Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Orang-orang yang Rentan Memiliki Gigi Berlubang

    Share

    zuko

    152
    25.06.11

    Orang-orang yang Rentan Memiliki Gigi Berlubang

    Post  zuko on Mon Aug 15, 2011 12:11 am

    Orang-orang yang Rentan Memiliki Gigi Berlubang


    Gigi berlubang merupakan masalah yang pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat. Tapi ada beberapa orang yang diketahui lebih rentan mengalami gigi berlubang dibanding yang lainnya.

    Diperkirakan sekitar 97 persen orang di dunia pernah mengalami gigi berlubang. Kerusakan gigi ini biasanya disebabkan oleh demineralisasi gigi oleh asam. Ketika pH dalam rongga mulut kurang dari 5,5, maka demineralisasi enamel gigi mulai terjadi.

    Tingkat demineralisasi yang tinggi akan mempengaruhi enamel dan akar gigi, kondisi ini akan memicu perkembangan gigi berlubang. Faktor lain yang mempengaruhi adalah konsentrasi ion fluorida dan produksi air liur.

    Beberapa hal bisa menjadi penyebab seseorang lebih rentan mengalami gigi berlubang dibanding yang lain, seperti dikutip dari Buzzle, yaitu:

    1. Struktur gigi
    Secara umum, morfologi gigi setiap orang sama. Tapi kadang pada masing-masing individu memiliki perbedaan morfologi yang khas, seperti memiliki struktur gigi yang membuat plak sulit dihilangkan sehingga meningkatkan kemungkinan gigi berlubang.

    2. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis
    Terbentuknya lubang sebagian besar karena adanya serangan asam. Bakteri dalam rongga mulut sangat tergantung pada gula sebagai sumber energinya. Ketika gula dipecah maka ia membentuk asam laktat yang berperan dalam proses demineralisasi enamel gigi, karenanya orang yang senang makanan manis lebih rentan mengalami gigi berlubang.

    3. Kebersihan mulut dan gigi yang buruk
    Menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menggosok gigi dua kali sehari dan flossing secara teratur bisa mencegah akumulasi bakteri yang ada di rongga mulut sehingga mengurangi pembentukan lubang atau rongga.

    4. Memiliki air liur yang sedikit
    Jumlah air liur yang disekresikan dalam mulut menjadi faktor pengendali pembentukan lubang. Orang dengan jumlah air liur sedikit lebih rentan memiliki gigi berlubang, karena air liur bisa menjadi sumber alami pembersihan kuman dan asam di mulut. Selain itu kekentalan air liur juga memainkan peran, jika air liur sangat kental maka tidak bisa membersihkan bakteri dalam rongga gigi secara optimal.

    5. Adanya bakteri tertentu
    Tidak semua bakteri bisa menyebabkan gigi berlubang, tapi umumnya bakteri yang menghasilkan asam laktat bisa memicu gigi berlubang. Karenanya strain bakteri yang menempati gigi memiliki peran penting selain plak.

    6. Perempuan hamil
    Beberapa studi menunjukkan ibu hamil lebih rentan mengalami gigi berlubang karena jumlah air liur yang berkurang selama kehamilan. Jumlah air liur yang dikeluarkan tidak cukup untuk melindungi gigi terhadap bakteri dan serangan asam.



      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 7:00 am