Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

» Tak Ada Ambulans, Pria Ini Gendong Jasad Istri Sejauh 12 Km
Fri Aug 26, 2016 7:20 pm by derinda

IKLAN ANDA


    10 Alergi Teraneh yang Dialami Manusia

    Share

    rizka

    80
    23.05.11

    10 Alergi Teraneh yang Dialami Manusia

    Post  rizka on Thu Sep 22, 2011 12:11 am

    10 Alergi Teraneh yang Dialami Manusia


    Makanan laut, debu dan bulu binatang merupakan penyebab alergi yang paling sering ditemukan. Tetapi ada beberapa penyebab alergi yang tergolong aneh. Seperti yang dikutip dari womansday, berikut 10 alergi paling aneh.

    1. Air
    Alergi yang terbilang sangat langka ini disebut Aquagenic Urticaria. Biasanya penderita merasa gatal-gatal, bintik-bintik merah, perih, serta luka dalam waktu 5 menit setelah kontak dengan air. Penyebab alergi ini membuat para dokter bingung, akibatnya pengobatan pun belum ditemukan. Hal ini membuat penderitanya sulit melakukan kegiatan seperti mandi dan berenang.

    2. Seks
    Meski jarang terjadi, ada beberapa wanita yang alergi terhadap air mani atau semen pasangannya. Alergi ini disebut Human Seminal Plasma Hypersensitivity. Penderitanya akan menderita luka kulit setelah 10 menit terkena air mani. Dalam kasus lain, laki-laki pun bisa alergi terhadap air maninya sendiri.

    3. Olahraga
    Meskipun alergi terlihat seperti alasan bagi mereka yang malas berolahraga, namun ternyata orang yang menderita alergi olahraga benar adanya. Alergi itu disebut Exercise Urticaria. Penderitanya akan mengalami atal-gatal, bentol, mual, dan muntah. Ketika situasinya sudah parah, mereka bisa syok dan harus diberi suntikan epinefrin.

    4. Sinar Matahari
    Berbeda dengan kulit yang terbakar matahari, bagi penderita photo uticaria (alergi matahari) paparan sinar matahri bisa membuat kulit mereka terluka. Walau efeknya masih bisa dikurangi dengan antihistamin dan steroid alergi, para penderita alergi ini tetap tak bisa terkena sinar matahari terlalu lama, seperti berjemur di pantai.

    5. Teknologi
    Di masa seperti ini, menghindari teknologi seperti smartphone, Wi-Fi atau TV layar datar, adalah hal yang sulit. Namun bagi orang yang menderita electrosensitivity mau tak mau mereka harus berjauhan dari benda dengan elektromagnetik karena akan bisa sebabkan migrain, nyeri pada dada dan timbul ruam di kulit. Orang dengan electrosensitivity harus waspada dengan benda-benda seperti ponsel atau microwave.

    6. Sepatu
    Walau terdengar konyol, namun ada beberapa orang yang mengalami gejala fisik akibat alas kaki. Misalnya timbul peradangan, kulit pecah-pecah serta rasa perih. Hal ini dikarenakan pewarna, lem, karet, dan bahan-bahan lain yang bisa bersentuhan dengan salah satu bagian tubuh yang mudah berkeringat, telapak kaki. Biasanya orang yang menderita alergi ini harus sering mencoba banyak alas kaki sampai akhirnya menemukan sepatu yang tepat.

    7. Pakaian Dalam
    Sama seperti sepatu, pakaian dalam mengandung bahan kimia dan kain yang dapat menyebabkan iritasi bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Bahan lateks, karet serta bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan serta mengawetkan kain, biasanya menjadi penyebab utama alergi.

    8. Cokelat
    Menderita alergi terhadap cokelat merupakan hal yang jarang. Penderitanya sering mengalami sakit kepala, rasa gatal dan kesulitan bernapas. Banyak cokelat yang dijual di pasaran tak hanya mengandung kakao saja. Kandungan lain seperti susu, kacang, caramel, merupakan penyebab alergi tersebut.

    9. Udara Dingin
    Jika tubuh terlalu lama terpapar udara dingin, Anda memang lebih mudah terserang flu. Tapi bagi penderita 'cold uticaria' (alergi udara dingin) munculnya flu dapat berbarengan dengan gejala gatal, rasa terbakar atau tertusuk, hingga sesak napas. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan alergi ini, namun gejalanya bisa diminimalisirkan dengan obat alergi yang banyak dipasaran.

    10. Makanan & Minuman Kecuali Air Mineral
    Seorang warga negara Australia, Kaleb Bussenschutt memiliki kondisi kesehatan yang sangat jarang dan bahkan belum ada nama ilmiah untuk penyakitnya tersebut. Jika ia mengonsumsi sesuatu selain air mineral, es dan minuman lemon tertentu, ia akan mendapatkan masalah parah pada perut, mulai dari muntah-muntah hingga luka yang menyebabkan Kaleb sering keluar masuk rumah sakit. Untuk tetap mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan, Kaleb mengonsumsi susu formula selama 20 jam tiap harinya melalui tabung.



      Waktu sekarang Tue Sep 27, 2016 2:03 pm