Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Takaran Ideal Konsumsi Air Ibu Hamil

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Takaran Ideal Konsumsi Air Ibu Hamil

    Post  via on Sat Mar 19, 2011 12:11 am

    Takaran Ideal Konsumsi Air Ibu Hamil


    Konsumsi air yang cukup penting untuk kesehatan. Tingkat kecukupan ini bervariasi sesuai kondisi tubuh dan aktivitasnya. Pada wanita hamil dan menyususi, kebutuhan konsumsi air tak sama dengan orang pada umumnya.

    Di masa kehamilan, khususnya pada trimester tiga, wanita membutuhkan konsumsi cairan lebih banyak. Terutama bila mengalami gangguan berkemih, yang terjadi akibat tekanan pada kandung kemih akibat uterus yang membesar.

    Saat menyusui, asupan air tambahan juga sangat dibutuhkan. Apalagi saat merasa haus akibat frekuensi menyusui yang terlalu sering, atau bila produksi keringat meningkat akibat perubahan hormonal selama menyusui.

    “Pada dasarnya, wanita hamil dan menyusui memerlukan asupan cairan tambahan untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan,” kata Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi, FKUI-RSCM, Dr Budi Iman Santoso Sp.OG (K), saat acara Hydration and Health di Hotel Sahid, Jakarta dan di kutip vivanews.

    Menurutnya, konsumsi air pada wanita hamil tak hanya untuk menghidrasi tubuh, tapi juga mempertahankan jumlah cairan ketuban, mengatasi konstipasi, mencegah mual, membuat kulit tetap cantik, mencegah darah tinggi, memperlancar proses persalinan, dan mencegah gangguan pada janin.

    “Secara umum kebutuhan air selama masa kehamilan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin, produksi cairan amnion, dan volume darah yang meningkat. Bahkan saat trimester ketiga, biasanya wanita sering mengalami keluarnya urin tanpa bisa ditahan, untuk itu, wanita hamil butuh cairan tambahan,” ujarnya.

    Takaran konsumsi air pada ibu hamil tergantung aktivitasnya. Namun, dianjurkan mengonsumsi air sedikitnya 10 gelas per hari. Satu gelas sekitar 250 cc.

    Sementara pada wanita menyusui, karena adanya kewajiban baru untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, maka asupan air pun harus lebih banyak. Ibu menyusui setidaknya mengonsumsi air 3,1 liter setiap hari. "Mereka perlu didorong mendapatkan air minum cukup. Saran umumnya, minum segelas air setiap kali makan dan setiap kali menyusui."

    Perlu diingat, cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak harus berasal dari air putih, tapi juga makanan mengandung air. Makanan yang dikonsumsi umumnya mengandung 20 persen dari seluruh asupan air tubuh. “Dianjurkan untuk minum sebelum haus. Sebab, saat rasa haus muncul, maka tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan,” katanya.




      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 1:49 pm