Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Jangan Meludah, Jika Ingin Sembunyikan Umur

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Jangan Meludah, Jika Ingin Sembunyikan Umur

    Post  clara on Mon Jun 27, 2011 2:54 am

    Jangan Meludah, Jika Ingin Sembunyikan Umur


    Penampilan bisa saja menyembunyikan umur seseorang, tapi tidak dengan air ludah (saliva). Air ludah bisa dengan akurat menebak umur seseorang. Sampai-sampai muncul istilah jangan meludah sembarangan jika ingin menyembunyikan umur Anda.

    Ilmuwan dari University of California di Los Angeles (UCLA) Amerika, berhasil menemukan cara menentukan umur seseorang dari air ludah dengan melakukan modifikasi kimia (proses metilasi) pada salah satu dari empat blok pembangun DNA manusia.

    Terobosan ini diharapkan bisa secara aplikatif digunakan dalam 5 tahun mendatang. Temuan ini juga akan membantu mengungkap kasus-kasus kejahatan kriminal seperti menentukan umur korban pembunuhan.

    Air ludah yang diperiksa ini bisa diambil dari mana saja yang meninggalkan jejak air ludah termasuk bekas air ludah di puntung rokok. Hasil temuan yang telah dilaporkan dalam edisi online Public Library of Science One journal.

    "Dengan hanya menggunakan sampel air ludah, kita secara akurat bisa memprediksi umur sesorang tanpa mengetahui informasi apa pun dari orang tersebut," ujar Dr. Eric Vilain, direktur di pusat pengembangan masyarakat dan genetika UCLA seperti dilansir dari FoxNews.

    Dalam penelitiannya, ilmuwan mempelajari proses metilasi air liur pada 34 pasangan kembar. Ilmuwan mempelajari genom pada DNA yang dikaitkan dengan usia proses metilasi. Setelah mengidentifikasi dua atau tiga gen dengan usia yang terkait dengan proses metilasi, peneliti lalu mencocokkan hasilnya dengan usia sebenarnya dari partisipan.

    Dr Vilain mengatakan temuan ini juga sangat potensial untuk mencari tahu bagaimana proses penuaan seseorang terjadi terhadap kronologi usia sebenarnya dan bagaimana lingkungan juga ikut mempengaruhinya.

    "Temuan ini membuka jalan untuk penemuan obat-obatan yang disesuaikan dengan karakteristik sesorang. Apakah obat-obatan bisa memperlambat proses penuaan yang dipengaruhi perubahan lingkungan atau perubahan dinamis lainnya, ini benar-benar menarik," kata Dr Vilain.

    Sebelumnya, ilmuwan juga telah menemukan beberapa cara mendeteksi penyakit dengan menggunakan air liur. Tes saliva diklaim lebih mewakili banyaknya jumlah hormon sehingga cocok untuk mengetahui kondisi hormon seseorang.

    Meski begitu jika dikaitkan dengan hormon, tes air ludah ini ada kekurangannya karena perlu beberapa kali tes karena orang mengalami turun naik kadar hormonnya. Misalnya, saat mendekati masa menopause, perempuan akan mengalami berbagai gejala akibat adanya penurunan kadar estrogen.

    Tapi temuan air liur untuk menentukan umur sesorang dianggap cukup akurat karena yang diperiksa adalah gen sesorang yang jarang terpengaruh oleh kondisi apa pun.



      Waktu sekarang Tue Sep 27, 2016 7:13 am