Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Tips Mudah Kupas Bawang Merah Dalam Jumlah Banyak Tanpa Air Mata
Tue Sep 27, 2016 10:05 pm by zuko

» Legenda Tanah Sunda - Mundinglaya Dikusumah
Sat Sep 24, 2016 8:35 am by La Rose

» Sejarah Khanduri Apam - Tradisi Aceh
Sun Sep 18, 2016 11:00 am by jakarta

» Setting SSID dan password wifi android
Sat Sep 17, 2016 2:50 pm by jakarta

» Ciptakan Keluarga Bahagia dengan Momen seperti Ini
Sat Sep 17, 2016 9:34 am by La Rose

» Negeri Sinterklas
Fri Sep 16, 2016 10:56 am by La Rose

» Cara Praktis Meniup Balon
Sat Sep 10, 2016 7:20 pm by flade

» Mengenal Endorse
Fri Sep 09, 2016 5:11 pm by zuko

» Lapland - Sebuah Desa Tanpa Ada Waktu Malam
Fri Sep 02, 2016 4:03 pm by alia

IKLAN ANDA


    Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

    Share

    ariana

    61
    19.08.11

    Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

    Post  ariana on Sun Oct 23, 2011 6:19 am

    Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah


    Perabotan di rumah bisa saja menyimpan ribuan bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh. Menurut penelitian, laci sayuran dalam kulkas merupakan tempat terjorok.

    Seperti yang dikutip dari Daily Mail, laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain. Menurut para peneliti, laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria.

    Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti telah melakukan percobaan terhadap 30 kulkas. Hasilnya, mereka menemukan rata-rata 7.850 unit koloni bakteri per satu centimeter persegi. Penghitungan ini menggunakan satuan cfu/cm2 atau colony-forming units per square centimeter.

    "Fungsi lemari es adalah untuk menjaga makanan agar tetap aman dan meminimalkan kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri serta jamur. Kinerja kulkas sangat penting ketika cuaca hangat, saat suhu lingkungan tinggi berarti ada potensi bagi bakteri untuk berkembang biak. " ujar Paul McDonnell dari Microban Europe di Cannock, Staffordshire yang memimpin penelitian.

    McDonnell menambahkan bahwa laci sayuran merupakan area paling kotor karena sayuran dan buah masih mengandung bakteri dari tanah, walau telah melewati proses pengemasan. Suhu dingin di dalam kulkas bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut, namun hal itu bisa menjadi sia-sia jika kulkas tidak dibersihkan secara rutin.

    "Beberapa pemilik kulkas secara teratur mengeluarkan semua makanan dari kulkas mereka, mengelap bagian dalam kulkas dan membersihkan laci salad secara terpisah. Tapi sayangnya, beberapa orang tidak melakukannya, dan itulah yang menimbulkan masalah," jelas McDonnell lagi.

    Selain laci sayuran, pintu lemari es juga merupakan tempat yang banyak mengandung bakteri. Berdasarkan survei University of Arizona dari 160 rumah di tiga kota di Amerika Serikat menemukan bahwa gagang pintu di sekitar lemari pendingin positif 83 persen mengandung kuman. Kuman dapat menyebar setiap kali pintu lemari es terbuka dan dapat mencemari makanan. Oleh karena itu, bersihkan kulkas secara rutin agar menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalamnya.



      Waktu sekarang Thu Sep 29, 2016 8:39 am