Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Yesterday at 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA

Paid2YouTube.com

    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?

    Post  via on Wed May 25, 2011 12:19 am

    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?



    Dalam sebuah acara diskusi seorang perempuan muda mengeluhkan sikap mertuanya yang sangat rewel. Ia mengaku terkadang ingin marah karena tak tahan dengan sikap rewel mertuanya tapi selalu diurungkan karena tak mau bersikap kurang ajar yang akhirnya ia jadi kesal sendiri. Kenapa orang yang sudah tua cenderung suka rewel?

    dr Nina Kemala Sari, SpPD-KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Penyakit Dalam FKUI mengatakan ada beberapa penyebab kenapa orang yang semakin tua akan semakin rewel atau banyak maunya yang kadang bisa membuat orang yang merawatnya kesal.

    Penyebab-penyebab orang yang makin tua rewel antara lain:

    1. Gangguan pada fungsi kognitif (kemampuan untuk memahami sesuatu) atau menjadi pikun

    "Pertama dilihat dulu fungsi kognitif atau daya pikirnya apakah ada gangguan atau tidak misalnya seperti demensia sehingga membuat orang tua rentan menjadi rewel. Gangguan ini juga ada derajatnya," ujar dr Nina dalam acara media edukasi Sehat dan Mandiri di Masa Tua dengan Menjaga Nutrisi Seimbang di Hotel Akmani, Jakarta.

    dr Nina menuturkan jika kondisi kognitifnya baik-baik saja atau tidak ada masalah, maka mungkin ada faktor lain yang mendasari.

    2. Kondisi lain ini disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh yang nantinya akan berujung pada orang tua menjadi tidak mau makan.

    3. Faktor orangtua yang merasa tidak puas dengan kehidupannya. Misalnya anaknya tidak menelepon, jarang berkunjung, merasa kurang diperhatikan, adanya kekecewaan di masa lalu atau masalah non teknis lainnya.

    "Tidak mudah memang menghadapi orang tua yang rewel, sehingga kadang orang tua juga perlu dididik. Jadi bantulah ia agar bisa fokus pada sesuatu yang bisa diubah, karena kalau ia fokus pada sesuatu yang di luar kemampuannya bisa mempengaruhi emosinya," ujar dokter dari Divisi Geriatri Departemen Penyakit Dalam FKUI.

    dr Nina menyarankan jika rewelnya akibat demensia maka cobalah untuk tidak memberinya terlalu banyak pesan, tapi bicaralah secara pelan-pelan dengan intonasi yang cukup dan gerak bibir yang bisa dibaca. Hal ini karena orang yang demensia bisa membaca gerak bibir dengan baik dan lebih mudah mengerti.

    Selain itu ajaklah ia berdiskusi agar bisa memperlambat penurunan kognitifnya, sering-seringlah mengunjunginya jika tinggalnya berjauhan, ajaklah ia memelihara sesuatu seperti hewan atau tanaman dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan minat atau hobinya.



      Waktu sekarang Sun Sep 25, 2016 3:54 am