Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Ulat Sagu: Sumber Protein

    Share

    y3hoo

    486
    16.01.09

    Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  y3hoo on Sun Jan 18, 2009 1:28 pm

    Ini cerita tentang salah satu sumber protein yang sangat baik, terlepas dari rupanya, untuk kita. Nama latinnya Rhynchophorus ferruginenus atau lebih dikenal sebagai 'ulat sagu‘. Ulat ini adalah larva dari kumbang merah kelapa. Sebagai sumber protein ulat sagu bisa dijadikan bahan subsitusi pakan ternak atau juga lauk bergizi yang bebas kolesterol. Kandungan protein ulat sagu sekitar 9,34%, sedangkan pakan berbahan utama ulat sagu sekitar 27,77%. Selain kandungan protein yang cukup tinggi, ulat sagu juga mengandung beberapa asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%).

    Ulat ini hidup di batang sagu yang membusuk. Biasanya ia akan muncul pada batang pohon yang telah selesai dipangkur. Membusuknya batang pohon akan memancing kedatangan kawanan kumbang untuk bertelur di sana. Nah, ulat yang berasal dari telur yang menetas itulah yang akan menjadi santapan lezat orang Kamoro, Papua.

    Setiap perempuan Suku Kamoro diwajibkan mencari sagu setiap hari. Sagu tetap menjadi pilihan utama makanan pokok masyarakat ini meski mereka telah mengenal beras. Pada sagu yang berbentuk lontong, sebelum dimasak harus dibelah terlebih dahulu untuk memasukkan ulat sagu sebagai isinya. Selain terasa lezat, masyarakat Kamoro juga meyakini ulat sagu bisa menjadi makanan suplemen untuk kesehatan mereka. Proteinnya yang tinggi serta tidak mengandung kolesterol dan lemak dapat menjadi penambah tenaga.

    Orang Kamoro meyakini ulat sagu, yang dalam bahasa setempat disebut 'koo‘, mengandung banyak vitamin. Semakin banyak menyantap ulat sagu, akan semakin sehat dan besar serta perkasa pula tubuh mereka.

    Ulat sagu ini juga dapat dimakan dengan cara dibakar. Ulat sagu itu ditusuk seperti satai lalu dipanggang, atau dimasukkan ke dalam bola sagu yang kemudian dibakar sekitar setengah jam hingga ulat matang di dalamnya. Hidangan yang disebut 'manggia‘ ini ternyata sungguh lezat. Tubuh ulat sagu yang melumer meninggalkan rasa gurih nan legit di lidah. Sedangkan bagian kepalanya yang renyah mengingatkan kita pada rasa kulit ari jagung yang terbakar saat dibuat berondong (pop corn).

    Selain dibakar, ulat ini pun nikmat dibuat sambal ulat sagu yang pedas dan asam menyegarkan. Bahkan, kalau suka, dimakan mentah atau hidup-hidup pun jadi!

    Bentuknya sangat lucu. Badannya gendut berwarna putih, sedangkan kepalanya berwarna coklat tua mengilap. Kalau berjalan, terlihat seperti sedang menari perut. Menurut mereka yang pernah mencicipinya, setelah digigit di dalam mulut, mengalir juice dari dalam ulat yang terasa manis dan kulitnya yang renyah. Rasanya mirip dengan buah lengkeng dan tekstur kulitnya mirip dengan buah leci atau rambutan.
    Masyarakat pribumi di Sarawak dan Sabah menyebutnya sebagai ulat mulung. Di Pasar Tamu Serian, ulat mulung ini dijual seharga 20 sen seekor atau RM30 sekilogram.

    Di Kabanjahe, Sumatera Utara, ulat sagu disebut 'kidu'. Bondan Winarno dan William Wongso termasuk yang pernah mencicipi kidu. Menurut Bondan, rasanya seperti santan, gurih. Di daerah Blora, ada tempat makan yang menyajikan menu “cah kangkung ulat sagu”. Rasanya pedas dan gurih. Di Tanah Grogot, Kalimantan Timur, ulat sagu diolah menjadi 'gulai ulat sagu'. Ulat sagunya gemuk-gemuk dan besar.

    Penasaran pingin nyoba? Di Bandung juga ada kok. ”Ulat sagu goreng kering”, di lapo/RM Medan, jl. Siliwangi. Satu porsi Rp. 47.000, isi 8 ekor ulat. Katanya sih, rasanya gurih seperti ayam goreng dibalut tepung.

    Sejujurnya, saya sukar membayangkan rasa hewan berwarna putih yang tubuhnya seperti tak henti berdenyut itu. Apalagi bila harus menyantapnya hidup-hidup seperti kebiasaan orang Kamoro!


    01.01.70

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post   on Mon Jan 19, 2009 9:18 pm

    Ini sy perna liat. Pas digoreng baunya enak. Tp tetep aja ga berani makan. Kan ttp aja ulet. Meskipun tergoda ma baunya sih heheheh Very Happy

    frizka

    29
    19.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  frizka on Mon Jan 19, 2009 10:16 pm

    malem...salam kenal yah Moving Blue dan Shinra:)


    iya aku juga sering lihat di tv ulet sagu klo di papua dimakan mentah2 gitu hii...

