Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ini Akibatnya Jika Hidup Selalu Terburu-buru

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Ini Akibatnya Jika Hidup Selalu Terburu-buru

    Post  via on Wed Mar 23, 2011 6:53 am

    Ini Akibatnya Jika Hidup Selalu Terburu-buru



    Beberapa orang ada yang memiliki perilaku selalu terburu-buru mulai dari bangun tidur hingga menjelang malam. Tapi kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa berdampak pada kesehatan.

    Orang yang selalu terburu-buru didefinisikan sebagai perilaku action-emotion complex (The Type A behavior pattern/TABP) yang dirangsang oleh lingkungan tertentu.

    Sifat yang hampir selalu muncul adalah ketidaksabaran, agresif, seperti dikejar-kejar waktu, gelisah dan melakukan kegiatan secara cepat.

    Sebuah penelitian melakukan tes wawancara dengan orang yang memiliki perilaku terburu-buru. Diketahui orang tipe ini cenderung menunjukkan ketegangan di wajah, bicara cepat, kadang mengalami gangguan bicara serta sering tergigit lidahnya oleh gigi, seperti dikutip dari Workhealth.org dan detikhealth.

    Selain itu, perilaku terburu-buru ini juga mempengaruhi kesehatan jantung. Studi yang dilakukan tahun 1981 oleh National Heart, Lung, and Blood Institute menyimpulkan bahwa orang dengan perilaku tipe A ini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner (PJK).

    Perilaku suka terburu-buru saat ini diakui sebagai salah satu faktor risiko yang signifikan untuk serangan jantung, hal ini karena saat terburu-buru seseorang akan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.

    Seperti diketahui tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi nilai tekanan darah yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Dan kondisi ini juga membuat seseorang kecanduan hormon adrenalin, yaitu hormon yang dilepaskan ketika seseorang mengalami stres.

    Pada saat orang mengalami stres, hipotalamus dalam otak akan memicu hormon stres baik yang adrenalin maupun non-adrenalin, yang kemudian akan memicu peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah yang mengakibatkan cedera pada dinding arteri dan pembentukan bekuan dalam pembuluh darah, serta aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah arteri).

    Selain mempengaruhi kondisi jantung, sering terburu-buru juga membuat seseorang rentan mengalami cedera seperti terjatuh atau tersandung akibat tidak memperhatikan lingkungan, tidak fokus dalam melakukan pekerjaan karena kurang konsentrasi seperti melakukan kesalahan atau mudah lupa, serta mengganggu proses metabolisme karena saat terburu-buru orang akan makan dengan cepat dan tidak mengunyah makanan dengan benar.

    Untuk itu sebaiknya hindari perilaku selalu terburu-buru dengan cara belajar mengelola waktu lebih baik lagi seperti bangun lebih awal, menyiapkan segala keperluan besok pagi saat malam hari, serta jangan menunda-nunda pekerjaan sehingga bisa lebih fokus dan mengurangi stres.


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 10:51 am