Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

    Share

    ludwina

    127
    18.04.11

    Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

    Post  ludwina on Sun Jun 19, 2011 10:52 am

    Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat


    Sering merasakan sakit di punggung, otot tegang atau leher kaku? Mungkin tas Anda penyebabnya. Kebiasaan membawa banyak barang di tas tangan, ransel atau tas kantor ternyata bisa mengganggu anatomi tubuh.

    Dikutip dari Times of India, sudah banyak jumlah wanita yang mengeluhkan sakit akibat membawa tas yang terlalu berat. Rasa sakit umumnya dialami pada bahu, punggung bagian bawah, leher, kepala bahkan ngilu pada persendian.

    Sayangilah tubuh dan tulang Anda! Jaga agar tidak mengalami kerusakan permanen. Simak tiga tips berikut ini untuk menghindarkan Anda dari sakit punggung.

    1. Atur Barang dalam Tas

    Ahli Bedah Ortopedi Dr Ashish Phadnis mengatakan, membawa beban berat di punggung dapat mengakibatkan berbagai penyakit di sekitar tulang punggung. Salah satunya adalah postur membungkuk, sakit punggung, ketegangan otot, dan terkilir.

    "Secara umum, berat maksimum yang dapat dibawa seseorang adalah sekitar 15 persen dari berat tubuhnya. Idealnya, beban pada punggung harus didistribusikan di daerah yang lebih luas, yaitu kedua bahu. Jika masih terasa berat, susunlah barang-barang yang ada dalam tas agar tidak ada tekanan yang berat sebelah, " jelas Dr Ashish.

    Dia juga menambahkan, distribusi beban yang tidak merata dapat menyebabkan masalah postural. Seperti bahu yang bongkok, sindrom impingement pada bahu, sakit leher kronis, tekanan dan peregangan pada jaringan yang dapat mengakibatkan rasa sakit dan kesemutan. Pengobatan yang diperlukan adalah mengistirahatkan otot yang sakit, memperbaiki postur tubuh dengan berolahraga. Namun olahraga juga harus dipantau oleh fisioterapis.

    2. Kurangi Tarikan Otot

    Dr Darius Soonawala, seorang ahli bedah ortopedi terkemuka mengatakan, jumlah beban yang dapat dibawa seseorang sangat bervariasi. Bisa tergantung pada barang bawaan, cara mengangkat, atau orang itu sendiri.

    "Sambil mengangkat, hindari membungkuk ke depan. Dekatkan objek atau tas dengan tubuh Anda. Tas ransel baik digunakan jika Anda membawa beban untuk jarak yang jauh,” saran Dr Darius.

    Jika salah satu punggung terasa sakit saat mengangkat tas, jangan dipaksakan, taruhlah tas tersebut. Mintalah teman untuk membagi beban bawaan jika terasa terlalu berat.

    "Olahraga penguatan punggung sangat diperlukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan mengangkat beban,” tambahnya.

    3. Kenali Gejalanya

    Bagaimana Anda tahu kapan membawa beban terlalu banyak? Dr Kaushal Malhan, ahli bedah tulang, mengatakan tubuh memiliki mekanisme keamanan. Segala bentuk ketidaknyamanan adalah tanda bagi Anda untuk berhenti membawa beban berat.

    "Mengangkat beban secara tiba-tiba tidak menyebabkan cedera seperti yang ditimbulkan adanya tekanan pada punggung. Tekanan berat menyebabkan ketegangan pada otot tubuh. Pastikan beban dapat terbagi rata pada tubuh. Jika sudah muncul gejala sakit pada punggung, cobalah untuk mengobati rasa sakit tersebut," ujar Dr Khausal.



      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 7:07 pm