    MovingBlue kali aja dah nyobain yah pas dulu tinggal di papua? hehe

    siongirl
    Admiral

    1846
    18.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  siongirl on Tue Jan 20, 2009 12:31 am

    hiiii..moving blue dah pernah maem ya?????

    mang enak???? tp emang sich kata org ulet tuh bnyk proteinnya..cmn ya teteup aja..ky kata shinra..ulet gtuu!! jijik kan kl dimaem hidup2 yaks!! :no:


    01.01.70

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post   on Tue Jan 20, 2009 9:48 am

    frizka wrote:malem...salam kenal yah Moving Blue dan Shinra:)


    iya aku juga sering lihat di tv ulet sagu klo di papua dimakan mentah2 gitu hii...

    MovingBlue kali aja dah nyobain yah pas dulu tinggal di papua? hehe

    salam knl jg.

    yukari-san

    102
    Age : 21
    Lokasi : Jakaruta ni, sundeimasu!!
    20.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  yukari-san on Tue Jan 20, 2009 4:56 pm

    Katanya sih, ulat sagu enak klo udah digoreng or dibakar.. Tapi klo mentah, berlendir.. Iyaks!!

    Jadi inget tokoh Timon n Pumba.. hhe..

    MovingBlue

    637
    Age : 36
    18.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  MovingBlue on Tue Jan 20, 2009 5:00 pm

    yukari-san wrote:Katanya sih, ulat sagu enak klo udah digoreng or dibakar.. Tapi klo mentah, berlendir.. Iyaks!!

    Jadi inget tokoh Timon n Pumba.. hhe..

    wah ada yuka nih
    met gabung lagi d rumah baru ya

    MovingBlue

    637
    Age : 36
    18.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  MovingBlue on Tue Jan 20, 2009 5:02 pm

    Shinra wrote:
    frizka wrote:malem...salam kenal yah Moving Blue dan Shinra:)


    iya aku juga sering lihat di tv ulet sagu klo di papua dimakan mentah2 gitu hii...

    MovingBlue kali aja dah nyobain yah pas dulu tinggal di papua? hehe

    salam knl jg.

    dulu waktu sd ak pernah tinggal di papua
    pake koteka malah
    ayahku saat itu tigas d sana Smile

    yukari-san

    102
    Age : 21
    Lokasi : Jakaruta ni, sundeimasu!!
    20.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  yukari-san on Tue Jan 20, 2009 5:17 pm

    movingblue80 wrote:

    wah ada yuka nih
    met gabung lagi d rumah baru ya

    Yupp.. Rumah yang nyaman.. hhe.. ^^


    01.01.70

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post   on Tue Jan 20, 2009 6:14 pm

    movingblue80 wrote:

    dulu waktu sd ak pernah tinggal di papua
    pake koteka malah
    ayahku saat itu tigas d sana Smile


    wiii koteka.Tp skrng dah maju ya. DBL aja dah dimulai kan dsana

    meicantik

    45
    Age : 28
    Lokasi : surabaya
    19.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  meicantik on Tue Jan 20, 2009 6:54 pm

    dulu waktu sd ak pernah tinggal di papua
    pake koteka malah
    ayahku saat itu tigas d sana Smile[/quote]

    wow u pake koteka bay...

    keren pasti...sekarang ja pake koteka lagi :lol:

    frizka

    29
    19.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  frizka on Thu Jan 22, 2009 3:24 pm

    iyya bener...kadang moving blue klo kangen masa lalu suka kembali ke kebiasaan lama (pake koteka) biasanya sambil ngenet juga :affraid:

    linda

    114
    Age : 28
    20.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  linda on Thu Jan 22, 2009 4:39 pm

    frizka wrote:iyya bener...kadang moving blue klo kangen masa lalu suka kembali ke kebiasaan lama (pake koteka) biasanya sambil ngenet juga :affraid:


    :bounce: :bounce: :bounce: :bounce:
    sakit perut aq nih gara2 mbak frizka
    gimana ya modelnya mas movingblue kl pk koteka yg udah segede itu

    frizka

    29
    19.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  frizka on Thu Jan 22, 2009 5:06 pm

    Linda tau Babyborn pake pampers khan? nah kayak gitu deh kira-kira hehehe

    TORPEDO
    Moderator Entertainment

    1831
    Age : 42
    Lokasi : Bekasi
    20.01.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  TORPEDO on Sun Jan 25, 2009 8:33 am

    Yukari wrote:Katanya sih, ulat sagu enak klo udah digoreng or dibakar.. Tapi klo mentah, berlendir.. Iyaks!!
    kalo ulatku laen loh...
    halah gak nyambung blas... :lol!:

    d3sy

    179
    Age : 23
    Lokasi : Tambora
    19.02.09

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  d3sy on Sat Feb 21, 2009 1:29 pm

    linda wrote:
    frizka wrote:iyya bener...kadang moving blue klo kangen masa lalu suka kembali ke kebiasaan lama (pake koteka) biasanya sambil ngenet juga :affraid:


    :bounce: :bounce: :bounce: :bounce:
    sakit perut aq nih gara2 mbak frizka
    gimana ya modelnya mas movingblue kl pk koteka yg udah segede itu

    ngga kebayang kl mas bayu pk koteka
    co putih gitu he

    Sponsored content

    Re: Ulat Sagu: Sumber Protein

    Post  Sponsored content Today at 1:01 pm


      Waktu sekarang Thu Dec 08, 2016 1:01 pm