Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Telapak Kaki Perlu Dilatih dengan Olahraga Tanpa Bersepatu

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    Telapak Kaki Perlu Dilatih dengan Olahraga Tanpa Bersepatu

    Post  clara on Fri Aug 05, 2011 12:50 am

    Telapak Kaki Perlu Dilatih dengan Olahraga Tanpa Bersepatu


    Saat olahraga, sepatu dapat melindungi telapak kaki dari benda tajam atau kotoran di tanah. Namun jika terlalu sering olahraga pakai sepatu, efeknya tidak bagus bagi keseimbangan tubuh karena kaki jadi tidak stabil menopang berat badan.

    Seorang podiatris atau ahli kesehatan kaki lulusan New York College of Podiatric Medicine, Dr Emily Splichal mengatakan kaki manusia sudah didesain untuk berdiri dengan stabil. Namun di pasaran, banyak sepatu dan alas kaki yang mengklaim dapat membuat kaki lebih stabil.

    Bukannya bermanfaat, kadang-kadang sepatu yang terlalu canggih justru merugikan mekanisme alami yang dimiliki oleh kaki manusia untuk menyeimbangkan diri. Karena itu, sekali waktu kaki tetap harus dipakai untuk berolahraga tanpa memakai alas.

    Manfaat olahraga tanpa alas kaki menurut dr Splichal ada 2, yakni menjaga kekuatan otot khususnya di telapak kaki sekaligus menjaga kelenturannya. Kedua hal yang menjadi kelebihan kaki manusia ini makin lama makin diambil alih oleh teknologi sepatu olahraga.

    Untuk melatih kekuatan dan kelenturan otot telapak kaki, caranya adalah dengan berdiri tanpa alas kaki di atas selembar kain atau handuk yang sudah tidak dipakai. Dengan menggunakan kekuatan jari dan jempol kaki, handuk atau kain tersebut harus dilipat-lipat sampai terasa pegal.

    Cara lain yang bisa dilakukan untuk melatih otot telapak kaki adalah dengan menggunakan kelereng. Caranya hampir sama, yakni sambil berdiri lalu menggunakan kekuatan jari dan jempol kaki untuk memungut kelereng yang dibiarkan berserakan di lantai.

    Jika kekuatan dan kelenturan otot di telapak kaki terjaga, maka berbagai fitur pada sepatu olahraga yang harganya mahal sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh kaki manusia. Kalaupun mau dipakai, tentunya kaki yang sehat akan memberikan kestabilan yang lebih baik.

    "Secara alami kaki manusia memiliki sistem peredam kejut (shock absorber) sendiri, hanya saja sistem tersebut jadi malas karena terlalu sering dibantu oleh sepatu berperedam kejut," ungkap dr Splichal seperti dikutip dari Foxnews.



      Waktu sekarang Mon Dec 05, 2016 1:24 am