Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Bolehkah Rambut Hidung Dicabuti?

    Share

    flade

    936
    23.09.09

    Bolehkah Rambut Hidung Dicabuti?

    Post  flade on Mon Apr 11, 2011 12:34 am

    Bolehkah Rambut Hidung Dicabuti?


    Jika dibiarkan terlalu panjang, rambut hidung memang dapat mengganggu penampilan sehingga perlu dirapikan. Sebaiknya dipotong dengan gunting khusus, jangan dicabut karena lebih berisiko memicu infeksi maupun radang di rongga hidung.

    Rambut hidung yang dicabut akan segera digantikan oleh rambut baru yang tumbuh di kelenjar atau kantong rambut. Seperti halnya rambut-rambut di permukaan tubuh yang lain, rambut hidung juga punya risiko tumbuh ke dalam lapisan kulit (ingrown nasal hair).

    Rambut yang tumbuh ke dalam tidak muncul ke permukaan kulit melainkan masuk ke dalam kulit dan disebut extrafollicular penetration. Akibatnya adalah radang di sekitar kelenjar atau kantong rambut, yang kadang-kadang bisa disertai infeksi bakteri.

    Selain bengkak kemerahan, gejala yang sering menyertai ingrown nasal hair adalah rasa nyeri di rongga hidung di sekitar tempat tumbuhnya rambut. Sekilas, benjolan tersebut mirip jerawat namun bukan disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak.

    Umumnya ingrown nasal hair akan sembuh dengan sendirinya ketika ujung rambut sudah menemukan jalan untuk menembus keluar permukaan kulit. Namun prosesnya kadang makan waktu dan selama itu akan terasa sangat sakit, terutama jika hidungnya dipencet.

    Untuk mempercepat kemunculan rambut hidung ke permukaan, sering-seringlah mengompres hidung dengan air panas agar peredaran darahnya lancar dan pori-pori kulit membuka. Jika memungkinkan, gosok perlahan dengan handuk bersih yang dimasukkan lewat lubang hidung.

    Hati-hati jangan terlalu keras menggosoknya, agar tidak terjadi luka yang bisa memicu infeksi. Dikutip dari Livestrong, risiko infeksi sangat besar karena rongga hidung merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri Staphylococcus aureus penyebab bisul.

    Sementara itu untuk mencegah ingrown nasal hair, sebaiknya jangan mencabuti bulu hidung dengan pinset. Cara aman untuk merapikannya adalah memotongnya dengan gunting khusus dan jangan terlalu pendek karena fungsi rambut hidung adalah menyaring debu agar tidak masuk saluran napas.


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 6:47 am