Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Cara Tenang Merawat Anak yang Sedang Sakit

    Share

    rizka

    80
    23.05.11

    Cara Tenang Merawat Anak yang Sedang Sakit

    Post  rizka on Mon Aug 29, 2011 5:03 pm

    Cara Tenang Merawat Anak yang Sedang Sakit


    Setiap orangtua pasti akan merasa panik dan khawatir ketika buah hatinya sakit. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua agar bisa tenang dan berdamai saat anak sakit.

    Berurusan dengan anak yang sakit adalah salah satu tantangan terbesar dari orangtua, karena harus menangani kebutuhan fisik, medis serta emosional anak yang sering tidak bisa dikontrol saat sakit.

    Penyakit yang sering dialami si kecil adalah flu, asma, batuk, demam, sesak napas, infeksi telinga, tenggorokan atau infeksi umum lainnya. Berikut ini tips yang bisa membantu orangtua ketika si kecil sedang sakit, seperti dikutip dari Lifemojo, yaitu:

    1. Periksa gejala yang muncul pada anak dengan seksama, biasanya anak tidak bisa menjelaskan gejala yang sebenarnya dialami. Untuk itu periksa dengan seksama seperti demam dan rasa sakit yang muncul.

    2. Tetaplah tenang dan jangan panik di depan anak, karena bisa memberikan efek menenangkan pada diri anak. Jika tenang maka orangtua bisa lebih fokus melihat kondisi si anak dan berpikir jernih.

    3. Manjakan anak yang sedang sakit, saat sakit maka anak dalam masa yang sulit karenanya manjakanlah dia dengan memberinya ijin untuk tidak bersekolah, membuatkan makanan kesukaannya atau membacakan buku agar ia terhibur.

    4. Sediakan obat-obat untuk penyakit yang umum dan ringan sebagai bentuk pencegahan pertama, tapi jangan mencoba untuk menjadi 'dokter'. Jika kondisi anak tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

    5. Pastikan anak makan dan minum dengan baik, karena anak sakit umumnya tidak nafsu dan sulit untuk makan. Jika anak sulit makan, buatkanlah makanan kesukaannya atau memberinya makan dalam porsi kecil-kecil tapi sering, serta pastikan anak mendapatkan minum yang cukup.

    6. Tetaplah menjaga kebersihan si kecil, gantilah baju dan pakaian dalam anak secara rutin. Jika anak memang tidak bisa mandi sendiri, maka lap badannya dengan menggunakan handuk atau spons basah.

    7. Cobalah menghibur anak, karena biasanya ia akan merasa bosan harus seharian di rumah atau di tempat tidur. Berilah video atau film kesukaannya, bermain bersama atau membacakan buku bersama-sama.

    8. Pastikan anak minum obat secara teratur, bantulah si kecil minum obat karena biasanya sulit bagi anak untuk mau minum obat sendiri terlebih jika obat tersebut pahit tapi hindari pemaksaan yang bisa membuat anak jadi trauma dengan obat.

    Kunci paling penting ketika merawat anak yang sedang sakit adalah kesabaran, tidak peduli seberapa sulit situasi yang harus dihadapi. Mengobati anak dengan kesabaran dan kasih sayang akan membantu orangtua berdamai dengan kondisi anak yang sakit.



      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 12:01 pm