Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Cara Mengatasi Susah Tidur Setelah Minum Kopi

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Cara Mengatasi Susah Tidur Setelah Minum Kopi

    Post  via on Tue Jul 05, 2011 3:59 am

    Cara Mengatasi Susah Tidur Setelah Minum Kopi


    Satu hal yang sering dikeluhkan saat terlalu banyak minum kopi adalah susah tidur, padahal keesokan harinya harus bangun pagi untuk masuk kerja. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menetralkan efek kafein sehingga lebih cepat tertidur.

    Cara-cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun seperti dikutip dari Foxnews, adalah sebagai berikut.

    1. Ciptakan suasana yang tenang
    Di bawah pengaruh kafein, tubuh membutuhkan usaha lebih keras untuk bisa jatuh tertidur. Agar lebih mudah, sebisa mungkin jangan sampai ada benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian seperti pesawat TV, komputer, ponsel serta video game di kamar tidur.

    Meski benda-benda tersebut sudah disingkirkan, kadang-kadang masih ada suara berisik yang memang sulit dihindari seperti bunyi kulkas atau suara kucing yang sedang berkelahi. Suara berisik semacam ini bisa dinetralkan dengan CD atau kaset berisi bunyi-bunyian yang menenangkan atau sering disebut 'white noise' seperti suara ombak di pantai atau hembusan angin menerpa pohon pinus di pegunungan.

    2. Lakukan gerakan-gerakan ringan
    Berbagai penelitian membuktikan olahraga secara teratur bisa mengatasi gangguan susah tidur. Namun dalam kondisi darurat ketika butuh segera tidur, olahraga ringan yang dilakukan sekali waktu juga bisa membantu menetralkan efek kafein akibat kebanyakan minum kopi.

    Lakukan gerakan-gerakan kalestenik atau tanpa alat, misalnya push up atau jumping jacks (meloncat-loncat sambil melakukan gerakan buka-tutup dengan kaki dan tangan). Jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak keringat yang keluar maka tubuh akan terasa tidak nyaman dan semakin susah tidur.

    3. Minum segelas susu hangat
    Segelas susu hangat banyak mengandung triptofan, sejenis protein yang di dalam tubuh akan diubah menjadi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan rasa kantuk sebelum seseorang bisa jatuh tertidur.

    Sepotong roti untuk menemani susu hangat juga bisa membantu, karena kandungan karbohidrat di dalamnya akan merangsang insulin yang bisa meningkatkan efek triptofan. Pilih roti yang tidak terlalu manis, karena lebih berisiko memicu kegemukan.

    4. Lakukan relaksasi mental secara aktif
    Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan tetapi belum juga bisa tidur, lakukan relaksasi secara aktif. Salah satunya dengan memalingkan pandangan mata dari jam dinding atau sejenisnya yang akan mengingatkan bahwa malam semakin larut karena dampaknya justru akan semakin gelisah.

    Cara berikutnya adalah duduk senyaman mungkin sambil membaca majalah yang isinya artikel-artikel ringan dan menghibur. Bisa juga dengan langsung berbaring di ranjang, menutup mata lalu berkonsentrasi penuh membayangkan obyek yang menenangkan misalnya suasana air terjun di pegunungan.



      Waktu sekarang Sat Dec 03, 2016 3:03 am