Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Lima Pengendali 'Ngidam' Makanan

    Share

    via

    848
    04.03.09

    Lima Pengendali 'Ngidam' Makanan

    Post  via on Wed Jul 20, 2011 5:59 am

    Lima Pengendali 'Ngidam' Makanan


    Ingin makan sesuatu yang aneh secara tiba-tiba selalu identik dengan wanita hamil. Tapi tidak hanya wanita hamil yang mengalaminya. Semua orang berpotensi mengalami hal ini.

    Bagi yang mengidamkan makanan aneh, kerap bertanya apakah penyebab keinginan untuk mengunyah sepotong cokelat atau makan makanan tertentu?
    Sejumlah penelitian yang mengungkap hal ini. Seperti dikutip laman Shine, berikut beberapa tips yang bisa membantu anda mengendalikan ngidam:

    1. Mengidam tidak harus selalu dituruti
    Sebuah teori menyatakan, ngidam makanan tertentu menyebabkan ketagihan. Beberapa ahli mengatakan bahwa makanan tertentu memicu pelepasan endorfin dalam otak, mempengaruhi perubahan hormonal dan kebiasaan makan.

    Ada pula alasan fisiologis mengapa seseorang selalu mendambakan makanan, banyak juga karena pengaruh mental, kata Michelle May, MD, penulis 'Eat What You Love'.

    Elizabeth Somer, RD, penulis buku Food & Mood juga mengatakan, ketika Anda menginginkan makanan tertentu, tanyakan pada diri Anda apakah itu perasaan yang bisa memicu kecanduan, kebosanan, stres, atau kesedihan. Pertimbangkan pula jenis makanan yang Anda inginkan, apakah mempengaruhi kebutuhan emosional Anda, kata Dr Somer.

    "Jika keinginan makanan hadir tapi bukan disebabkan oleh rasa lapar, makanan tidak akan pernah memuaskan," ucap Dr Somer. Akan lebih baik, menelepon teman atau pergi berjalan-jalan sehingga bisa meredakan keinginan Anda untuk makan.

    2. Mengabaikan 'ngidam' untuk diet
    "Orang-orang yang berjuang mengendalikan makan berlebihan cenderung memiliki melawan hasrat makan demi mengendalikan berat badan mereka," kata Dr Somer.

    Namun hal ini dapat berdampak sebaliknya, karena Anda bisa makan lebih banyak untuk mengganti makanan yang Anda inginkan. Kebanyakan ahli setuju bahwa puas dengan apa dimakan membuat seseorang mudah makan lebih sedikit.

    Dr Somer menyarankan, siasati keinginan Anda. Manjakan diri dengan berbagai makanan yang Anda suka, namun ukur porsinya. Bila ingin makan cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan lemak dan gula yang lebih sedikit daripada cokelat susu.

    3.Cokelat makanan paling diidamkan
    Penelitian yang dipublikasikan dalam 'Journal of American Dietetic Association' menemukan, cokelat merupakan makanan yang paling sering diidamkan di berbagai belahan dunia.

    Tapi, penyebab ngidam cokelat masih belum jelas. Ahli menduga, cokelat mampu meningkatkan jumlah endorfin, dan kafein atau cokelat mengandung magnesium. Namun, ada beberapa bukti bahwa berjalan kaki 15 menit dapat membantu mengekang keinginan Anda untuk makan.

    4.Mengidam makanan manis lebih memuaskan

    Rasa manis gula yang menempel di lidah, memicu serbuan endorfin sehingga menimbulkan suasana hati yang baik, kata Somer dalam bukunya.

    Dalam sebuah penelitian di Universitas Johns Hopkins pada tahun 1990, bayi yang mulai merengek diberikan air gula akan menghentikan tangisnya seketika, sementara bayi yang diberikan air putih biasa, tetap menangis.

    Neal Barnard, penulis Breaking the Food Seduction, mencatat bahwa jika empeng ditarik, bayi akan segera menangis. Tetapi efek gula tetap ada selama beberapa menit. Untuk itu, jika anda mengidamkan makanan, cobalah menempelkan gula di lidah untuk memberikan rasa puas. Sehingga, bisa meredam keinginan untuk makan.

    5. Mengurangi asupan garam bisa mengurangi keinginan makan
    Neal Barnard dan Ahli Gizi asal New York, Karen Ansel, RD, setuju bahwa mengurangi asupan garam bisa mengurangi keinginan untuk makan banyak.

    James Cocores, MD, telah melakukan penelitian pada makanan asin dan menemukan bahwa garam dapat berperan sebagai adiktif seperti narkotika. Karena garam memicu perasaan menjadi lebih baik. Jika Anda menemukan diri selalu menginginkan makanan asin, makanlah tapi dalam porsi kecil.



      Waktu sekarang Sat Oct 01, 2016 8:34 am