Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Makanan yang Bisa Membuat Mood Bagus

    Share

    julia

    138
    25.06.11

    Makanan yang Bisa Membuat Mood Bagus

    Post  julia on Sat Aug 06, 2011 1:27 am

    Makanan yang Bisa Membuat Mood Bagus


    Makanan tidak hanya dapat mengenyangkan perut dan memuaskan rasa lapar, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati. Orang yang selalu makan makanan sehat cenderung memiliki suasana hati yang baik.

    Makanan dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang, tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Ada makanan tertentu yang akan menambah positif pikiran, sementara ada pula yang menyebabkan efek sebaliknya.

    Makanan yang berasal dari gula dan pati biasanya akan dapat meningkatkan suasana hati karena mampu melepaskan serotonin yang berasal dari triptofan (asam amino). Hormon ini dapat mengurangi depresi.

    Sedangkan makanan yang mengandung protein seperti daging, unggas, produk susu dan kacang-kacangan dapat membuat otak melepaskan nor epinephrine dan dopamin, yang berasal dari asam amino tirosin dan dapat meningkatkan konsentrasi mental dan kewaspadaan.

    Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan mood positif, seperti dilansir Lifemojo:

    1. Karbohidrat sehat
    Karbohidrat tidak selalu buruk. Orang yang melakukan diet ketat dengan menghindari karbohidrat malah banyak yang tampak kusam, tertekan dan rewel. Alasannya karena mereka kekurangan triptofan.

    Triptofan adalah asam amino non-esensial yang dilepaskan setelah asupan karbohidrat. Ini masuk ke dalam otak dan melepaskan serotonin, yang menenangkan dan anti-depresan neurotransmiter. Pilihlah karbohidrat yang sehat seperti biji-bijian, gandum, pasta, beras merah.

    2. Asam lemak omega 3
    Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 tak jenuh ganda yang ditemukan pada ikan, biji rami dan kenari dapat membantu dalam melindungi terhadap depresi.

    3. Mulailah hari dengan sarapan sehat
    Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sarapan seimbang yang sehat memiliki mood dan memori yang lebih baik, serta lebih banyak energi sepanjang hari.

    4. Makanan kaya selenium
    Selenium juga bertindak sebagai peningkat suasana hati. Sebuah studi di Texas Tech University menyarankan bahwa suplemen selenium membantu dalam mengobati depresi. Dalam studi yang sama, kekurangan asupan seleniu dikaitkan dengan suasana hati yang buruk. Makanan yang kaya selenium seperti kacang dan biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut dan produk susu rendah lemak.

    5. Kurangi kafein
    Kafein dapat membuat Anda terjaga dan waspada di malam hari, tapi pasti mengubah suasana hati pada hari berikutnya. Orang yang sensitif terhadap kafein bahkan bisa menjadi depresi. Anda perlu mengurangi kafein jika Anda menemukan itu menyebabkan depresi.



      Waktu sekarang Sun Oct 02, 2016 12:16 am