Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Para Hackers Cantik
Sun Nov 12, 2017 2:24 pm by flade

» 3 Tips Ini Sukseskan Bisnis Kopi
Sat Nov 04, 2017 8:57 am by flade

» Akhir Pencarian Mbah Wongso, Warga Suriname Keturunan Jawa
Mon Oct 23, 2017 10:22 am by zuko

» Ini Cerita Move On Wanita yang Diputusin Jelang Nikah Usai Pacaran 9 Tahun
Wed Oct 11, 2017 8:17 am by flade

» inilah cara agar kita bisa memuaskan pasangan
Tue Oct 10, 2017 12:38 pm by shoponline69

» manfaat pills klg
Tue Oct 10, 2017 12:29 pm by shoponline69

» manfaat titan gel
Mon Oct 09, 2017 8:28 am by shoponline69

» manfaat titan gel
Mon Oct 09, 2017 8:24 am by shoponline69

» Gores Mobil Rp 1,4 M, Gadis Ini Malah Dapat Keberuntungan Tak Terduga
Mon Sep 25, 2017 5:35 pm by lea

IKLAN ANDA


    Kebanyakan Makan Bayam Bisa Bikin Batu Ginjal

    Share
    avatar
    sangi

    282
    13.02.09

    Kebanyakan Makan Bayam Bisa Bikin Batu Ginjal

    Post  sangi on Wed Oct 05, 2011 8:56 am

    Kebanyakan Makan Bayam Bisa Bikin Batu Ginjal


    Bayam biasanya identik dengan 'Popeye si Pelaut' yang bisa menguatkan otot. Tapi terlalu banyak makan bayam ternyata dapat berkontribusi mengembangkan batu ginjal karena mengandung tinggi kalsium oksalat.

    Batu ginjal atau dalam istilah kedokteran dikenal sebagai Nephrolithiasis terjadi akibat adanya massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menimbulkan penyumbatan atau juga infeksi. Batu tersebut bisa terbentuk di ginjal maupun di kandung kemih.

    Urine mengandung berbagai bahan kimia yang membantu menjaga semua komponen dalam urine dalam bentuk larutan untuk mencegah pembentukan kristal. Biasanya, produk-produk limbah larut dalam urine dan perjalanan ke ginjal di mana produk limbah akan dieliminasi dari tubuh.

    Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia dalam urine tidak seimbang dengan komponen kemih lainnya, seperti kalsium dan oksalat. Hal ini dapat disebabkan karena asupan berlebihan dari makanan kaya oksalat, seperti bayam.

    Jika Anda rentan mengembangkan batu ginjal karena kalsium oksalat, diet dengan makanan rendah oksalat dapat membantu. Pada diet ini, Anda tidak diizinkan untuk makan bayam, yang dikategorikan sebagai makanan tinggi oksalat karena mengandung setidaknya 10 mg per porsi oksalat, seperti dilansir Livestrong.

    Kandungan oksalat juga tinggi pada makanan seperti kacang, mentega kacang, produk kedelai, pretzel, roti gandum, buah berri, anggur, wortel, seledri, terong, buah zaitun, kentang, ubi jalar (sweet potato) dan cokelat.

    Makanan dengan kandungan oksalat menengah, yang berisi 2 sampai 10 mg oksalat contohnya yogurt, apel, persik, pir, nanas, oatmeal, brokoli selada, jagung, tomat dan bawang.

    Sedangkan makanan dengan kandungan oksalat rendah dengan 2 mg oksalat per porsi antara lain keju, susu, pisang, jeruk, alpukat, ceri, pasta putih, nasi putih, bacon, daging sapi, ham, ayam, kerang, kembang kol, mentimun dan jamur.

    Selain mengurangi makanan yang mengandung banyak oksalat, orang dengan bakat batu ginjal juga harus banyak minum air putih. University of Pittsburgh Medical Center merekomendasikan bahwa orang yang rentan terhadap batu ginjal kalsium oksalat untuk minum 8 sampai 13 gelas air putih per hari.



      Waktu sekarang Sat Nov 18, 2017 4:15 am