Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    Salmon Tataki yang Lembut Mengelus Lidah

    Share

    ludwina

    127
    18.04.11

    Salmon Tataki yang Lembut Mengelus Lidah

    Post  ludwina on Sat Jul 02, 2011 9:35 am

    Salmon Tataki yang Lembut Mengelus Lidah


    Ikan salmon di resto sushi ini memang selalu segar. Selain disajikan sebagai salad yang terkenal enak, ikan salmon disajikan lebih unik. Salmon Tataki, yang dipanggang sebentar, memberi kejutan lembut enak. Terutama saat dicelup saus spesial yang gurih enak! Tottemo oishii!

    Mampir ke Sushi Joobu cabang Pesanggrahan saya kembali mendapat kejutan. Buku menu yang disodorkan sudah berisi foto-foto makanan. Jadi gampang untuk membayangkan makanan yang dipesan. Hmm..kalau biasanya memesan Salmon Salad sebagai pembuka, kali ini saya memilih Salmon Tataki. Explotion, yang menurut penuturan pelayan serupa dengan Joobu Special Roll tak luput daftar pesanan.

    "Mas, sirip salmonnya ada nggak?" tanya teman saya. Wah, agaknya dia pernah mencicipi sirip salmon panggang. Pantas saja ketagihan! Ternyata, sirip salmon memang sengaja tidak dicantumkan di dalam menu, karena jumlahnya terbatas. Hanya pengunjung yang sudah biasa dengan menu ini saja yang memesannya.

    Sepuluh irisan tipis daging ikan salmon dibentuk seperti kipas disajikan bersama dengan serutan halus wortel dan lobak. Saus berwarna putih pucat jadi cocolannya. Meski terlihat panas, salmon ternyata tidak panas, bahkan menggiurkan.

    Dari luar tampak seperti salmon panggang, namun saat digigit teksturnya tetap lembut dan masih terasa sangat segar. Ternyata ini memang sengaja dilakukan, potongan salmon dipanggang tidak lebih dari tiga detik untuk memberikan warna pada bagian luarnya. Kemudian ditaburi garam dan merica serta bumbu lainnya, di bagian pinggir.

    Setelah dicelupkan ke dalam saus berwarna pucat yang rasanya makin gurih enak. Rasa sausnya mirip dengan saus pada salmon salad. Gurih mayones Jepang dengan semburat manis dan aroma wijen yang wangi, namun sedikit encer.

    Explotion, selintas agak mirip Joobu Special Rolls. Permukaannya diberi lelehan saus mayones sebagai toppingnya. Sushi roll ini bisa disantap mereka yang tak bisa menyantap ikan mentah. Berbeda dari sushi roll kebanyakan, Explotion tidak disajikan dengan nasi di dalamnya. Daging ikan salmon yang digulung dengan nori berisi wakame, unagi, cream cheese kemudian dibalut tepung tipis yang digoreng hingga garing renyah. Meskipun tanpa nasi, porsi Explotion cukup mengenyangkan.

    Sirip salmon panggang yang merupakan pesanan ekstra disajikan panas mengepul. Aroma wangi gurih bumbu teriyakipun tercium kuat. Makin tak sabar saja saya untuk mencicipinya. Satu porsi terdiri dari empat potong sirip salmon yang sudah di panggang. Saus cocolannya berwarna merah kecokelatan, tampak garang

    Sebenarnya daging salmon di bagian sirip ini tidak banyak. Tetapi sedikit daging yang berbalut lemak salmon yang dipanggang justru terasa nyuuss gurih enak! Apalagi tidak ada jejak anyir aroma ikan. Dicocol dengan saus yang rasanya asam pedas makin enak. Sausnya terbuat dari soyu, cuka lemon, dan gerusan cabai kering, sehingga ada aksen pedas menggigit yang bikin melek! Tak perlu waktu lama, seporsi sirip salmon pun langsung tandas tak bersisa.

    Wah..benar-benar kejutan yang menarik di santap siang kali ini. Segelas milkshake ogura dan ice cream ogura coffee pun jadi penutup yang manis. Rasa manisnya pas membilas tenggorokan dari jejak salmon tataki dan juga sirip salmon. Sluurrp!



      Waktu sekarang Tue Sep 27, 2016 12:23 pm