Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Renang bagi Orang Sibuk

    Share

    pravda

    260
    07.06.10

    Renang bagi Orang Sibuk

    Post  pravda on Sun May 22, 2011 10:12 am

    5 Tips Untuk Perenang yang Sibuk


    Berenang banyak dianggap sebagai olahraga paling sempurna. Resiko cedera relatif kecil dibanding, misalnya olahraga lari dengan resiko cedera lutut atau pergelangan kaki. Akan tetapi meski Anda mencintai olahraga ini, Anda terbentur permasalahan waktu untuk melakukannya. Saya mengakui memang memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan olahraga yang satu ini. Dari mulai fase mempersiapkan peralatannya (handuk, baju/celana renang, shampoo, sabun) sampai fase pasca berenang (mandi, ganti baju, mengeringkan rambut), semua sulit dilakukan dalam waktu singkat. Jadi apa yang kita harus lakukan untuk tetap dapat berlatih renang di tengah jadwal sehari-hari yang padat? Berikut ini lima tips yang saya harap bisa membantu memaksimalkan waktu latihan berenang Anda.

    1. Latihan darat
    Mungkin terdengar agak aneh tetapi Anda tetap bisa memaksimalkan waktu latihan dan performa renang Anda tanpa harus berenang. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah stretch cords atau sepasang karet panjang. Ini adalah cara paling mudah dan murah untuk memperbaiki performa latihan renang Anda tanpa masuk ke dalam kolam renang.
    Stretch cords ini adalah sepasang karet panjang (biasanya 2m) yang Anda kaitkan di sebuah benda yang tidak dapat bergerak, kedua tangan Anda memegang dua ujungnya sehingga karet itu membuat bentuk 'V'. Bungkukan badan Anda sedikit ke depan dan tarik karet yang bertensi itu dengan meniru gerakan tarikan tangan Anda di dalam air. Bisa dilakukan untuk gaya dada dan kupu-kupu (dengan menarik kedua tangan Anda sekaligus) atau untuk gaya bebas (dengan menarik secara bergantian). Jika Anda melakukannya dengan benar, sekitar 200 tarikan per hari atau per minggu melawan tensi karetnya, Anda akan menjadi lebih kuat di dalam air. Gunakan kapan saja dalam satu hari atau dimana saja (rumah atau kantor)

    2. Gaya Kupu-kupu
    Jangan khawatir. Saya tidak akan menuntut Anda untuk berenang gaya kupu-kupu dengan sempurna saat ini. Lakukan gaya kupu-kupu sebisa Anda, tanpa memandang bagus atau tidaknya. Yang saya maksudkan adalah usaha untuk membuat lengan dan tangan Anda keluar dari air saat melakukan gaya ini. Anda sudah tahu bagaimana sulitnya berenang gaya kupu-kupu dan tidak perlu berenang jarak jauh dengan gaya itu. Coba saja untuk melakukannya sejauh 10m di awal, berulang kali per sesi latihan. Perlahan tambah jaraknya dalam waktu beberapa minggu. Berenang dengan gaya kupu-kupu akan menambah endurance Anda.

    3. Berenang lebih cepat
    Saya terlalu sering menemukan orang yang berenang pada kecepatan yang sama, baik saat latihan hari itu, maupun beberapa minggu kemudian. Jika waktu Anda terbatas untuk berlatih, berenang lebih pendek jaraknya tetapi tambah intensitas berenang Anda. Tidak harus seluruh sesi renang Anda dilakukan secara sprint. Anda bisa mencampurkan berenang sprint jarak pendek Anda di akhir sesi renang Anda.

    4. Lebih sering berenang
    Ya memang terdengar aneh di saat kita membahas tentang sulitnya mencari waktu untuk berenang. Tetapi semakin sering Anda berenang, akan semakin baik kemampuan renang Anda. Cari kolam renang dekat kantor atau rumah dan berenanglah sesering mungkin. Tidak perlu berlama-lama setiap kali berenang, tetapi frekuensi berenangnya diperbanyak. Anda bisa menyatukan poin nomor 4 ini dengan poin nomor 2 dan 3 di atas.

    5. Gunakan gadget
    Atlet renang senang menggunakan berbagai gadget renang saat berlatih. Alat-alat tersebut membantu mereka menjadi lebih kuat dan berenang lebih cepat. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang sama. Alat-alat seperti sepatu fins pendek, paddles dan kick board, dapat membantu Anda berenang lebih baik. Gadgets ini dapat Anda temui di toko-toko olahraga seperti Sports Station di berbagai mall di kota Anda.

    Mudah-mudah lima tips dari saya ini bisa mengatasi halangan untuk berenang Anda. Selamat berenang dan berlatih.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 9:24 am