Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Gatal Itu 'Penyakit Menular'

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Gatal Itu 'Penyakit Menular'

    Post  clara on Tue Mar 29, 2011 7:52 am

    Gatal Itu 'Penyakit Menular'


    Gatal-gatal ternyata bisa dikategorikan sebagai 'penyakit menular'. Seperti halnya menguap, rasa gatal di tubuh seseorang bisa secara mendadak menjalar ke tubuh orang lain.

    Kesimpulan ini disampaikan pakar kulit dari Wake Forest University School of Medicine di North Carolina, Amerika Serikat, berdasarkan hasil riset yang mereka lakukan belum lama ini.

    Seperti dilansir oleh The Telegraph dan kosmo, para peneliti mengatakan menularnya rasa gatal bisa menyebar kepada orang-orang yang secara visual melihat orang lain tengah mengalami gatal-gatal dan sedang garuk-garuk.
    Dalam riset tersebut, para peneliti mengujikan 25 sukarelawan dengan mempertontonkan kepada mereka video selama 5 menit seseorang yang tengah garuk-garuk. Ternyata video itu mampu menginduksi dan membuat para sukarelawan turut bergaruk-garuk.

    Walaupun peneliti memberikan sebuah cairan di salah satu bagian tubuh sukarelawan untuk memperbesar induksi rasa gatal di tempat itu, tapi ternyata rasa gatal yang timbul di tubuh para sukarelawan tidak terbatas pada bagian tubuh yang dioleskan dengan cairan tersebut.
    "Hasil penelitian kami memperlihatkan bahwa semestinya ada sebuah mekanisme otak pusat yang bertanggung jawab dalam membangkitkan sensasi gatal," kata Dr Gil Yosipovitch, pemimpin riset yang kini telah dipublikasikan secara online di jurnal British Journal of Dermatology.

    Kemungkinan, kata Yosipovitch, terdapat beberapa input sensor yang bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal, tak hanya terbatas dari stimuli gatal saja. Input-input sensor itu bisa dengan salah diterjemahkan, sehingga menimbulkan rasa gatal.

    "Sepertinya batasan sehingga timbulnya rasa gatal begitu tipis, ketika terdapat sugesti dalam bentuk visual, bahkan dengan hanya membaca atau memikirkannya," kata Yosipovitch.

    Nina Goad, peneliti dari British Association of Dermatologists mengatakan bahwa riset ini menunjukkan betapa besar pengaruh pikiran manusia pada sensasi tubuh manusia.

    "Ini adalah studi yang menakjubkan dalam meneliti efek dari kekuatan akal pikiran terhadap sensasi tubuh seperti rasa gatal."


      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 11:11 am