Forum Gaul dan Informasi

INFO UNTUK ANDA

Y3hoo Ada di Facebook

Share Y3hoo ke Twitter

Follow Me

Image hosted by servimg.com

Y3hoo Mailing List

Enter Your Email Address:

Latest topics

» Transfer Pulsa Indosat Ooredoo
Thu Nov 17, 2016 9:04 am by alia

» Uztadz dan Kuntilanak
Mon Nov 07, 2016 12:46 pm by bocahnakal

» Jika Kamu Tua
Fri Nov 04, 2016 6:39 pm by alia

» Suku Dayak: Keindahan Tato, Ketajaman Mandau, dan Kecantikan Wanita
Fri Nov 04, 2016 11:45 am by alia

» Menyesapi Filosofi Batik Nusantara
Mon Oct 31, 2016 2:13 pm by jakarta

» Hindari 6 Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan di Usia Muda
Mon Oct 31, 2016 9:40 am by jakarta

» Video 100 Persen Pasti Ngakak
Sat Oct 29, 2016 5:50 pm by bocahnakal

» Tak Ada Duanya di Dunia, Merica Batak yang Pedas Beraroma Lemon
Thu Oct 27, 2016 3:27 pm by La Rose

» Di balik keUnikan Ir.Soekarno
Thu Oct 27, 2016 9:16 am by jakarta

IKLAN ANDA


    6 Cara Efektif Mendisiplinkan Pengelolaan Gaji

    Share

    clara

    945
    23.01.09

    6 Cara Efektif Mendisiplinkan Pengelolaan Gaji

    Post  clara on Mon Oct 24, 2011 3:21 pm

    6 Cara Efektif Mendisiplinkan Pengelolaan Gaji


    Merencanakan keuangan untuk mencapai suatu tujuan, tidak semudah yang dibayangkan. Setelah menerima gaji, banyak rencana yang dipikirkan, namun kenyataannya, sangat sulit untuk mempraktekkannya. Ada yang hanya bisa menerapkannya selama sebulan hingga beberapa bulan, seterusnya kembali kepada kebiasaan lama tanpa arah yang jelas.

    Seperti yang diungkapkan oleh ahli keuangan Aidil Akbar kepada DetikFinance, disiplin diri merupakan kuncinya, namun hal tersebut memerlukan waktu, konsentrasi dan disiplin yang tinggi agar bisa berhasil melakukan suatu perencanaan. Disiplin yang tinggi akan terbentuk dari suatu motivasi atau dorongan atau keinginan yang tinggi dan itu akan terbentuk dari suatu proses.

    Perencanaan yang matang biasanya dilakukan dengan bantuan seorang Perencana Keuangan, namun bukan berarti seseorang tidak dapat melakukannya sendiri. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk dapat berhasil menyusun rencana keuangan:

    1. Visualisasi dari perencanaan tersebut
    Apabila Anda ingin membeli sebuah rumah maka sedapat mungkin mempunyai gambar rumah idaman tersebut. Apabila ingin mempersiapkan dana pendidikan anak, maka miliki gambar ataupun foto dari kampus tujuan anak tersebut kelak. Apabila berencana membeli mobil atau kendaraan, maka taruh gambar mobil idaman di tempat-tempat yang sering dilihat seperti cermin kamar, di kulkas, dan lain sebagainya.

    Ingat, semua dimulai dari sebuah mimpi yang kemudian diwujudkan menjadi sebuah perencanaan yang terukur dan terencana. Semakin tajam mimpi kita semakin ingin kita mencapai impian tersebut akan semakin kuat keinginan untuk mewujudkannya. Efek positifnya adalah seseorang akan bisa bertahan berdisiplin dalam menjalankan Perencanaan Keuangan yang telah ibu buat.

    2. Perhitungan rencana keuangan yang benar
    Carilah informasi dengan cermat untuk setiap kebutuhan keuangan, kemudian lakukan perhitungan kebutuhan itu sampai menemukan berapa besar dana yang harus disisihkan setiap bulannya. Perhitungan yang dilakukan secara hati-hati dan benar akan menjamin tingkat akurasi perencanaan untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan tersebut.

    3. Perubahan secara bertahap dan tidak drastis
    Jangan sampai Anda sudah berada di ambang batas krisis keuangan keluarga, misalkan kondisi keuangan bulanan sudah minus sangat dalam atau sudah terjebak di dalam hutang. Di dalam kondisi yang kritis tersebut harus dilakukan perubahan secara drastis.

    Di luar dari itu, dalam kondisi normal dimana masih terdapat kelebihan dana setiap bulannya, maka melakukan perencanaan keuangan mirip seperti melakukan diet untuk menguruskan badan. Apabila dilakukan secara drastis mungkin dapat bertahan dalam jangka pendek, akan tetapi akan kembali makan dan timbangan akan kembali ke posisi semula.

    4. Buat skala prioritas dari tujuan keuangan keluarga
    Ingat, tidak semua kebutuhan keuangan atau tujuan keuangan bisa didapatkan semua untuk kondisi saat ini. Tapi bukan berarti juga keinginan tidak tercapai. Kondisi keuangan dan kehidupan Anda akan berubah. Nah, perubahan kondisi keluarga dan keuangan (yang lebih baik) akan memungkinkan untuk mendapatkan tujuan keuangan yang sebelumnya tidak tercapai.

    5. Sabar
    Perencanaan keuangan bukanlah proses menjadi kaya mendadak. Ia memerlukan ketekunan dan kesabaran yang tinggi untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan. Terkadang kegiatan ini harus dilakukan seumur hidup kita agar segala keinginan dapat dicapai.

    6. Mencari bantuan perencana keuangan
    Apabila masih buntu juga, maka carilah bantuan seorang perencana keuangan yang profesional dan bersertifikat Internasional. Ingat, hal paling berharga yang tidak dapat dibeli adalah waktu.

    Daripada berusaha dan gagal berkali-kali sehingga waktu telah terbuang beberapa tahun, maka lebih baik berkonsultasi dan minta bantuan perencana keuangan profesional. Meskipun Anda harus membayar biaya konsultasi akan tetapi akan mendapatkan bantuan dan ilmu secara profesional untuk mengurangi kesalahan yang mungkin dilakukan apabila dikerjakan sendiri.



      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 7:17 pm