Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Yesterday at 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Makanan Menggiurkan Tetapi Musuh Bebuyutan Tulang

    Share

    flade

    935
    23.09.09

    Makanan Menggiurkan Tetapi Musuh Bebuyutan Tulang

    Post  flade on Tue Jun 07, 2011 10:27 am

    Makanan Menggiurkan Tetapi Musuh Bebuyutan Tulang


    Tulang merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh, sehingga kesehatannya harus diperhatikan secara khusus. Salah satunya adalah dengan menghindari 5 makanan dan minuman yang bisa mengancam kesehatan tulang. Makanan atau nutrisi yang dikonsumsi bisa berdampak positif dan juga negatif bagi kesehatan tulang, seperti kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang.

    Tapi beberapa nutrisi lainnya justru bisa menyebabkan tulang melemah sehingga mengancam kesehatannya. Ada 5 makanan dan minuman yang sebaiknya dikurangi asupannya agar tulang tetap sehat, seperti:

    1. Minuman bersoda (soft drink)

    Sebagian besar minuman bersoda mengandung asam fosfat yang bisa meningkatkan laju ekskresi kalsium melalui urine. Selain itu minuman ini juga kerap lebih disukai dibanding minuman lain yang lebih sehat, sehingga mengurangi asupan kalisum secara keseluruhan.

    2. Garam

    Konsumsi garam berlebih atau kadar natrium yang spesifik bisa menyebabkan hilangnya kalsium, sehingga tulang akan melemah dari waktu ke waktu. Para ahli menuturkan seseorang akan kehilangan 40 mg kalsium dalam urine setiap konsumsi 2.300 mg natrium. Selain garam meja, garam juga kerap ditemukan pada hampir semua makanan olahan seperti sereal sarapan dan makanan cepat saji.

    Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium bisa membantu mengurangi hilangnya kalsium di dalam tubuh dan membantu keseimbangan kadar natrium dalam darah. Makanan kaya kalium seperti ubi jalar, pisang, tomat dan bayam.

    3. Kafein

    Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, tapi juga dalam minuman energi. Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa mengancam kesehatan tulang. Untuk mengatasinya cobalah membatasi asupan kopi, pilihlah minuman teh karena senyawa dalam tanamannya kemungkinan bisa melindungi tulang serta menambahkan susu pada kopi untuk mengurangi efek melemahnya tulang.

    4. Alkohol

    Studi menunjukkan konsumsi alkohol berlebih bisa mempengaruhi kesehatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Hal ini karena konsumsi alkohol bisa mengganggu pankreas dan penyerapan kalsium serta vitamin D. Selain itu alkohol juga mempengaruhi fungsi osteoblast (sel-sel pembentuk tulang) dan mengurangi estrogen yang membuat renovasi tulang melambat.

    5. Minyak terhidrogenasi

    Studi menunjukkan vitamin K akan hancur ketika minyak nabati cair dikonversikan ke dalam bentuk padat melalui proses hidrogenasi (menjenuhkan). Padahal vitamin K dibutuhkan untuk tulang kuat dan penyerapan kalsium. Untuk itu cobalah menggantinya dengan minyak canola dan minyak zaitun.

    Begitu juga dengan yang manis-manis. Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis ternyata tidak baik untuk kekuatan atau massa tulang. Sedangkan makanan yang dianjurkan karena mengandung banyak kalsium adalah konsumsi susu serta produk olahannya, perbanyak makan ikan, buah atau sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan serta tahu dan tempe.



      Waktu sekarang Sun Sep 25, 2016 9:01 pm