Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Perilaku Anak yang Nekat

    Share

    lea

    383
    Age : 31
    08.03.09

    Perilaku Anak yang Nekat

    Post  lea on Thu Mar 31, 2011 8:24 am

    Perilaku Anak yang Nekat Karena Ingin Mencari Perhatian


    Seorang anak umumnya akan mencari cara agar ia bisa mendapatkan perhatian dari kedua orangtuanya. Terkadang cara yang ditempuh oleh si anak adalah dengan berperilaku nekat.

    Seperti Fitri, gadis 10 tahun asal Ciputat dijuluki 'spiderkid' karena sering nekat memanjat atap rumah maupun tower BTS. Perilaku ini menunjukkan tidak adanya kontrol diri dan rasa takut, yang membuatnya tidak mampu mengenali bahaya.

    "Untuk anak umur 3 tahun, sering nekat itu wajar karena belum punya kontrol diri. Tapi kalau umurnya 10 tahun biasanya ada motivasi untuk cari perhatian," ungkap psikolog anak dan remaja, Alzena Masykouri, MPsi saat dihubungi detikHealth.

    Alzena menambahkan, ada beberapa kemungkinan yang membuat Fitri mencari perhatian dengan cara-cara nekat semacam itu. Salah satunya, anak tersebut memang memiliki gangguan psikologis sehingga sulit mengenali bahaya seperti anak umur 3 tahun.

    Umumnya anak-anak yang memiliki perilaku buruk atau nekat karena didasari ingin mencari perhatian.

    Meskipun hal ini normal, tapi akan menjadi suatu masalah besar ketika kondisi tersebut terjadi sepanjang waktu terutama jika perilaku tersebut sudah tidak bisa terkontrol.

    Jika kelakuan buruk ini terus menerus dilakukan bisa menjadi benih atau cikal bakal masalah disiplin baik di masa kecil atau saat dewasa nanti.

    Bila anak tidak mendapatkan perhatian yang cukup, maka hal ini bisa memicu amukan, emosi anak yang meledak-ledak serta perilaku menjengkelkan dan nekat lainnya, seperti dikutip dari Familyeducation.com.

    Hal ini karena anak akan berpikir jika ia tidak bisa mendapatkan perhatian dengan menjadi anak yang baik, maka ia akan berbuat nakal atau nekat untuk mendapatkan perhatian orangtuanya.

    Apalagi sebagian besar keluarga masa kini umumnya memiliki kedua orangtua yang bekerja sehingga anak tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup. Untuk itu tugas yang paling penting adalah menjadi orangtua sepenuhnya ketika sudah berada di rumah.

    Ketika orangtua pulang ke rumah, maka berikan waktu minimal 30 menit bersama anak seperti untuk mengobrol, menanyakan kegiatan apa yang dilakukan anak hari ini serta pengalaman apa yang dialaminya.

    Usahakan untuk mematikan televisi sehingga perhatian terfokus pada anak dan luangkan waktu di akhir pekan untuk pergi berjalan-jalan, bermain atau menghabiskan waktu bersama anak.

    Selain memanjat, perilaku nekat akibat kurangnya kontrol diri pada anak bisa juga diwujudkan dalam bentuk lain misalnya tiba-tiba kabur dari rumah. Untuk memastikan apakah perilaku tersebut memang disebabkan oelh gangguan psikologis, anak dengan perilaku nekat harus mendapat penanganan dari ahli psikiatri anak.

    Mempelajari perilaku anak adalah hal yang kompleks dan sulit, karena kemungkinan seorang anak tidak hanya termotivasi oleh satu sebab melainkan banyak hal. Untuk itu orangtua harus meninjau kembali penyebab dari perilaku anak yang muncul.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 7:49 am