Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Khasiat Ubi Jalar Ungu

    Share

    jakarta

    522
    23.04.10

    Khasiat Ubi Jalar Ungu

    Post  jakarta on Sun Apr 03, 2011 7:46 pm

    Khasiat Ubi Jalar Ungu


    Pemenuhan kebutuhan pokok (terutama penyediaan bahan pangan) adalah permasalahan yang menjadi fokus perhatian kami (keluarga PBS). Salah satu kendala utama problem penyediaan bahan pangan adalah kondisi tanah Peundeuy-Cibalong yang berbatu dan berbukit. Ini menyebabkan bidang pertanian (khusunya padi) tidak begitu berkembang. Kami, memiliki dua petak sawah yang dicoba ditanami padi. Berbagai metode penanaman dan pemeliharaan kami terapkan, hasilnya masih tetap tidak menggembirakan.

    Pada sisi lain, kondisi sebagian besar masyarakat berada di bawah garis kemiskinan (secara struktural dan mental), semakin memperparah keadaan. Kami beberapa kali menemukan kasus busung lapar. Problem ini semakin rumit, manakala transportasi juga menjadi kendala utama bagi masyarakat untuk akses ke puskesmas terdekat. Bagi sebagian besar masyarakat, Rp 30 ribu hanya untuk transportasi (ojek) sangat berat sekali. Iya, puskesmas bisa saja menggratiskan biaya pengobatan, tapi bagaimana dengan biaya transportasi?

    Akhirnya, kami mengadakan riset dalam bidang pertanian. Kira-kira jenis tanaman seperti apa yang cocok bagi tanah Peundeuy, tapi cukup baik secara gizi untuk dikonsumsi masyarakat. Dan kami menemukan ubi jalar ungu (hui ganola,dalam istilah Sunda) sebagai solusi pangan untuk daerah ini. Di lapangan, ubi jalar ungu relatif bisa tumbuh di tanah dalam kondisi bagaimanapun. Ditambah dengan kadar vitamin, mineral, dan karbohidrat di dalamnya yang cukup layak untuk solusi bahan pangan alternatif.

    Dalam berbagai literatur yang tengah kami teliti, ubi jalar ungu memiliki beberapa kelebihan dibandingkan ubi warna lainnya, terutama dalam hal kandungan betakarotennya yang lebih tinggi, juga dengan kandungan Vit A dan E. Ubi jalar ungu memilki kandungan serat, karbohidrat kompleks vitamin B6, asam folat, dan rendah kalori. Serat alami oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar ungu adalah komoditas yang bernilai untuk produk pangan olahan, seperti susu. Hanya saja, pada orang-orang tertentu yang sensitif, oligosakarida menyebabkan perut kembung.

    Dalam penelitian ini, kami akhirnya menemukan bahwa ubi jalar ungu ditambah sedikit jahe, dalam pengolahannya, sangat bagus untuk kondisi penanganan darurat bagi para penderita busung lapar. Tambahan jahe, dalam olahan ini, menetralisir efek kembung yang ditimbulkannya.
    Para penderita balita gizi buruk yang kami tangani, sebagian besar menderita diare saat diberi susu. Tapi, Alhamdulillah setelah diberikan olahan ubi jalar ungu dan sedikit jauh, kondisi mereka berangsur membaik. [sancang.net]


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 3:16 am