Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    5 Kebiasaan Buruk Si Kecil & Cara Mengatasinya

    Share

    pravda

    260
    07.06.10

    5 Kebiasaan Buruk Si Kecil & Cara Mengatasinya

    Post  pravda on Wed Sep 07, 2011 1:17 pm

    5 Kebiasaan Buruk Si Kecil & Cara Mengatasinya


    Tidak jarang kita melihat si kecil menggigit kuku, menghisap jempol atau mengupil di depan umum. Ingin mencoba menghilangkan kebiasaannya yang kurang baik itu?

    Psikolog Dr Pat Spungin menjelaskan, anak kecil tidak mengerti jika kebiasaan buruknya tersebut dapat membuat mereka tidak diterima di lingkungannya. Maka dari itu, jangan anggap remeh kebiasaan buruk si kecil tersebut. Jika tidak segera ditangani, maka akan terbawa hingga ia dewasa nanti.

    Seperti dilansir dari Telegraph, berikut ini lima kebiasaan anak yang sebaiknya dihentikan dan cara membujuk mereka agar mau meninggalkan kebiasaan buruknya itu.

    1. Menggigit Kuku
    Menggigit kuku bisa disebabkan karena gugup atau bosan. Menggigit kuku dapat membuat jari terluka dan berdarah, parahnya lagi dapat menyebabkan infeksi. Jika si kecil mulai menggigit kuku bisa jadi dia mulai stres. Alihkan pikiran si kecil dengan menyibukkannya. Anda bisa memilihkan permainan yang banyak menggunakan tangan, seperti bermain membentuk lilin, menggambar atau bermain pasir.

    2. Menghisap Jempol
    Menghisap jempol bisa menyebabkan kerusakan gigi dan membuat gigi berjarak. Hasil USG sering menunjukkan, ketika dalam kandungan si kecil sering menghisap jempol. Sayangnya, kebiasannya itu berlanjut hingga dia kanak-kanak. Hilangkan kebiasaannya tersebut perlahan-lahan dan secara bertahap. Pada awalnya Anda hanya memperbolehkannya menghisap jempol di rumah, lalu berkurang, hanya pada waktu tidur saja.

    3. Mengupil
    Membersihkan hidung memang baik, namun jika mengorek hidung menjadi kebiasaan si kecil tentu menjadi tidak baik. Ketika mengupil, anak-anak sering membuangnya ke dinding, sofa atau pinggiran tempat tidur. Tidak jarang mereka juga memainkan kotoran hidungnya, bahkan memakannya.

    Perilaku si kecil ini bisa disebabkan karena dia meniru orang dewasa. Sebuah studi menunjukkan bahwa 91 persen orang dewasa melakukannya, sehingga anak-anak mengikutinya. Kebiasaan mengupil si kecil juga bisa menyebabkan iritasi di kulit bagian dalam hidung. Untuk menyembuhkannya, orangtua bisa memulaskan petroleum jelly ke hidung untuk melembabkan lubang hidung.

    Agar si kecil tidak kebiasaan mengupil, orangtua harus mengubah kebiasaannya terlebih dahulu. Jangan mengupil depan si kecil. Jika si kecil tetap hobi mengupil, katakan bahwa membersihkan hidung cukup sekali dalam sehari.

    4. Memutar-mutar dan menarik rambut
    Kebiasan buruk dari anak perempuan adalah memutar rambut lalu menariknya. Menarik rambut sangat membahayakan, karena dapat membuat kebotakan. Jika anak melakukan hal ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

    5. Memainkan Kelaminnya
    Beberapa anak senang memainkan bagian kemaluannya. Untuk balita, Anda bisa menyingkirkan tangannya dari kelaminnya dan katakan jangan lakukan hal itu. Tapi untuk anak-anak katakan, mereka hanya bisa menyentuhnya saat di kamar ketika tidak ada siapapun di sana. Hindari memberikan peringatan yang keras, karena mereka belum mengerti jika perilakunya tidak sopan.


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 3:12 pm