Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Kisah Perempuan yang Diperkosa di Hari Pernikahannya
Mon Jul 10, 2017 9:54 pm by alia

» 5 Tingkat Kematangan Steak
Tue Jul 04, 2017 8:44 pm by alia

» Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan
Fri Jun 30, 2017 6:55 pm by via

» 4 Tempat Seru yang Wajib Dikunjungi Saat ke Ubud
Wed Jun 28, 2017 5:37 pm by via

» Lima Minuman Alkohol Populer di Korea
Sun Jun 25, 2017 2:13 pm by via

» 10 Surga Wisata Belanja Murah di Bangkok-Thailand
Wed Jun 21, 2017 5:43 pm by daun.kuning

» Belajar dari Sang Manusia Rp 1.000 Triliun
Sun May 28, 2017 10:01 am by flade

» Sebuah Refleksi
Sat May 27, 2017 1:10 pm by flade

» Kisah Mengagumkan Bocah Miskin India Jadi Direktur Utama Google
Wed May 24, 2017 12:17 pm by jakarta

IKLAN ANDA


    Olahraga di Malam Hari Bikin Sulit Tidur?

    Share
    avatar
    via

    863
    04.03.09

    Olahraga di Malam Hari Bikin Sulit Tidur?

    Post  via on Wed Mar 23, 2011 6:48 am

    Olahraga di Malam Hari Bikin Sulit Tidur?



    Olahraga atau latihan fisik penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, rutinitas kerja membuat orang tidak cukup waktu untuk berolahraga dan membuat malam hari adalah waktu luang satu-satunya. Tapi benarkah olahraga di malam hari bikin orang sulit tidur?

    Banyak yang menganggap bahwa olahraga di malam hari atau menjelang tidur dapat membuat tidur Anda tidak berkualitas. Tapi sebenarnya kondisi ini hanya berlaku untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti dilansir Livestrong, dikutip detikhealth.

    Untuk sebagian besar orang, olahraga di malam hari bahkan 30 menit sebelum tidur tidak membawa dampak buruk, termasuk pada kualitas tidur.

    Yang sering ditakutkan adalah ketika melakukan olahraga berat tubuh melepaskan adrenalin dan noradrenalin, dua stimulan dalam tubuh yang meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh. Latihan pada tingkat ini dapat menyebabkan orang merasa lebih waspada dan terjaga.

    Rekomendasi waktu yang tepat untuk melakukan olahraga sangat bervariasi dari berbagai sumber, walaupun banyak yang mengatakan olahraga pagi hari paling bermanfaat.

    University of Maryland Medical Center menganjurkan untuk menghindari latihan berat dua jam sebelum waktu tidur. Tetapi bagi orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, olahraga malam dapat membantu Anda tidur lebih awal dan lebih dalam.

    "Kaitan antara lahraga malam hari dan gangguan tidur belum jelas," jelas Shawn Youngstedt, peneliti exercise science di University of South Carolina.

    Menurutnya, olahraga malam dapat membantu orang yang mengalami insomnia lebih rileks dan mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan tidur.

    Tapi hubungan antara olahraga dan tidur berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang yang melakukan latihan keras sebelum tidur tidak mengalami gangguan tidur sama sekali, bahkan latihan tersebut membuatnya dapat tidur lebih nyenyak.

    Bagi orang yang mengalami kesulitan tidur saat olahraga malam, maka sebaiknya hindari kegiatan tersebut dan pilih kegiatan yang membuat Anda santai, seperti membaca buku atau mendengarkan musik santai, mengurangi kebisingan yang berlebihan dan membuat kamar dingin dan nyaman.


      Waktu sekarang Mon Jul 24, 2017 7:32 am