Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?

    Post  via on Wed May 25, 2011 12:19 am

    Kenapa Orang Tua Selalu Rewel?



    Dalam sebuah acara diskusi seorang perempuan muda mengeluhkan sikap mertuanya yang sangat rewel. Ia mengaku terkadang ingin marah karena tak tahan dengan sikap rewel mertuanya tapi selalu diurungkan karena tak mau bersikap kurang ajar yang akhirnya ia jadi kesal sendiri. Kenapa orang yang sudah tua cenderung suka rewel?

    dr Nina Kemala Sari, SpPD-KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Penyakit Dalam FKUI mengatakan ada beberapa penyebab kenapa orang yang semakin tua akan semakin rewel atau banyak maunya yang kadang bisa membuat orang yang merawatnya kesal.

    Penyebab-penyebab orang yang makin tua rewel antara lain:

    1. Gangguan pada fungsi kognitif (kemampuan untuk memahami sesuatu) atau menjadi pikun

    "Pertama dilihat dulu fungsi kognitif atau daya pikirnya apakah ada gangguan atau tidak misalnya seperti demensia sehingga membuat orang tua rentan menjadi rewel. Gangguan ini juga ada derajatnya," ujar dr Nina dalam acara media edukasi Sehat dan Mandiri di Masa Tua dengan Menjaga Nutrisi Seimbang di Hotel Akmani, Jakarta.

    dr Nina menuturkan jika kondisi kognitifnya baik-baik saja atau tidak ada masalah, maka mungkin ada faktor lain yang mendasari.

    2. Kondisi lain ini disebabkan oleh adanya infeksi di dalam tubuh yang nantinya akan berujung pada orang tua menjadi tidak mau makan.

    3. Faktor orangtua yang merasa tidak puas dengan kehidupannya. Misalnya anaknya tidak menelepon, jarang berkunjung, merasa kurang diperhatikan, adanya kekecewaan di masa lalu atau masalah non teknis lainnya.

    "Tidak mudah memang menghadapi orang tua yang rewel, sehingga kadang orang tua juga perlu dididik. Jadi bantulah ia agar bisa fokus pada sesuatu yang bisa diubah, karena kalau ia fokus pada sesuatu yang di luar kemampuannya bisa mempengaruhi emosinya," ujar dokter dari Divisi Geriatri Departemen Penyakit Dalam FKUI.

    dr Nina menyarankan jika rewelnya akibat demensia maka cobalah untuk tidak memberinya terlalu banyak pesan, tapi bicaralah secara pelan-pelan dengan intonasi yang cukup dan gerak bibir yang bisa dibaca. Hal ini karena orang yang demensia bisa membaca gerak bibir dengan baik dan lebih mudah mengerti.

    Selain itu ajaklah ia berdiskusi agar bisa memperlambat penurunan kognitifnya, sering-seringlah mengunjunginya jika tinggalnya berjauhan, ajaklah ia memelihara sesuatu seperti hewan atau tanaman dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan minat atau hobinya.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 7:51 am