Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tukang Becak Pengguna Laptop

    Share

    online

    452
    27.08.09

    Tukang Becak Pengguna Laptop

    Post  online on Fri May 20, 2011 7:14 pm

    the becak way, mencari pelanggan via social media


    tukang becak, bagi sebagian orang mungkin dipandang sebelah mata. namun bagi harry becak adalah bukti cinta kepada keluarga. apalagi setelah ditinggal isterinya ketika gempa jogja beberapa tahun silam. dengan mengayuh becak, ia menghidupi ketiga buah cintanya: kevin, agnes dan lucky.

    tidak penting apa pekerjaan kamu, yang lebih penting adalah bagaimana cara mengerjakannya, kata pepatah. dan mas harry yang nama realnya blasius haryadi memang beda dengan penarik becak lain dalam mencari pelanggan. ia memanfaatkan jejaring sosial mulai dari blog, twitter dan facebook. pelanggannya rata-rata para bule.

    karena memanfaatkan social media dalam pekerjaannya akhirnya kegiatannya tersebut didokumentasikan dalam film “linimas(s)a yang diinisiatori oleh donny bu dari ict watch. sehingga di film dokumenter yang berdurasi sekitar 45 menit itu ia menjadi salah satu aktor utamanya. di kehidupan sehari-harinya selain menarik becak, ia sekarang diminta untuk mengajari teman-teman seprofesinya.

    pengalaman hidupnya yang sangat inspiratif itu ia tuliskan dalam buku, the becak way, ngudoroso inspiratif di jalan becek. buku setebal 184 halaman ini menceritakan perjalanan karirnya sebagai penarik becak sejak tahun 90an lalu. waktu itu selain kuliah di fakultas mipa jurusan pendidikan matematika di ikip sanata dharma ia mengisi harinya dengan membecak.

    ia memilih menjadi tukang becak karena memang hanya pekerjaan itu yang memungkinkan untuk dijalaninya. selain bisa memperoleh uang dengan cepat, dengan mengayuh becak, ia mempunyai kebebebasan. bebas mencari penumpang di mana saja dan beristirahat kapan saja. ia mengaku bisa menjadi dirinya sendiri, menentukan pilihan sendiri bukan atas tekanan dan kehendak orang lain.

    suka duka menjadi tukang becak diceritakan di buku yang diterbitkan oleh tiga serangkai solo ini. termasuk perkenalannya dengan loes wirken, perempuan dari belanda yang sempat melambungkan harapannya. dari perempuan itu ia memperoleh tawaran untuk bekerja di belanda. dari loes wirken ini, mas harry yang sekarang sering menjadi tamu di acara televisi ini memperoleh pelajaran: jangan mudah terheran-heran atau kagum, jangan mudah menyesali dan jangan mudah terkejut.

    mungkin mas harry yang biasa “mangkal” di kawasan prawirotaman jogjakarta ini satu-satunya tukang becak yang paham memaksimalkan pemanfaatan sosial media. kepiawaiannya itu ia buktikan dengan menulis artikel yang dimuat di kompas 8 februari 2010 yang judulnya jejaring sosial di mata seorang tukang becak.


    judul buku: the becak way, ngudoroso inspiratif di jalan becek
    penulis: harry van yogya @harryvanyogya
    penerbit: tiga serangkai solo
    jumlah halaman : 184





      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 3:15 am