Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    Kulit Kering Bikin Mudah Kuman Masuk

    Share

    via

    851
    04.03.09

    Kulit Kering Bikin Mudah Kuman Masuk

    Post  via on Wed Oct 12, 2011 5:31 am

    Kulit Kering Bikin Mudah Kuman Masuk



    Salah satu masalah kesehatan kulit yang banyak dialami masyarakat adalah kulit kering, tapi sayangnya kadang diabaikan. Padahal kulit kering bisa bikin alergen dan benda asing mudah masuk ke kulit.

    "Pada kulit kering pelindungnya (skin barrier) terganggu, jadi kalau ada alergen seperti kuman dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan infeksi," ujar Dr Nadia Yusaryahya, SpKK dalam acara media workshop Brand's Bird's Nest untuk bantu jaga kelembaban kulit dari dalam di Hotel Shangrila.

    Penyakit infeksi yang muncul seperti bisul atau impetigo (penyakit infeksi kulit). Sedangkan jika seseorang kulitnya normal maka ia akan mampu untuk menangkal atau mementalkan zat asing seperti alergen agar tidak bisa masuk ke dalam kulit.

    Kulit kering disebabkan oleh berkurangnya kadar air di dalam kulit, biasanya ditandai dengan kulit bersisik atau yang lebih parah bisa menyebabkan cracking. Umumnya kulit kering ini memicu gatal dan jika digaruk maka kuman yang ada di tangan akan dengan mudah masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

    Beberapa faktor bisa berperan terhadap munculnya kulit kering seperti gaya hidup (merokok, minum alkohol, kurang tidur dan pola makan yang buruk), lingkungan (sering terpapar AC, perubahan iklim, polusi, radiasi sinar ultraviolet) dan faktor lain seperti genetik, usia, kondisi kesehatan, stres dan personal care yang buruk.

    "Selain itu kulit kering juga bisa berdampak terhadap kondisi lain yang parah seperti penuaan dini," ujar dokter dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin divisi geriatri FKUI.

    Dr Nadia menuturkan pentingnya menjaga kandungan air agar kelembaban tubuh tetap terjaga sehingga bisa mendapatkan kulit yang sehat, terlebih di negara tropis seperti Indonesia yang mana kondisi cuacanya sering berubah-ubah.

    Penanganan untuk kulit kering biasanya memggunakan krim topikal, atau jika tergolong ringan bisa dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka. Jika ditangani dengan benar, kulit kering ini bisa kembali normal.

    Untuk mendapatkan kulit yang sehat sebaiknya mulai diperhatikan sejak usia 20 tahun yaitu dengan melakukan olahraga, mengonsumsi gizi yang baik, hindari rokok dan alkohol, mengonsumsi air yang cukup, menggunakan pelembab yang dapat melindungi lapisan luar kulit dan bisa diulang setiap 2-3 jam sekali serta perawatan dari dalam tubuh agar hasilnya lebih sempurna.



      Waktu sekarang Wed Dec 07, 2016 2:54 am