

» Pria Ini Menghasilkan 38 Juta Per Hari Sambil Jalan-jalan Keliling Dunia!
Fri Jan 20, 2017 11:19 am by jakarta

» 'Game Mode' di Windows 10 Bisa Bikin PC Ngebut
Mon Jan 16, 2017 1:24 pm by via

» 10 Rumus Kehidupan Ini Akan Buatmu Lebih Bijaksana dan Bahagia
Mon Jan 16, 2017 1:18 pm by via

» Korowai Tribe
Tue Jan 10, 2017 1:25 pm by via

» Cinta "Terlarang" Bung Karno dan Penari Istana
Tue Jan 10, 2017 1:02 pm by via

» 7 Rahasia Wanita yang Tidak Akan Diceritakan ke Pasangannya
Tue Jan 10, 2017 12:44 pm by via

» Ini Shampo Untuk Mengatasi Kulit Kepala Gatal
Tue Jan 10, 2017 12:30 pm by lanang

» Sejarah Koteka
Tue Jan 10, 2017 12:23 pm by lanang

IKLAN ANDA


    Pentingnya Cairan Tubuh dan Tips Mencukupinya

    Share

    kuning

    557
    07.10.09

    Pentingnya Cairan Tubuh dan Tips Mencukupinya

    Post  kuning on Sun Mar 13, 2011 1:39 am

    Pentingnya Cairan Tubuh dan Tips Mencukupinya


    Salah satu peranan cairan tubuh adalah mengatur suhu tubuh sekaligus sebagai alat transportasi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa berakibat terhambatnya seluruh kerja organ dalam tubuh manusia.

    Cairan tubuh manusia terdiri dari air dan ion, sehingga saat kehilangan cairan tubuh, bukan hanya air yang hilang tapi juga ion. Ion memiliki peranan penting dalam mencegah kelelahan pada otot. Salah satu penyebab kelelahan otot adalah terhambatnya glikolisis atau pemecahan glikogen menjadi tenaga.

    Seharusnya asam laktat dapat digunakan sebagai cadangan tenaga, namun karena tubuh kurang cairan, proses perubahan itu menjadi terganggu. Sehingga timbul gejala tubuh lemas dan kelelahan.

    Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kecukupan cairan tubuh? Dalam acara pengumuman pemenang Ionopolis di Grand Indonesia, Jakarta, belum lama ini, brand minuman Pocari Sweat membagikan tips agar cairan tubuh tetap terjaga.

    1. Jalankan gaya hidup sehat. Bisa dilakukan dengan menjaga keseimbangan antara makan, minum, istirahat, olahraga dan bekerja. Masing-masing harus seimbang, tidak kurang atau berlebihan.

    2. Terapkan metode latihan Frequency Intensity Time Type (FITT). FITT merupakan kombinasi antara frekuensi, intensitas, waktu dan jenis olahraga. Frekuensi berkaitan dengan cara menentukan seberapa sering kita berolahraga setiap minggunya. Beri jeda waktu istirahat setelah olahraga agar tubuh tidak 'over-exercised'. Misalnya saja, beri kesempatan tubuh untuk istirahat satu atau dua hari seminggu dan jangan berolahraga terlalu keras.

    Intensitas adalah seberapa keras tubuh beraktivitas saat olahraga. Sesuaikan dengan kondisi tubuh, jika latihan terlalu keras, bisa menyebabkan cidera atau otot tegang.

    Time cara kita menentukan berapa lama waktu yang dihabiskan setiap sesi olahraga, juga harus disesuaikan sesuai kemampuan tubuh. Penentuan waktu bisa bervariasi, berdasarkan intensitas dan jenis olahraga.

    Type, adalah jenis olahraga yang dipilih. Jenis olahraga yang Anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan, kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh.

    3. Cukupi asupan cairan tubuh. Anda bisa mencukupinya dengan minum delapan gelas air sehari, mengonsumsi sayur serta buah yang tinggi kandungan air dan serat (serat berfungsi mengikat cairan) atau minum cairan isotonik bila diperlukan.




      Waktu sekarang Tue Jan 24, 2017 6:09 pm