Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Keajaiban di Balik Nikmatnya Apel

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Keajaiban di Balik Nikmatnya Apel

    Post  via on Wed May 04, 2011 5:56 am

    Keajaiban di Balik Nikmatnya Apel


    Jadikan makananmu sebagai obat. Kata-kata Hippocrates, seorang tabib Yunani kuno itu, begitu populer di dunia kesehatan. Pesan itulah yang kemudian mendorong terungkapnya khasiat kesehatan buah apel.

    Tak hanya menurunkan kolesterol, konsumsi satu buah apel sehari bisa menekan anggaran kesehatan untuk mengunjungi dokter.

    “Kita semua tahu ada pepatah yang mengatakan, konsumsi sebuah apel sehari membuat dokter pergi. Ini benar-benar terbukti,” kata Dr Penny Stanway, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

    Dokter keluarga itu lantas mengungkapkan beberapa khasiat buah apel:

    Atasi diare
    Apel mengandung banyak pektin, serat yang ditemukan dalam buah, dibandingkan dengan buah lainnya. Pektin dipecah dalam usus oleh bakteri baik, membentuk lapisan pelindung bagi lapisan perut, yang bersifat menenangkan dan mencegah iritasi usus.

    Apel juga bekerja melepaskan senyawa prebiotik, yang meningkatkan jumlah bakteri baik di usus, sebagai senjata melawan kuman pemicu diare. Saat diare, coba makan apel setiap beberapa jam. Konsumsi apel yang dimasak juga melembutkan selulosa, yang berguna memperlambat gerakan usus.

    Cegah kram
    Salah satu pemicu terjadinya kram adalah kurangnya kalsium, kalium magnesium, vitamin B dan C, yang semuanya terkandung dalam apel. Campur dua sendok teh cuka apel dalam segelas air tiga kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

    Cegah Asma
    Gejala-gejala asma seperti batuk dan sesak napas terjadi akibat peradangan dan gangguan saluran udara. Pemicunya bisa udara dingin, makanan tertentu, olahraga, infeksi, cuaca dan alergi.

    Studi yang dipublikasikan American Journal of Respiratory Critical Care Medicine, mengungkap, orang dewasa yang makan sedikitnya dua buah apel seminggu mengurangi risiko asma hingga sepertiga. Dalam studi terpisah, ibu yang mengonsumsi apel selama kehamilan akan mengurangi risiko asma pada anaknya.

    Apel memiliki efek antiasma lebih kuat daripada makanan lainnya. Ini karena apel mengandung antioksidan tinggi yang bersifat antiinflamasi. Setiap 100 gram apel mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari jeruk dan delapan kali dari pisang. Kandungan antioksidan tertinggi ada di kulit apel.

    Sembuhkan luka sengatan
    Sari cuka apel juga bisa menyembuhkan luka akibat sengatan tawon, juga mengobati demam. Cuka apel juga merupakan obat tradisional yang efektif untuk sengatan ubur-ubur. Cuka apel bekerja menonaktifkan racun yang masuk ke dalam sel tubuh.

    Atasi tekanan darah tinggi
    Sebuah studi terhadap tikus yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa apel atau cuka apel dapat menurunkan tekanan darah. Para ilmuwan menyatakan asam asetat dalam cuka bisa mengurangi produksi dari hormon angiotensin II, yang memicu penyempitan pembuluh darah.

    Apel dan cuka apel juga diketahui bisa memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. Apel pun membantu menurunkan kolesterol. Studi di Amerika Serikat menemukan, wanita yang mengonsumsi apel kering 75 gram (setara empat apel) per hari selama enam bulan mengalami penurunan kolesterol jahat.

    Sehatkan gusi
    Apel mengandung senyawa yang disebut tanin membantu mencegah periodontal atau penyakit gusi. Mengunyah apel secara teratur juga bisa meningkatkan kesehatan gusi, karena gerakan rahang berulang meningkatkan sirkulasi darah ke gusi.

    Atasi cegukan
    Cuka apel dapat mengembalikan keseimbangan asam lambung yang mengakibatkan kekejangan diafragma atau cegukan. Untuk mengatasi cegukan, perlahan-lahan minum satu sendok cuka apel yang telah dilarutkan dalam segelas air.

    Cegah osteoporosis
    Kandungan flavonoid dalam apel bisa mengurangi penurunan kepadatan tulang. Sementara studi di Prancis pada 2005 menemukan senyawa phlorizin dalam apel mampu mencegah keropos tulang melalui uji coba terhadap tikus.

    Apel juga mengandung zat yang mampu meningkatkan kadar estrogen. Seperti diketahui, estrogen rendah menjadi penyebab umum osteoporosis. Sedangkan kandungan pektin dalam apel akan meningkatkan keasaman lambung yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang.



      Waktu sekarang Sun Dec 11, 2016 6:49 pm